Web portal pendidikan – Selamat malam sobat belapendidikan, kali ini kiriman artikel yang dikirimkan ke email kami belum terlepas dari masa pandemi, dengan judul artikel yang dimuat adalah Pembelajaran Bahasa Melalui Internet Di Masa Pandemi. Berikut ulasannya kami paparkan dibawah ini.

Pembelajaran Bahasa Melalui Internet Di Masa Pandemi

pembelajaran bahasa melalui inetnet di masa pandemi
pembelajaran bahasa melalui inetnet di masa pandemi

Pada masa pandemi covid-19 ini, seluruh sekolah menetapkan untuk melakukan pembelajaran melalui rumah masing-masing. Para siswa dan guru melakukan pembelajaran dari rumah melalui internet. Para guru dituntut untuk bisa melakukan pembelajaran secara online yang dimana pembelajaran online membutuhkan teknologi yang terbaru saat ini, yaitu internet.

Akan tetapi banyak guru yang tidak paham cara menggunakan teknologi terbaru untuk pembelajaran online. Oleh karena itu, para guru mulai belajar menggunakan teknologi terbaru guna dapat digunakan untuk mengajar para siswa.

Selama pembelajaran online berlangsung seluruh guru diharapkan untuk melakukan pembelajaran online semaksimal mungkin, karena pembelajaran secara online membutuhkan pemahaman yang lebih dibandingkan pembelajaran offline.

Selama pembelajaran online, para guru  tidak bisa memastikan bahwa setiap siswa akan memahami materi yang diajarkan. Oleh karena itu, guru harus membuat beberapa strategi dan metode pembelajaran yang efektif yang dimana dapat membuat siswa semangat dalam belajar dan memahami materi yang di sampaikan.

Startegi yang dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa secara online, seperti:


  1. Strategi Pembelajaran Discovery

Strategi pembelajaran yang menekankan kepada pengalaman siswa yaitu memperoleh pengetahuan dari diri sendiri.

   2.  Strategi generative

Siswa digalakkan untuk menyampaikan ide kritis dan kreatif. Strategi ini membantu siswa untuk menyelesaikan masalah secara kreatif dengan menggunakan ide asli atau unik.

Baca juga : Dinamika pembelajaran bahasa arab secara daring

   3.  Strategi metakognitif

Siswa memikirkan tentang proses pembelajaran, rancangan pembelajaran, pemantau dan penilaian mandiri.

Metode yang dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa secara online, seperti:


1. Metode Qawaid  dan Terjemah

Siswa diberikan tugas oleh guru berupa menerjemahkan teks bahasa, metode ini berguna untuk menambah kosakata para siswa sehingga siswa dapat memahami seluruh konteks teks itu dan dapat membacanya dengan lancar.

2. Metode Silent Way (Guru Diam)

Dalam penggunaan metode silent way, guru lebih banyak diam, ia menggunakan gerakan, gambar dan rancangan untuk memancing dan membentuk reaksi. Guru menciptakan situasi dan lingkungan yang mendorong peserta didik “mencoba-coba” dan menfasilitasi pembelajaran.

Baca juga : Pentingnya pendidikan dalam kehidupan sehari hari

Seolah hanya sebagai pengamat, guru memberikan model yang sangat minimal dan membiarkan peserta didik berkembang bebas, mandiri dan bertanggung jawab. Metode ini dapat digunakan secara online yaitu guru memvideokan dirinya.

3.  Community Language Learning (Belajar Bahasa Berkelompok)

Belajar bahasa bekelompok secara online yaitu dengan membentuk grup secara online dan mendiskusikan digrup tersebut. Metode ini membantu siswa untuk berkomunikasi dan mengutarakan pendapat masing-masing.

4. Metode Mim-Mem (Mimicry-Memorization Method)

Istilah mim-mem berasal dari singkatan mimicray (meniru) dan memorization (menghapal), yaitu sebuah proses mengingat sesuatu dengan menggunakan kekuatan memori.

Metode yang juga sering disebut informant-drill method dalam penggunaannya sering menekankan latihan-latihan baik dilakukan oleh selain pengajar, juga oleh seorang informan penutur asli (native informant). Jika kita mendengar langsung dari penutur asli, kita dapat berbahasa dengan baik dari segi pelafalan.

5. Pendekatan Komunikatif (madkhal ittishaly)

Pendekatan ini bertujuan agar peserta didik memiliki kompetensi komunikatif, yaitu kemampuan menggunakan sistem bahasa secara efektif dan benar.  Kelancaran menggunakan bahasa yang acceptable menjadi tujuan utama yang ingin di capai.

Baca juga : Upgrade kualitas pendidikan dengan belajar dirumah saja

Secara umum, guru dapat memberikan pembelajaran bahasa berupa video youtube, audio, atau memberikan  materi mengenai bahasa melalui internet kepada para siswa. Namun, diartikel ini saya memberikan beberapa strategi dan metode pembelajaran agar para guru dapat menggunakan berbagai strategi dan metode pembelajaran guna para siswa tidak merasa bosan selama pembelajaran online berlangsung.

Nama : Lestari Rahmawati
Mahasiswi Sekolah Ilmu Tarbiyah Madani (STITMa)
Email pengirim : lestari rahmawati
Judul pengirim : Pembelajaran Bahasa Melalui Internet Di Masa Pandemi

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com