web portal pendidikan – Selamat siang sob, kali ini kita akan bahas pengamatan gejala alam biotik dan abiotik. Kenapa saya ambil pembahasan tentang gejala alam ? karena banyak dari para siswa tidak mengetahui gejala gejala alam. Oleh sebab itu saya ingin mempublikasikan artikel tentang hal itu.

Pengamatan Gejala Alam Biotik dan Abiotik

Apabila seseorang ingin mengenal sesuatu melewati pengamatan, ga akan sukses dengan baik apabila pengawasan yang dilakukan itu tak melewati metode yang terencana dan sistematis untuk mendapatkan info gejala-gejala alam biotik dan abiotik.

Biotik adalah tahap alam yang bersifat tentang kehidupan, semacam: hewan, tumbuhan, bakteri, jamur dan ganggang. Sedangkan abiotik adalah benda alam yang bersifat mati, semacam: udara, tanah, air, batuan dan lain-lain.

Komponen Biotik

Komponen biotik meliputi faktor organisme yang tersedia di lingkungan sebagai makhluk tunggal (individu) yang dibutuhkan oleh makhluk lainnya. Berikut ini adalah komponen komponen biotik yang diklasifikasikan berdasarkan kedudukannya.

Produsen

Makhluk hidup yang berperan sebagai produsen disini adalah kelompok makhluk yang sanggup melaksanakan proses gambar sintesis, yakni flora yang mempunyai klorofil. Dari proses tersebut dihasilkan bahan bahan organik yang dibutuhkan makhluk hidup lainnya, jadi makhluk hidup mengkonsumsinya bisa melakukkan aktivitas hidup dengan baik. Performa flora menghasilkan bahan bahan organik menegaskan bahwa flora berperan sebagai produsen.

Konsumen

Orgnanisme yang tak mempunyai klorofil (hewan dan manusia) tak bisa menyediakan bahan organik yang dibutuhkannya, jadi keperluan bakal bahan organik hanya bisa diproleh dengan mengonsumsi produsen.

Pengurai atau sering disebut Dekomposer

Pengurai adalah kelompok mikroorganisme yang berperan menguraikan sisa tubuh makhluk hidup yang sudah mati. Beberapa mikroorganisme yang tergolong sebagai pengurai antara lain jamur dan bakteri. Jamur dan bakteri bergantung pada bahan bahan organik yang terkandung dalam sisa-sisa makhluk hidup.

Komponen Abiotik

Selain komponen biotik di alam juga tersedia komponen abiotik. Faktor lingkungan yang berkedudukan sebagai komponen abiotik meliputi.

Suhu

Suhu atau temperatur sangat berpengaruh pada metabolisme makhluk hidup. Setiap makhluk hidup pasti memerlukan suhu optimum untuk kegiatan metabolisme dan pengembang biakan.

Cahaya

Cahaya matahari adalah sumber energi bagi seluruh makhluk hidup yang ada di alam semesta untuk beraktivitas sehari-hari. Cahaya matahari dipakai oleh flora hijau untuk berfotosintetsis.

Pada proses fotosintetis ini bakal menghasilkan gas oksisgen (O2) dab beberapa bahan makanan, baik yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, maupun vitamin. Performa flora merubah energi matahari menjadi bahan organik ini mendampakkan flora berkedudukan sebagai “produsen” dalam sebuah ekosistem.

Namun intensitas cahaya matahari yang terlalu tinggi juga bisa mengedampakkan kebakaran hutan dan mencairnya gunung es di kutub yang mengedampakkan permukaan air laut naik.

Air

Air adalah komponen abiotik yang sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup di bumi ini. Setiap sel makhluk hidup mengandung protoplasma dan di dalam protoplasma tersedia kandungan air yang lumayan tinggi, yaitu setiap sel diperkirakan mempunyai 80%-90% kandungan air dan 10%-20% nya adalah mineral.

Hal-hal penting pada air yang mempengaruhi kehidupan makhluk adalah suhu air, kadar mineral air, salinitas dan kedalaman air. Bisa disimpulkan bahwa air adalah komponen abiotik yang sangat dibuutuhkan oleh seluruh makhluk hidup di bumi ini.

Mesikipun komponen abiotik ini bisa mengedampakkan bencana dalam bentuk banjir, tsunami, dan sebagainya.

Tanah

Tanah adalah tahap dari bumi, sebagai tempat mkhluk nasib melsayakan aktivitasnya. Faktor penting pada tanah yang mempengaruhi kenasiban makhluk nasib adalah suhu tanah, kadar mineral tanah, sifat fisik tanah, kadar air tanah, dan topografi tanah.

Pengamatan Gejala Alam Biotik dan Abiotik

pH

Aktivtas sel makhluk hidup bergantung pada situasi pH, enzim, dan nutrisi. Umpama ketika seseorang mengalami sakit, komponen abiotik dalam tubuh bakal mengalami perubahan. timbulnya gejala semacam mual, peningkatan suhu tubuh, lesu dan hilangnya nafsu makan.

Sebetulnya semua gejala tersebut didampakkan oleh perubahan asam (pH) dalam tubuh, jadi keasamannya menjadi netral. Aktivitas tubuh yang terencana bakal bisa menjamin terlaksananya proses kegiatan fisiologis dengan cara baik. Faktor ini hanya berjalan apabila semua komponen abiotik maupun komponen biotik ada dalam keadaan sebanding alias selaras.

Udara

Udara membentuk atmosfer. Udara atmosfer mengandung gas-gas yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk melakukann aktivitas kehidupannya. Udara atmosfer terdiri dari Nitrogen (78%), Oksigen (21%), Karbon dioksida (0,03%), dan gas-gas lainnya. Jadi gas Nitrogen adalah komponen yang paling besar yang terkandung dalam udara di atmosfer bumi.

Nitrogen

Nitrogen adalah bahan dasar pembentuk asam amino atau sering disebut protein. Protein sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk melakukkan reproduksi sel. Tidak semua mkhluk hidup bisa mengikat Nitrogen dengan cara langsung dari udara.

Semua dibantu oleh adanya golongan bakteri yang bisa mengikat nitrogen dengan cara langsung dari udara leluasa umpama bakteri Rhizobium yang bersimbiosis dengan tanaman kedelai atau kacang polong.

Oksigen dan Karbon dioksida

Oksigen adalah gas yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Pada umumnya oksigen dipakai untuk mlakukan metabolisme yaitu bernapas (kecuali pada organisme anaerob obligat).

Karbon dioksida

Karbon dioksida sangat berkegunaaan bagi flora khususnya dalam pelaksanaan fotosintesis. Karbon dioksida yang di hasilkan dari proses respirasi oleh makhluk hidup (tumbuhan, hewan, dan juga manusia) bakal dipakai flora sebagai bahan baku untuk pembentukan karbohidrat.

Itulah penjelasan dari artikel Pengamatan Gejala Alam Biotik dan Abiotik. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan dari para pengunjung untuk pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com