7 Motivasi Belajar Agar Selalu Rajin

oleh -168 views
7 motivasi belajar agar selalu rajin
7 motivasi belajar agar selalu rajin

Web portal pendidikan – Selamat malam sobat keluhkesah.com, kali ini saya memberikan motivasi belajar agar kamu selalu rajin. Judul yang akan saya uraikan kali ini adalah 7 motivasi belajar agar selalu rajin. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini.

Motivasi Belajar


Mencari motivasi belajar ternyata memang tidak selalu mudah. Ada saja alasan yang membuat kamu pasti mengabaikan waktu belajar dan memilih untuk bermain game. Dengan berbagai aktivitas belajar di kampus, ekstrakulikuler, maupun juga pekerjaan, tidak heran rasanya jika kamu enggan menggunakan waktu luang untuk belajar.

Oleh sebab itulah, saya ingin berbagi cara untuk memiliki motivasi belajar agar selalu rajin serta membentuk kebiasaan kamu untuk belajar.

7 Motivasi Belajar Agar Selalu Rajin

Meningkatkan motivasi belajar
Meningkatkan motivasi belajar

Adapun poin poin yang dapat saya sampaikan untuk meningkatkan motivasi belajarmu ada 7 poin, yaitu dapat saya paparkan sebagai berikut :

1. Tetapkan tujuan

Jika kamu sudah pernah mencari tips motivasi belajar sebelumnya di artikel lain atau di tempat lain, Kamu pasti sudah mendengar soal metode “SMART”. Metode yang dilakukan ini adalah cara yang paling mudah untuk meningkatkan motivasi belajar.

Cara awalnya gampang, tentukanlah tujuan jangka pendek dan jangka panjangnya. Pastikan tujuan tersebut realistik serta menantang. Jangan lupakan bahwa tujuan tersebut harus dapat memberikan kamu manfaat yang paling besar. Tuliskanlah tujuan kamu di post-it note lalu tempelken di tempat tempat yang bisa kamu lihat setiap harinya, seperti cermin, kulkas, ataupun smartphone kamu.

2. Rapikan meja belajar

Suasana ruang belajar atau meja belajar yang nyaman tentu bisa membantu mental dan psikis kamu untuk semangat belajar. Aturlah meja belajar kamu agar segala yang kamu butuhkan dapat dijangkau dengan tangan.

Baca juga : Beberapa motivasi agar menulis tak luntur

Kalaupun memungkinkan, geserlah dan hadapkan meja belajar ke arah jendela. Sinar matahari pagi mampu membuat suasana lebih baik dan ceria. Tentunya hal ini bisa membuat kamu lebih mudah mendapatkan motivasi belajar.

3. Tentukan jadwal

Pilih jadwal hari atau waktu tertentu untuk belajar, mungkin bisa pada waktu weekend. Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan kebiasaan procrastinating atau menunda nunda yang biasanya dimiliki oleh pelajar atau mahasiswa.

Dengan mengalokasikan waktu kamu untuk belajar, Maka kamu mulai membentuk rutinitas dengan kebiasaan belajar di waktu waktu tersebut. Motivasi belajar kamu bisa datang dengan lebih mudah.

4. Just do it!

Ini bukanlah slogan produk yang terkenal itu loh. Tapi semua pelajar dan mahasiswa tahu bahwa ketika membuat rencana, merapikan meja, dan juga membuat tujuan lebih mudah dibandingkan benar-benar belajar. Kalau kamu sudah melakukan 3 langkah yang saya sampaikan di atas dan masih belum juga menemukan motivasi belajar, maka hal yang dilakukan adalah dorong diri kamu sendiri untuk JUST DO IT!

Baca juga : Seberapa tangguh dirimu

Mulailah belajar selama kurang lebih 15 sampai 20 menit tanpa adanya jeda dan perhatikan perbedannya. Kalau kamu masih merasa malas juga, istirahatlah selama 11 menit, lalu belajarlah lagi selama kurun waktu 15 sampai 20 menit. Umumnya, setelah melakukan ini kamu akan merasa lebih mudah untuk melanjutkan belajar dan
mulai termotivasi.

5. Apresiasi diri sendiri

Kamu harus Ingat dengan goal yang kamu ciptakan di awal? Ketika kamu berhasil meraih goal tersebut, hadiahilah diri kamu sendiri agar motivasi belajar tetap tinggi dan terus meningkat. Misalnya, kalau kamu berhasil untuk membaca buku pelajaran hingga 11 halaman, maka kamu boleh makan cokelat, minum es krim ataupun makanan favorit lainnya, atau menonton film.

Cara ini terbukti berhasil dalam membantu kamu merasa terapresiasi atas kerja keras yang diusahakan. Dan pada akhirnya, kamu telah berhasil mendapatkan motivasi belajar. Hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan dirimu loh.

6. Jangan pernah salahkan diri sendiri

Ketika kamu gagal dalam meraih goal yang kamu tetapkan dan masih belum mendapatkan motivasi untuk belajar, jangan besedih! Jangan pernah kamu salahkan diri sendiri karena alasan kamu malas atau menunda-nunda waktu belajar.

Ketika perasaan negatif seperti itu muncul, kamu harus kenali gejala awalnya dan segeralah kembali ke rutinitas yang di rencanakan. Lakukan hal yang membuat kamu bahagia dengan memperbaiki suasana hati. Jangan pernah lari dari kenyataan dengan main game, tidur, bermalas-malasan, atau mencari distraksi negatif.

7. Jangan pernah membandingkan diri

Yakinlah bahwa kamu mempunyai kemampuan diri sendiri dalam belajar. Kadang, motivasi belajar memang tidak selalu hadir. Tapi membandingkan diri sendiri dengan orang lain justru malah akan membuat kamu akan semakin terpuruk.

Percayalah dengan kemampuan yang kamu miliki dan fokus kepada hal hal yang saat ini kamu jalani. Hindari multitasking, lakukan hal yang menurutmu paling berat untuk dilakukan. Setelahnya, saya akan jamin bahwa kamu akan merasa jauh lebih baik.

Itulah penjelasan dari 7 motivasi belajar agar selalu rajin, lebih dan kurangnya saya minta maaf serta saya berharap kritik dan saran yang diberikan pembaca nantinya dapat membangun artikel ini lebih baik lagi kedepannya.

Kamu juga bisa menulis seperti saya diatas, kirim tulisanmu di keluhkesah.com, artikel dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah loh. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *