Web portal pendidikan – Halo sahabat intelektual, pada kesempatan yang bahagia ini portal pendidikan akan memberikan materi mengenai pengelompokan limbah. Berikut ulasannya dapat saya bagikan dibawah ini.

Pengelompokan Limbah

pengelompokan limbah
pengelompokan limbah

Sobat jurnaliscun, saya sedikit akan membagikan ilmu yang saya ketahui, hal ini saya share karena banyak anak anak sekolah yang masih mencari cari hal ini, saya akan membahas tentang pengelompokan limbah, baik itu limbah padat, limbah cair, limbah gas dan limbah khusus.

Aktivitas manusia selain menghasilkan produk yang bermanfaat juga menghasilkan bahan sisa yang dibuang kelingkungan. Salah satu macam bahan yang dibuang adalah sampah. Sampah merupakan sebagian dari benda atau hal hal yang dipandang tidak dipergunakan, tidak disenangi atau dibuang, dan sisa aktivitas kelangsungan hidup manusia.

Secara umum, seluruh bahan buangan sisa aktivitas manusia dikenal dengan istilah limbah. Limbah dapat berupa padat, cair, dan gas. Macam macam limbah sebagai berikut

1. Solid wastes (refuse), yaitu limbah padat
2. Liquid wastes (waste), yaitu limbah cair atau air buangan
3. Atmospheric wastes, yaitu limbah gas
4. Human wastes (excreta disposal), yaitu tinja manusia
5. Manure, yaitu kotoran hewan
6. Special wastes, yaitu limbah khusus (berbahaya)

limbah1
Pengelompokan Limbah

Limbah di sekitar kalian dapat digolongkan menurut beberapa kriteria, misalnya komposisi kimia, sifat penguraiannya, mudah/tidaknya terbakar, karakteristik dan sumbernya.

1. Jenis Limbah Berdasarkan Komposisi Kimia

Menurut komposisi kimianya, limbah terbagi menjadi limbah organik dan anorganik. Limbah organik mempunyai kandungan air yang cukup tinggi.

Contohnya, kertas, kayu, dan dedaunan.
Limbah anorganik berasal dari selain makhluk hidup, misalnya limbah plastik, logam, cat, dan asap pabrik (kendaraan bermotor).

2. Jenis Limbah Berdasarkan Sifat Penguraiannya

Limbah ada yang mudah terurai secara alami dan ada yang sukar, bahkan tidak dapat terurai. Limbah yang secara alami mudah terurai disebut limbah degradable, sedangkan yang sukar terurai disebut limbah nondegradable.

3. Jenis Limbah Berdasarkan Mudah/Tidaknya Terbakar

Limbah yang mudah terbakar disebut limbah combustible, misalnya kertas. Limbah yang sulit terbakar disebut noncombustible, misalnya limbah logam.

4. Jenis Limbah Berdasarkan Karakteristiknya

American Public Works Asociation (APWA) menggolongkan limbah menurut karakteristiknya sebagai berikut

a. Garbage, yaitu jenis limbah (sampah) basah yang berasal dari sisa sisa makanan. Karakteristik garbage adalah cepat membusuk dan mudah terurai, khususnya bila cuaca panas. Sampah jenis ini dihasilkan dari pemukiman penduduk, rumah makan atau warung, rumah sakit, pasar dan sebagainya.

b. Rubbish, yaitu sampah kering yang terdiri atas sampah yang dapat terbakar atau yang tidak dapat terbakar yang berasal dari rumah tangga, kantor, sisa kegiatan perdagangan, dan sumber lainnya.

c. Ashes, yaitu abu yang tertinggal misalnya, abu sisa pembakaran kayu dan arang

d. Street cleaning, yaitu sampah yang berasal dari jalan, biasanya berupa daun daunan dan pembungkus makanan

e. Dead animals, yaitu bangkai hewan kecil dan hewan peliharaan

f. Abandoned vehicles, yaitu limbah yang berhubungan dengan kendaraan umum dan pribadi

g. industrial wastes, yaitu limbah kering padat yang dibuang oleh industri

Artikel ditulis oleh @Arya dengan judul artikel pengelompokan limbah. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi belapendidikan.com