Akuntansi merupakan salah satu bagian hal penting yang harus di miliki oleh perusahaan, organisasi, badan, dan kelompok-kelompok yang memerlukan pemengambilan, penarikan, penyetoran dana keuangan baik dalam jumlah kecil atau besar. Anda akan di perkenalkan pengertian Akuntansi, sejarah Akuntansi, dan segala hal yang penting mengenai Akuntansi yang harus Anda tahu sebagai penggerak kelompok dan sejenisnya.

Pengertian Akuntansi

Akuntansi di pecah beberapa pengertian secara umum dan beberapa menurut ahli namun semuanya tak jauh berbeda. Akuntansi adalah penjabaran, pengukuran pemberi kepastian tentang informasi keuangan yang akan membantu proses investor, manajer, pajak dan pihak pembuat keputusan lain dalam mengelolah sumber dana yang ada di dalam suatu organisasi, lembaga pemerintah, atau perusahaan.

Tujuan Akuntansi adalah memberikan laporan secara akurat mengenai keuangan yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan. Biasanya di pergunakan untuk mengetahui berapa jumlah laba rugi, pengeluaran, peneriman kas yang biasanya berlangsung selama priode tertentu.

Akuntan adalah pelaku praktisi akuntansi yang ahli di bidangnya. Mereka yang menyandang gelar “Akuntan” telah mendapat pelatihan Akuntansi serta memiliki sertifikat yang dapat di buktikan secara administratif.

Perkembangan Akuntansi Dari Masa ke Masa

Akuntansi telah ada sejak lama. Akuntansi pada zaman dulu masih menggunakan metode manual yaitu mencatat transaksi-transaksi dalam jurnal yang telah dibuat kemudian melakukan beberapa kegiatan yang akan menghasilkan informasi keuangan yang di perlukan perusahaan, proses tersebut di sebut Siklus Akuntansi.

Pengertian Akuntansi

Setelah berkembanganya teknologi computer, software khusus telah di ciptakan dan akan di pergunakan para Akuntan dalam melakukan pekerjaan mereka. Dengan begitu, keuntungan yang dapat di peroleh dari pekerjaan secara computer ini adalah mengefesienkan waktu, tak memakan banyak biaya, dan perhitungan yang lebih akurat serta serba otomatis.

Sejarah Akuntansi

Akuntansi merupakan seni yang didasarkan dari logika matematik yang di bukukan. Maka dari itu, Akuntansi adalah pelajaran yang memerlukan logika yang tinggi, keraguan dan ketidakpastian tidak dibutuhkan dalam Akuntansi.

Setelah Anda mengerti tentang pengertian Akuntansi, berikut ini adalah sejarah singkat Akuntansi yang harus Anda tahu. Di Italia tahun 1495 saat Luca Pacioli (Romo) Luca dal Borgo memperkenalkan tentang pembukuan.

Buku ringkas yang terbit tahun 1588 oleh John Mellis memperlihatkan bahwa dia adalah pembaharu serta penghidup kembali salinan kuno. Di awal abad ke-18, Akuntan telah di bayar akan jasanya di London guna dalam penyelidikan direktur South Sea Company yang saat itu sedang meperdagangkan bursa perusahaannya.

Dalam penyelidikan itu, Akuntan memberikan laporannya di uraikan dalam sebuah buku Sawbridge and Company dari Charles Snell, London.

Laporan dan Siklus Akuntansi

Laporan dalam suatu Akuntansi di perlukan sebagai hasil akhir yang akan di perlihatkan atasan perusahaan guna mengetahui tindak transaksi keuangan apa saja yang telah terjadi selama periode tertentu.

Ada banyak jenis laporan Akuntansi, diantara nya adalah laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, laporan perubahaan, arus kas, dan laporan laba rugi.

Sedangkan siklus Akuntansi merupakan kegiatan Akuntansi yang di lakukan selama priode tertentu seperti memproses transaksi keuangan yang masuk diantaranya adalah kas keluar, peneriman kas, penjualan, pembelian, dan lainnya.

Siklus di mulai dari mencatat transaksi, membuat jurnal umum, buku besar, jurnal penyesuaian, laporan keuangan, jurnal penutup, dan neraca saldo setelah penutup.

Baca juga: Pengertian STDS, Gejala dan Cara Pencegahan

Sebagai seorang pelajar apalagi Anda yang mengambil jurusan Akuntansi, pemahaman tentang pengertian Akuntansi, sejarah, siklus Akuntansi, dasar Akuntansi dan sebagainya sangat perlu Anda ketahui.