Di pelajaran IPA, mulai dari SD hingga perguruan tinggi sekali pun masih mengajarkan tentang beberapa kelas dalam dunia binatang, salah satunya adalah amfibi. Bagaimana menurut Anda tentang amfibi? Yang kita kenal tentang amfibi adalah hewan dua dunia karena bisa hidup di darat dan air. Untuk lebih jelasnya, disini Anda akan di jelaskan mengenai pengertian amfibi, fungsi tubuh, struktur, ciri, dan ordo dari amfibi.

Pengertian Amfibi

Amfibi adalah istilah yang berasal dari Yunani, Amphi dengan arti “Dua” dan Bios yang artinya “Hidup”. Dengan kesimpulan, amfibi merupakan binatang vertebrata yang bisai hidup di dua alam, yaitu darat dan air.

Menurut beberapa ahli, amfibi merupakan vertebrata pertama yang bisa menempati daratan. Biasanya amfibi hidup di rawa-rawa atau di tempat yang memiliki kelembapan tinggi guna mengatasi hilangnya air di kulit karena tak memiliki system pengaturan khusus untuk tubuh dengan baik. Amfibi juga termasuk hewan poikiloterm (Hewan berdarah dingin).

Mengenal Fungsi serta Struktur Amfibi

Struktur amfibi terdiri dari kepala serta badan (Untuk katak) dan kepala, badan hinggai ekor (Untuk salamander). Untuk katak, di kepala nya terdapat kelopak mata serta membrane niktitan atau selaput dengan fungsi melindungi mata katak saat menyelam di air.

Pengertian Amfibi

Di rongga mulut milik katak, lidah yang dapat di julurkan keluar dan panjang guna menangkap mangsa. Di samping kepala katak, terdapat penerima suara yang akan di teruskan melalui eustachii, saluran khusus untuk meneruskan suara, hal ini disebut sebagai mebrana timpani.

Katak atau hewan amfibi memiliki kaki bagian depan terdiri dari lengan atas, bawah, jari yang berjumlah 4. Pada bagian kaki belakang, terdiri dari paha, telapak kaki, betis, dan jari-jari kaki yang di lengkapi selaput guna mempermudah katak berenang di air.

Ciri-Ciri Binatang Amfibi

Untuk mengenali suatu makhluk, Anda harus tau bagaimana ciri-ciri nya terlebih dahulu. Untuk amfibi, berikut ini adalah ciri-ciri utama yang perlu Anda tahu:

  1. Tubuh amfibi terdiri dari kepala, badan, dan ekor (Salamander).
  2. Memiliki kulit basah dan penuh lender.
  3. Termasuk hewan berdarah dingin.
  4. Jantung binatang amfibi memiliki 3 ruang, 1 ventrikel dan 2 atrium.
  5. Memiliki dua system pernapasan, saat kecebong menggunakan insang dan jika sudah dewasa mereka menggunakan kulit.
  6. Memiliki selaput pada mata.
  7. Berkembang biak dengan cara bertelur.
  8. Perkembangan amfibi termasuk metamorphosis sempurna (Bertahap mulai dari larva sampai dewasa).

Ordo/Jenis Amfibi

Tak hanya katak dan salamander yang sering kita dengar, berikut ini adalah beberapa jenis/spesies dari amfibi:

Ordo Anura

Anura memiliki arti tak memiliki eror, intinya amfibi jenis anura tak memiliki ekor. Beberapa ciri lainnya adalah kepala yang bersatu dengan badan dan membuat jenis anura tak memiliki leher. Jenis ini juga memiliki kaki yang lebih kuat, di gunakan untuk melompat. Contohnya adalah katak.

Ordo Caudata

Kebalikan dari anura, ciri umum dari ordo ini adalah memiliki ekor, guna ekornya baik untuk didarat dan dilaut. Ciri lainnya adalah memiliki 4 kaki sama besar dengan ukuran bervariasi hingga 1,8 meter. Contohnya Salamander.

Ordo Gymnophiona

Berbeda dari ordo lain, ordo ini memiliki ciri umum tubuh panjang (Mirip cacing) dan tak memiliki kaki atau tangan. Sering di temui di daratan Amerika Selatan, Asia Selatan, dan Afrika. Contohnya adalah Sesilia.

Baca juga: Penerimaan CPNS Kementerian Kesehatan RI 2017

Nah itu dia penjelasan tentang pengertian amfibi, struktur badan pada amfibi, dan ordo-ordo pada amfibi yang bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.