Web Portal Pendidikan – Selamat siang sob, hari ini ada berita update tentang pendaftaran online cpns. Menurut kabar situs CPNS (BKN) pendaftar CPNS tembus puluhan ribu peserta. Berikut Beritanya

Pendaftar CPNS Tembus Puluhan Ribu Peserta

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat ada 80 ribu pendaftar telah masuk (log-in) ke website Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 pada hari pertama (1 Agustus 2017) pembukaan pendaftaran online melewati sscn.bkn.go.id. Dari jumlah tersebut,  kurang lebih 3.961 pendaftar di antaranya berhasil mengunggah dokumen persyaratan dengan cara lengkap.

“Sampai pukul 15.00 WIB kemarin, telah ada kurang lebih 80 ribu pendaftar yang masuk untuk melakukan pendaftaran online. Setidaknya kurang lebih 3.961 di antaranya telah melengkapi atau mengunggah data dengan lengkap,” ucap Kepala Biro Humas BKN, Muhammad Ridwan dikutip dalam laman resmi Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (2 agustus 2017).

Ridwan meningkatkankan, pada hari pertama pendaftaran kemarin, web sscn.bkn.go.id bisa diakses dengan baik serta tak mengalami gangguan atau error ataupun down.

“Web pendaftaran berjalan lancar, meskipun website resmi BKN pernah down. Tapi kesimpulan dengan cara keseluruhan baik, serta 80 persen hanya terhalang di Nomor Induk Kependudukan (NIK),” tegasnya.

Kepala Biro Hukum Komunikasi serta Komunikasi Publik Kementerian PANRB, Herman Suryatman telah mengingatkan supaya calon pelamar cermat serta tak terburu-buru untuk melakukan pendaftaran online. Pasalnya, pendaftaran CPNS dibuka hingga dengan akhir agustus (31/8/2017).

Pendaftaran ini bakal berjalan hingga 26 Agustus 2017 untuk Mahkamah Agung (MA) serta Kementerian Hukum serta HAM dan mencantumkan tenggat waktu pendaftaran 31 Agustus 2017. Pendaftaran online CPNS melewati laman sscn.bkn.go.id.

“Jadi jangan terburu-buru (mendaftar CPNS), sebab tetap bisa untuk dilakukan di hari berikutnya sebelum pendaftaran ditutup guna menghindari agar tidak terjadinya penumpukan pada saat melakukan pendaftaran,” Herman menyarankan.

Mekanisme Pendaftaran Online CPNS 2017

Berdasarkan data Panitia Seleksi CPNS Nasional 2017 Badan Kepegawaian Nasional (BKN), mekanisme pendaftaran CPNS 2017 meliputi berbagai bagian, yakni sebagai berikut:

  1. Pelamar mendaftar ke https://sscn.bkn.go.id
  2. Pelamar bisa menonton info penerimaan CPNS melewati portal SSCN
    – Untuk tahap melakukan pendaftaran, pilih menu pendaftaran
    – Kemudian pelamar mengisi NIK (nomor induk kependudukan), nomor KK atau NIK
    – Pelamar mengisikan alamat e-mail aktif, password portal SSCN, serta pertanyaan keamanan
    – Lalu, pelamar mencetak kartu info akunnya SSCN 2017
  3. Pelamar login ke portal SSCN dengan memakai NIK serta password yang telah didaftarkan tersebut.
  4. Pelamar melengkapi biodata
    – Pelamar memilih instansi (khusus instansi yang memakai software mandiri/non-SSCN, pelamar bakal diarahkan ke alamat software pendaftaran mandiri instansi)
    – Pelamar memilih tipe formasi yang dipersyaratkan oleh instansi
    – Pelamar mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2017
  5. Pelamar harus memasukan pemberkasan berdasarkan persyaratan pendaftaran dari masing-masing instansi
    – Peserta harus melampirkan foto kopi kartu pendaftaran SSCN untuk proses verifikasi
  6. Tim Verifikator dapat melakukan verifikasi arsip atau dokumen yang diunggah atau dikirimkan pelamar berdasarkan syarat pendaftaran.
    Ingat, pelamar atau pendaftar hanya bisa memilih salah satu formasi sesuai kualifikasi pendidikan pada salah satu instansi serta satu periode.
    Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi mencetak kartu peserta ujian CPNS ?2017 untuk melanjutkan ke bagian seleksi memakai CAT (Computer Assisted Test) BKN.
  7. Kemudian tes CAT BKN

8. Info status pelamar bisa diakses melewati portal https://sscn.bkn.go.id.

Baca juga sob : Tips Lulus Tes Bahan CPNS KEMENKUMHAM 2017

Itulah hal hal yang harus kalian lakukan untuk mendaftar online CPNS Kemenkumham. Untuk kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan dari para pengunjung belapendidikan.com agar artikel ini dapat berkembang dan memberikan manfaat banyak untuk semua orang.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Pendaftar CPNS Tembus Puluhan Ribu Peserta. Nantikan kembali artikel artikel terbaru tentang informasi seputar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) KEMENKUMHAM 2017 di lain waktu.

See you next time. Assalamualaikum Wr. WB.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com