Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah Guna Memupuk Kecintaan Membaca dan Menulis

oleh -1.420 views
Pemberdayaan perpustakaan sekolah
Pemberdayaan perpustakaan sekolah

Adapun tujuan dari keberadaan perpustakaan itu ada dua yaitu :

Pertama tujuan umum; Perpustakaan sekolah diselenggarakan sebagai suatu perangkat kelengkapan pendidikan untuk bersama-sama dengan kelengkapan-kelengkapan yang lain, guna meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi pekerti dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air, agar dapat menumbuh-kembangkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan nasional berasaskan Pancasila dan UUD 1945.

Kedua tujuan khusus;

  • Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca, khususnya mendaya-gunakan budaya tulisan dalam segala sektor dan kehidupan.
  • Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi.
  • Mendidik murid agar dapat memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat dan berhasil guna.
  • Meletakkan dasar-dasar ke arah belajar mandiri.
  • Memupuk minat dan bakat.
  • Menumbuhkan apresiasi terhadap pengalaman imajinatif.
  • Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan atas tanggung jawab dan usaha sendiri (Perpustakaan Nasional, 1992:10).

Tentu dengan adanya penyelenggaraan perpustakaan sekolah, diharapkan dapat membantu murid-murid dan guru menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu, semua bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan sekolah harus dapat menunjang proses belajar mengajar.

Agar dapat menunjang proses belajar mengajar, maka dalam pengadaan bahan pustaka hendaknya mempertimbangkan kurikulum sekolah, serta selera para pembaca yang dalam hal ini adalah murid-murid (Bafadal, 2001:5).

Namun, realitas yang ada banyak ditemui perpustakaan sekolah, khususnya perpustakaan Sekolah Dasar, tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kurang berfungsinya perpustakaan tersebut, ketika kita ingin tahu jawaban lebih detil, berbagai alasan klise akan muncul.

Ruang perpustakaan kurang memadai, tidak miliki pustawan yang mumpuni dan profesional karena tidak memiliki kemampuan mengelola dengan baik, termasuk barangkali kurang perhatian dari kepala sekolah dan sebagainya.***

Ditulis oleh : Yurnita Ariyani S.Ag
Ditulis oleh : Yurnita Ariyani S.Ag

Penulis Adalah Guru Agama SDN 220 Telanaipura Kota Jambi

Artikel ini ditulis oleh Yurnita Ariyani, S.Ag kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com