Pengenalan dan Pengertian Software Secara Lengkap

oleh -34 views
Pengenalan dan pengertian software secara lengkap
Pengenalan dan pengertian software secara lengkap

Web portal pendidikan – Selamat pagi sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan membagikan ulasan mengenai software secara lengkap. Adapun rinciannya kita akan melakukan pengenalan software serta pengertian software secara umum. Berikut ulasannya saya sampaikan dibawah ini.

Pengenalan Software : Apa Itu Software ?


Pengertian software adalah perangkat lunak yang dibuat atau diprogram untuk menjalankan hardware. Tanpa adanya software, kita tidak mungkin dapat memerintahkan hardware komputer untuk bekerja. Software digunakan sebagai perantara atau penerjemah agar manusia dapat berkomunikasi dengan mesin.

Perangkat lunak (software) adalah program komputer yang digunakan untuk memberikan perintah kepada perangkat keras (hardware) agar dapat bekerja sesuai dengan keinginan pemakai komputer (user).

Software tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software yang digunakan sebagai perantara atau penerjemah agar manusia dapat berkomunikasi dengan mesin, khususnya komputer atau sejenisnya.

Bagaimana Cara Komputer Bekerja ?

Bagaimana cara komputer bekerja
Bagaimana cara komputer bekerja

Operasi Masukan (Input)

Operasi masukan (input) adalah pemasukan perintah atau data ke komputer melalui alat masukan seperti keyboard (papan ketik).

Operasi Pemprosesan (Processing)

Operasi pemprosesan meliputi penghitungan ( penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian ) serta operasi logika seperti membandingkan data dan menentukan bahwa suatu nilai adalah lebih besar, lebih kecil, atau sama dengan nilai yang lain.

Operasi Keluaran (Output)

Operasi keluaran (output) adalah menghasilkan ataupun menampilkan informasi informasi yang telah dilakukan pemprosesan.

Operasi Penyimpanan (Storage)

Operasi penyimpanan ini menyangkut proses penyimpanan data pada media penyimpanan seperti disket, flashdisk ataupun hardisk.

Sebagaimana kita ketahui, komputer membutuhkan data atau fakta, dimana data ini pada saat dimasukan akan diterjemahkan menjadi bilangan biner. Mesin komputer memproses fakta atau data menjadi suatu informasi yang berguna bagi pengguna nya.

Dengan komputer diharapkan dapat meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Sebelum menjadi informasi, data data diproses melalui hardware yang terletak pada CPU dengan menggunakan perangkat lunak. Perangkat lunak berisi instruksi untuk melakukan proses pengolahan data.

Saat ini, tingkat pemprosesan yang dikerjakan perangkat lunak bersifat machine-like (keinginan mesin) mulai berubah dengan sifat human-like (keinginan manusia).

Di dalam teori informasi, disusun hirarki informasi, mulai dari data/fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang disusun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu akan menjadi knowledge (pengetahuan).

Perangkat keras tidak akan berfungsi tanpa adanya perangkat lunak begitu pula sebaliknya perangkat lunak tidak berfungsi tanpa adanya perangkat keras. Kedua perangkat tersebut memang saling berkaitan sehingga komputer dapat berfungsi dengan baik.

Perkembangan teknologi terutama dalam perangkat keras terus diimbangi oleh perangkat lunaknya sehingga penggunaan komputer lebih maksimal.

Kemampuan komputer dirasakan sangat berkaitan dengan perangkat keras dan perangkat lunaknya. Oleh karena itu, diperlukan perangkat lunak yang benar benar mendukung perangkat kerasnya.

Baca juga : Mengenal hardware dan software komputer

Bentuk Dasar Software


Bentuk dasar software menggunakan aljabar Boolean yang dituliskan sebagai binary digit (bit), yaitu angka 1 dan angka 0. Angka 1 berarti benar (on) dan angka 0 berarti salah (off).

Cara ini sudah pasti sangat menyulitkan sehingga orang mulai mengelompokan bit tersebut menjadi beberapa kelompok, yaitu nibble (4 bit), byte (8 bit), word (16 bit), dan double word (32 bit).

Kelompok bit ini disusun kedalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit diubah menjadi kode kode yang dikenal sebagai assembler. Kode kode assembler masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghafal kode tersebut dan format penulisannya yang cukup membingungkan.

Dari masalah ini kemudian lahirlah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa inggris).

Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan pemprosesan yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.

Itulah penjelasan dari artikel “pengenalan dan pengertian software secara lengkap. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Kata kunci : Pengenalan software, pengertian software

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

8 thoughts on “Pengenalan dan Pengertian Software Secara Lengkap

  1. Jadi, komunikasi terbentuk tidak hanya antar manusia saja tapi juga antara manusia dan mesin ya, kak. 🤭
    Baru paham jelas soal software

  2. jadi semakin paham tentang software.. selama ini hanya familiar dengan penggunaannya saja… tapi ga tau detil2 dalamnya

  3. Buat yang pengen lebih mendalami tentang software bisa dibaca nih, apalagi buat anak perkuliahan yang berkecimpung dengaan dunia internet,pastinya harus paham ya detail nya.

  4. Dari SD taunya proses data itu input, processing dan output, nah penting juga storage yaa penyimpanan, yang zaman now mesti diperhatikan sebaik-baiknya

  5. Sedetail itu ya tugas dari software. Antara software dan hardware harus bekerja beriringan biar suatu program bisa berjalan. Menarik banget nih pembahasannya, jadi tau sedikit demi sedikit pengertian software. Terima kasih atas ulasan kerennya.

  6. Tanpa software apalah hardware begitu juga sebaliknya ya. Persis manusia, hardwarenya berupa jasad atau fisik. Sementara softwarenya berbentuk jiwa. Tapi dari artikel ini aku jadi paham beberapa hal yang kurang aku perhatikan mengenai software. Kalo dia tersusun dari kode kode

  7. Saya salut sama orang yang menekuni software komputer karena termasuk cerdas sih. Saya aja suka pusing lihat bahasa pemrograman

  8. Ternyata angka 16, 32 bit itu artinya begitu to. Dalam pembuatan software diperlukan ratusan orang untuk pengerjaannya dan kemudian diplagiasi itu sesuatu ya..pantesan mahal hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *