Web portal pendidikan – Menurut sobat belapendidikan, apakah ngeblog cocok untuk pelajar ? Manfaat apa saja yang didapat dalam ngeblog ? Yuk simak ulasan artikel yang dikirimkan beberapa waktu ke email kami.

Ngeblog itu Cocok dan Bermanfaat Untuk Para Pelajar


Berbicara mengenai blog, bisa dikatakan banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan nantinya. Dengan memulai ngeblog pastinya kita bisa berlatih membuat sebuah tulisan yang kreatif, ide-ide dan wawasan makin bertambah jika kita sering menulis.

Dan bukan hanya itu saja, kita juga bisa mendapatkan penghasilan dari ngeblog dengan menggunakan iklan adsense, hasilnya pun juga gak main-main kalo kita serius menjalaninya.

Akan tetapi pada kenyataannya sangat jarang sekali saya temukan seorang blogger yang ada di daerah saya, kebanyakan dari mereka menyisihkan uang jajan hanya untuk mengunjungi warnet untuk bermain game online dan membuka media sosial saja. Dan menurut saya ini bukanlah suatu hal yang baik untuk mereka.

Apa sih pentingnya ngeblog bagi para pelajar ?


Perlu kalian ketahui blog merupakan layanan yang ada di internet yang dapat melakukan interaksi melalui sebuah karya tulisan. Dengan adanya layanan ini pelajar bisa mengembangkan pengalaman dan bakatnya dalam bidang menulis.

Memang pada awal memulai ngebog, kita akan merasa jenuh namun anda akan terbiasa dan lama kelamaan anda akan menyukainya karena disisi lain kita nanti juga mendapatkan penghasilan.

Jika kalian ingin mencoba menjadi seorang penulis blog maka kalian bisa mencobanya di Tulisanku , kalian bisa langsung tulis disana gratis tanpa biaya apapun.

Manfaat ngeblog bagi pelajar? 


Banyak sekali manfaat dari ngeblog yang nantinya akan kalian dapatkan, mulai dari bertambahnya wawasan, bisa menuangkan apa yang ada dalam pikiran, mengembangkan bakat menulis dan mendapatkan penghasilan.

Menulis sangatlah penting bagi para pelajar, karena suatu saat nanti kalian akan menemui tugas tugas seperti skripsi, proposal, paper, resensi dan lainnya oleh karena itu anda perlu melatih dan mengembangkan kreativitas menulis anda mulai dari sekarang.

Jadi kalian harus yakin bahwa keterampilan menulis itu penting, karena Dengan kalian aktif ngeblog kemampuan kalian akan terasah sedikit demi sedikit. Lalu apa aja sih manfaat dari ngeblog, silahkan simak dibawah ini:

1.Melatih belajar mandiri

Aktivitas ngeblog bisa dipastikan memerlukan pengetahuan dan teknik tertentu untuk membangun dan mengembangkan sebuah blog.

Pengetahuan dan teknik  dalam mengelola blog itu tidak akan kalian temukan di sekolah melainkan di dunia maya. Seorang blogger setidaknya harus mampu dalam belajar secara mandiri dengan tekun.

2.Belajar untuk membagi waktu

Tugas utama siswa adalah belajar. Jika kalian bergabung ke dunia blogging, anda harus bisa dalam membagi waktu antara belajar dan ngeblog. Siswa harus bisa menentukan kapan waktu belajar dan kapan pula waktu yang cocok untuk ngeblog.

3.Mengembangkan bakat dan potensi

Siswa yang bergabung ke dalam dunia blogging berarti belajar mengembangkan potensi yang dimiliki. Kegiatan ngeblog biasanya dimulai dengan membuat blog, sampai mengembangkan blog menjadi yang lebih baik.

4.Menyalurkan bakat menulis

Untuk menyalurkan bakat menulis terbilang lebih mudah melalui kegiatan ngeblog ketimbang menggunakan media masa.

Jika menulis menggunnakan media masa cetak  membutuhkan prosedur waktu yang cukup panjang, maka menulis pada blog tidak demikian. Seseorang dapat memuat tulisannya kapanpun ia mau di dalam blognya sendiri.

Lagi pula seseorang blogger bebas memilih apa judul atapun topiknya tanpa campur tangan oleh pihak lain. Singkat kata, menulis artikel di blog tidak perlu terlalu formal dan berumit-rumit.

5.Memperluas wawasan pengetahuan

Siswa yang terjun ke dunia blogging akan mudah menjelajahi ilmu pengetahuan lebih luas. Membuat artikel postingan blog termasuk kegiatan yang gampang susah.

Seorang blogger setidaknya harus banyak belajar tentang bagaimana cara membuat dan mempublishing artikel, termasuk salah satunya dalam pembuatan artikel SEO Friendly. Tidak mudah untuk membuat sebuah artikel tanpa belajar dan mempraktikkannya secara langsung.

6.Belajar Menjalin silatuttahmi

Silaturrahmi bukan hanya dapat dibina melalui dunia nyata namun tak kalah serunya adalah di dunia maya. Wujud silaturrahmi antara lain saling mengunjungi antara sesama blogger atau yang dikenal dengan kegiatan blogwalking.

Mengunjungi blog sahabat dan meninggalkan jejak berupa pesan ataupun komentar. 

Maka biasanya sahabat akan balas berkunjung dan sang admin menjamu sang pengunjung dengan prinsip menghormati pengunjung blog. Nilai inilah yang nantinya akan didapatkan oleh siswa dalam aktivitas ngeblognya.

Demikianlah beberapa manfaat ngeblog buat pelajar. Namun demikian dengan kegiatan ini diharapkan tidak mengganggu proses belajar siswa. Bagaimana pun juga belajar lebih penting dari segalanya.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang ngeblog bermanfaat dan cocok untuk pelajar. Kamu bisa memberikan kritik dan saran melalui kolom komentar yang telah disediakan dibawah. Dan nantikan kembali artikel edukasi lainnya dari kami.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com