Pendaftaran Mahasiswa Jalur Mandiri

oleh -95 Dilihat
Pendaftaran mahasiswa jalur mandiri
Pendaftaran mahasiswa jalur mandiri

Web portal pendidikan – Selamat malam sobat keluhkesah.com, kali ini kita akan memberikan tips dan ulasan tentang “Pendaftaran mahasiswa jalur mandiri.” Untuk lebih jelasnya mengenai pendaftaran jalur mandiri dapat kamu simak dalam uraian berikut :

Pendaftaran Mahasiswa Jalur Mandiri


Untuk kalian yang baru tamat sekolah pastinya saat ini lagi sibuk sibuknya mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan studi ketingkat yang lebih tinggi. Nah, pastinya banyak universitas ternama yang jadi pilihan kalian kan.

Disini kami akan mengulas bagaimana cara pendaftaran mahasiswa jalur mandiri, dan universitas apa saja yang buka untuk jalur mandiri.

Jalur seleksi mandiri merupakan jalur seleksi untuk masuk perguruan tinggi yang paling akhir. Dimana jalur seleksi sendiri dilakukan oleh Perguruan Tinggi negeri secara mandiri.

Ini berarti tata kelola dan aturan untuk seleksi dikelola langsung oleh masing-masing perguruan tingi. Berikut ini kami sampaikan jadwal pendaftaran ujian mandiri perguruan tinggi, berikut rinciannya.

Baca juga : Ratusan calon mahasiswa semakin termotivasi menuju kampus impian

Perguruan Tinggi Yang Buka Jalur Mandiri


Adapun beberapa universitas (perguruan tinggi) yang membuka jalur mandiri dapat di bagi menjadi beberapa bagian, yaitu sebagai berikut:

  • Institut Teknologi Bandung
  • Institut Pertanian Bogor
  • Institut Teknologi 10 November
  • Universitas Padjajaran
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Jendral Soedirman
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Udayana
  • Universitas Jambi
  • Universitas Andalas
  • Dan Sekolah Kedinasan

Secara normal ada 3 Jalur yang dibuka untuk calon mahasiswa baru, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Cara daftar dari ketiga jalur ini berbeda beda loh, dan tidak dilaksanakan dengan serentak.

SNMPTN dibuka untuk pelajar yang mempunyai nilai raport diatas rata rata, bisa dibilang pelajar pilihan yang masuk di jalur ini.

Sedangkan SBMPTN sendiri merupakan jalur yang dibuka untuk umum dan biasanya dilakukan dengan serentak, karena ada pihak ke 3 yang menyelenggarakannya. Biasanya tim dari dinas pendidikan ataupun bagian lainnya.

Untuk SBMPTN kuota yang di terima sangat banyak melebihi kuota dari jalur SNMPTN dan jalur MANDIRI. Nah, bagi kamu yang ingin daftar kuliah alangkah baiknya ikutin ketiga jalur tersebut, kalaupun lulus di jalur pertama ya alhamdulillah, karena ga semua bisa lolos dijalur itu.

Namun jangan khawatir sob, jika kamu sudah mengikuti kedua jalur dan tinggal 1 jalur lagi harapan kamu untuk lolos sebagai mahasiswa baru, kamu jangan berkecil hati. Karna biasanya jalur mandiri tahapan nya sangat mudah untuk dilalui.

Untuk biaya pendaftaran dari ketiga jalur tersebut sangat berbeda beda, biasanya untuk jalur SNMPTN itu tidak dipungut biaya alias gratis karena para siswa yang mengikuti tes tersebut adalah siswa undangan.

Untuk biaya SBMPTN kisaran harganya bisa dibilang diatas 150 hingga 300 ribu rupiah tergantung daerah nya masing masing.

Namun untuk jalur mandiri sendiri biaya yang dikeluarkan agak sedikit lumayan, karena biaya tersebut dipatok tergantung dari universitasnya masing masing.

Yang terpenting bukan seberapa beruntungnya kamu untuk lolos tapi seberapa niat kamu untuk mengikuti tes, dan seberapa semangat kamu untuk berkuliah. Karena kalo ada niat pasti ada jalan.

Jika kamu butuh info mengenai pendaftaran jalur mandiri, kamu bisa mengakses halaman https://mamikos.com/info/

Itulah ulasan mengenai pendaftaran mahasiswa jalur mandiri, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan yang sebesar besarnya dari pengunjung keluhkesah.com.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Kata kunci : pendaftaran mahasiswa jalur mandiri

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com