Web portal pendidikan – Saat ini dunia mengalami wabah penyakit yang mematikan, hal yang harus dilakukan adalah mencegahnya dengan berada tetap dirumah. Tidak menutup kemungkinan siswa pun harus dirumahkan, belajar hanya dirumah. Namun yang harus diketahui bahwa kemampuan siswa menjadi menurun dikarnakan tidak adanya lagi diskusi secara langsung di kelas. Pengaruh menurunnya kualitas belajar siswa disebabkan beberapa hal, yaitu dapat saya sebutkan dalam artikel kali ini.

Pengaruh Menurunnya Kualitas Belajar Siswa

Pengaruh menurunnya kualitas belajar siswa
Nibela Romi Pangestu – Pengaruh menurunnya kualitas belajar siswa

Saat ini, kegiatan belajar menjadi salah satu topik yang banyak diperbincangkan oleh masyarakat sejak merebaknya virus covid-19 di berbagai penjuru dunia, hal tersebut dipicu oleh berubahnya proses belajar mengajar karena banyaknya instansi pendidikan yang tak lagi melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah, melainkan kegiatan tersebut berpindah ke rumah masing-masing murid dengan model pembelajaran daring/online.

Perlu diketahui bahwasanya pembelajaran online pada saat terjadinya wabah covid19 memang dilakukan serentak oleh banyak pendidik demi menjaga paparan virus covid19, yang mana hal tersebut juga dikehendaki oleh pemerintah.

Pembelajaran online menuntut penggunaan perangkat elektronik/gadget bagi penggunanya, membuat masyarakat dari kalangan wali murid mulai bersikeras menyiapkan kebutuhan alat elektronik tersebut demi menjaga perkembangan pendidikan yang dilalui oleh sang anak.

Diantara mereka juga mulai mencari tahu tentang tindakan apa yang perlu dilakukan bila sang anak mulai bosan dan mengalihkan gadget sebagai sarana hiburan semata bukan sebagai media pembelajaran.

Beberapa hal tersebut lah yang menjadi acuan pembahasan kita kali ini karena berkaitan dengan penurunan kualitas belajar siswa saat terjadinya wabah covid19 seperti sekarang. Berikut ini saya paparkan beberapa pengaruh menurunnya kualitas belajar selama pandemi covid19 berlangsung,diantaranya :

1. Pemberian tugas/PR yang berlebihan saat pembelajaran online

Pemberian tugas yang berlebihan saat belajar online dirumah
Pemberian tugas yang berlebihan saat belajar online dirumah

Di dalam pembelajaran online saat ini, tak jarang kita mendapati banyak sekali pendidik yang memberikan tugas dan PR dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya dan ada juga yang hanya memberikan tugas/PR saja, sehingga jumlah tugas dan penyampaian bahan ajar tidak seimbang, membuat tujuan belajar hanya untuk menyelesaikan tugas dan PR saja bukan untuk mencari hakekat belajar.

2. Menggunakan gadget sebagai sarana hiburan lebih diutamakan

Mengutamakan berbagai gadget saat dirumah
Mengutamakan berbagai gadget saat dirumah

Tak sedikit pula siswa yg lebih suka mengalihkan kejenuhan mereka pada hiburan di medsos dan game online ketika pandemi berlangsung, menjadikan pembelajaran online di rumah kurang fokus karena menahan hasrat penggunaan gadget sebagai sarana hiburan tersebut.

3. Tuntutan belajar secara individu di rumah


Besarnya kejenuhan lebih mungkin terjadi karena proses belajar online saat ini cenderung dilakukan secara pribadi di rumah,membuat siswa yang belajar menjadi kurang bersemangat.

Baca juga :

4. Pengawasan guru yang kurang efektif saat pembelajaran online

Pengawasan guru yang kurang efektif saat belajar dirumah
Pengawasan guru yang kurang efektif saat belajar dirumah

Peran guru dalam mengawasi siswa saat belajar, berpindah ke walimurid yang tentunya tidak seefektif guru ketika di kelas. Hal-hal seperti inilah yang menjadi pengaruh penurunan kualitas belajar siswa saat pandemi covid19 berlansung. Mudah mudahan virus ini segera diangkat supaya proses belajar menjadi normal seperti sedia kala.

Artikel ditulis oleh Nibela Romi Pangestu
Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyyah Madani (STITMA), Yogyakarta
Email pengirim: [email protected].
Dosen pembimbing : Husna Nashihin ,M.Pd.I.
Judul artikel : Pengaruh-pengaruh menurunnya kualitas belajar siswa selama terjadi pademi covid19

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com