Web portal pendidikan – Esai kali ini berjudul Pendidikan kunci keberhasilan, yang dikirimkan oleh salah satu peserta dalam ajang lomba esai nasional bersama belapendidikan.com. Untuk lebih lengkapnya dapat kita lihat sebagai berikut.

Pendidikan Kunci Keberhasilan

Jika kita melihat pendidikan di Indonesia saat ini, apalagi di daerah perkotaan itu sudah sangat maju kualitas pendidikannya. Sekolah di daerah kota itu sudah memiliki gedung sekolah yang megah, fasilitas yang memadai, sarana dan prasarana yang mencukupi, serta memiliki tenaga pendidik yang professional.

Namun jika kita tinjau pendidikan di daerah terpencil itu sangat jauh berbeda dengan pendidikan di perkotaan. Pendidikan di daerah terpencil itu masih kurang sarana dan prasarana, kurangnya fasilitas dan peralatan-peralatan sekolah yang menunjang proses belajar-mengajar, gedung sekolahnya tidak seperti di daerah kota yang bangunan nya megah, dan tenaga didiknya pun hanya mengajar dengan ilmu seadanya.

Tidak hanya itu, Kebanyakan anak-anak di daerah terpencil harus menempuh jarak yang jauh untuk mencapai sekolah. Hal ini dikarenakan kurangnya akses pemerintah terhadap sekolah di daerah terpencil dan perbatasan. Dan pemerintah hanya fokus terhadap daerah perkotaan saja sehingga daerah terpencil tidak diperhatikan dan tertinggal jauh.

Contohnya saja, Ketika pemerintah memberikan bantuan Dana Bos atau Dana Operasional Sekolah, bantuan Dana Bos dari pemerintah tersebut hanya sekolah di wilayah perkotaan, sehingga sekolah di perkotaan dapat membangun fisik gedung yang lebih megah, serta dapat membeli fasilitas, sarana & prasarana yang memadai dan juga sudah memiliki laboratorium.

Namun bantuan tersebut tidak begitu nyata dirasakan oleh sekolah-sekolah di daerah terpencil dan perbatasan. Bahkan di daerah terpencil proses belajarnya masih menggunakan papan tulis hitam yang menulisnya masih menggunakan kapur, meja & kursi yang tidak utuh, serta belum memiliki perpustakaan yang seharusnya sudah dimiliki setiap sekolah.

Hal Hal Yang Menjadi Kendala Rendahnya Minat Siswa Untuk Bersekolah

Hal yang menjadi kendala yang lainnya, itu adalah masih sangat rendahnya minat siswa yang di daerah perbatasan untuk sekolah. karena selain letaknya yang jauh, masalah biaya pendidikan yang mahal juga menjadi kendala bagi mereka. Untuk mencukupi makan sehari-hari saja sulit, dan kebanyakan orang tua mereka enggan untuk melanjutkan anak-anak sekolah dan lebih memilih untuk bekerja membantu orang tuanya. Padahal pendidikan merupakan tombak kita meraih cita-cita.

Oleh karena itu, Pemerintah harus melakukan kerjasama dengan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan. Dan seharusnya pemerintah membuat program mengenai masalah pemerataan pendidikan dan melakukan pemantauan langsung terhadap proses belajar di daerah-daerah terpencil dan perbatasan.

Pemerintah juga harus melakukan pembenahan terhadap sekolah-sekolah di daerah terpencil dan perbatasan, mulai dari pembangunan gedung sekolah agar dibangun lebih megah lagi, menyediakan fasilitas yang memadai agar siswa menjadi lebih kreatif & inovatif dalam memanfaatkan fasilitas tersebut.

Menyediakan transportasi agar mereka tidak perlu berjalan kaki lagi dan juga melakukan pembenahan terhadap tenaga didiknya dari konvensional menjadi professional, karena kualitas tenaga pendidik sangat memberikan pengaruh terhadap siswanya seperti ketika siswa mengikuti lomba cerdas cermat, olimpiade, itu semua pengaruh dari bagaimana kualitas gurunya mengajar. Jadi tenaga pendidiknya harus professional.

Karena pendidikan merupakan pondasi yang sangat penting bagi setiap orang, karena dari pendidikan kita juga diajarkan tentang pendidikan moral, agama,sosial, tingkah laku yang baik, sopan santun serta masih banyak lagi. Dan anak Indonesia juga harus dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Karena anak Indonesia adalah yang akan menjadi penerus bangsa ini dan yang akan menjadi pemimpin di negeri kita tercinta ini.

Esai dengan judul pendidikan kunci keberhasilan ditulis oleh Iqlima kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com