web portal pendidikan – Dalam artikel ini saya akan memberikan jawaban atas pertanyaan salah satu mahasiswa tentang “Pada Usia Berapakah Bisa Jadi Kepala Daerah” ? Meskipun menurut UU Pilkada syarat usia minimal untuk bisa menjadi kepala daerah Bupati/Wali Kota merupakan 25 tahun, tetapi seandainya sekarang (diusia penulis baru masuk tiga puluh tahun) tiba-tiba ada seseorang alias sekelompok orang yang mendukung penulis untuk maju menjadi kepala daerah.

Pada Usia Berapakah Bisa Jadi Kepala Daerah ?

Pada usia berapa bisa jadi kepala daerah
Untuk bisa jadi kepala daerah usia yang diwajibkan harus berapa?

penulis lebih memilih untuk diberbagi peluang berkarir dulu menjadi Lurah di wilayah kota selagi dua tahun kemudian menjadi Kepala Desa didaerah marginal/terpencil selagi dua tahun.

Hal tersebut berfungsi untuk merasakan menjadi ujung tombak pembangunan diwilayah administrasi pemerintahan yang terkecil dan untuk memahami beberapa perpersoalan sosial dan perbedaan dinamika pembangunan di daerah perkotaan dan daerah marginal.

Seusai kenyang pengalaman menjadi Lurah dan Kepala Desa kemudian naik menjadi Camat selagi 2 tahun untuk belajar menguasai teritorial yang lebih luas dan memimpin para Lurah/Kepala Desa.

Selain menjalankan tupoksi selalu sebagai camat, tantangan paling besar merupakan meningkatkan nilai sumber daya aparat di kecamatan, kelurahan dan desa untuk aktif melsayakan inovasi-inovasi pembangungan dan mempunyai mindset melayani masyarakat.

Seusai berpengalaman di wilayah, baru menjadi Kepala Tahap Pemerintahan yang memimpin dan mengkoordinasikan seluruh camat, lurah dan kepala desa untuk menata sistem birokrasi pemerintahan yang handal yang cocok target dalam pembangunan.

Seusai berpengalaman mengatur manajemen pemerintahan selanjutnya meningkatkan pengalaman selagi lebih tak lebih sepuluh tahun dengan memimpin Badan/Kantor/SKPD semacam; Dinas Pekerjaaan Umum, Dinas Pendidikan, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan puncaknya menjadi Sekretaris Daerah (Sekda).

Dan saat usia penulis lebih tak lebih 45 tahun, penulis siap dan on fire untuk menjadi Kepala Daerah.
Menurut penulis begitulah idealnya seorang yang ingin menapak diri menjadi Kepala Daerah, bukan hanya mengikuti syahwat kekuasaan tetapi sangatlah menguasai kondisi umum wilayah daerah dengan beberapa bentuk perpersoalanan, hambatan dan tantangan dan sanggup merumuskan sendiri visi dan misi dengan jelas.

Jangan hingga visi dan misi hanya dibuatkan oleh tim berhasil, dampaknya ketika menjadi penguasa daerah tak menghayati visi dan misi yang dibuat. Dan parahnya seusai pelantikan, ibarat kapal mesin telah dinyalakan, namum kapal tak kunjung berangkat, sebab bimbang tak menguasai peta dan arah pembangunan.

Pada Usia Berapakah Bisa Jadi Kepala Daerah ?

Penulis teringat dengan filosofi Jawa : alon-alon waton kelakon. Semula berasumsi negatif kepada filosofi ini, penulis berasumsi lambat. Nyatanya makna sesungguhnya merupakan apabila ingin menggapai kekuasaan lalui mekanismenya, ojo kesusu dan cukupkan wawasan dan pengalaman.

Wawasan tetap bisa kami bisakan dengan belajar. Tapi pengalaman tak lumayan dengan belajar dan membaca. Pantaslah ada adagium Barat yang berbicara “Experience is the best teacher”, maknanya pengalaman merupakan guru yang terbaik. Kalau hanya belajar belum pasti bisa guru yang terbaik. Apabila yang dibaca alias guru yang membimbing tak baik, maka yang jeleklah yang bakal dipraktekkan.

Tetapi apabila pengalaman kami bisakan, pasti kesalahan yang sempat terjadi tak bakal kami ulangi. Keledai tak bakal masuk lobang yang sama untuk kedua kalinya. Apabila dalam pengalaman kami berhasil menggapai prestasi alias hasil yang baik, maka pengalaman ini bakal kami lanjutkan. Tapi apabila kami tak punya pengalaman, maka kami bakal terombang ambing diatas pusaran kekuasaan yang kami tak mengenal mana teman mana lawan.

Dalam buku Filsafat Administrasi (Siagian, 2005) dikemukakan bahwa untuk jabatan top manager dituntut mempunyai pengalaman (managerial skill) dengan kapasitas 75%, dan kapasitas wawasan (technical skill) 25%. Untuk middle manager, perbandingan penguasaan managerial skill dan technical skill (sama-sama 50 %), sedangkan untuk level lower manager pengalaman lumayan 25%, dan lebih dituntut mempunyai wawasan 75%.

Dari analogi ini, apabila ada calon alias kepala daerah yang hanya mempunyai pengalaman 25%, berarti level pengalamannya sebetulnya baru selevel camat.

Oleh sebab itu, betul juga teori penjenjangan jabatan yang telah dibangun masa Orde Baru. Seseorang untuk menuju jabatan puncak, ia wajib melewati mekanisme Adum (administrasi Umum) untuk level lower manager, Adumla (Administrasi Umum Lanjutan untuk jabatan level middle manager.

Selanjutnya untuk ceo kepala dinas, disyaratkan mempunyai sertifikat Sepama. Sebelum dipromosikan untuk jabatan Kepala Daerah disyaratkan mengikuti dan mempunyai sertifikat yang dikeluarkan oleh Lemhanas (Lembaga Pertahanan Nasional).

Pada Usia Berapakah Bisa Jadi Kepala Daerah ?

Kalau sekarang hanya formalitas, seusai terpilih menjadi Kepala Daerah, baru diberbagi orientasi Lemhanas dan tak ada kriteria lulus dan tak lulus. Kadang kepala daerahpun mengikuti tak fokus dan melalaikan keseriusan.

Meskipun dibeberapa daerah kabupaten/kota lain ada juga bupati/wali kota yang tak berlatar belakang birokrat (umpama pengusaha, akademisi, dll) berhasil memimpin daerah, bila diperhatikan wakilnya pasti mempunyai pengalaman di birokrasi.

Untuk itu penulis tetap berkeyakinan bahwa untuk menjadi kepala daerah yang berhasil calon kepala daerah wajib mempunyai pengalaman memimpin dari bawah, sangatlah memahami beberapa persoalan masyarakatnya jadi mempunyai visi misi dan program yang jelas untuk menyelesaikannya.

Itulah penjelasan dari artikel “Pada usia berapakah bisa jadi kepala daerah” Untuk yang bertanya tanya perihal ini kami sudah memberikan jawabannya. Tinggalkan komentar dibawah ini untuk menanggapi artikel yang sudah penulis tulis ini.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com