Web Portal Pendidikan – Selamat pagi sob, Hari ini kita akan bahas seputar teknologi dan informasi. Pada artikel kali ini saya ingin mengajak kalian untuk mengenal program pengolah kata. Ada baiknya kalian mengetahui jenis jenis dari pengolah kata ini. Bukan hanya microsoft word saja yang harus kalian ketahui, tapi ada banyak jenis lainnya juga yang dapat kamu temui dalam artikel ini.

Mengenal Program Pengolah Kata

Ketika akan menulis surat atau mengarang sebuah novel, kamu membutuhkan komputer yang dilengkapi dengan perangkat lunak pengolah kata. Program pengolah kata dibuat untuk memudahkan pembuatan dokumen yang berbentuk teks.

Ada banyak jenis program pengolah kata. Beberapa diantaranya bisa digunakan secara gratis. Contohnya adalah OpenOffice Writer, sebagian lagi merupakan program berbayar. Microsoft Word merupakan contoh program berbayar yang cukup populer di Indonesia.

Coba ingat kembali, Di kelas VII (tujuh), kamu telah mempelajari dasar dasar pengoperasian program pengolah kata Microsoft Word. Dalam artikel ini, kamu akan belajar dan memahami lebih dalam mengenal program perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi.

Setelah mempelajari dan memahami isi dari artikel ini, diharapkan kamu dapat mengenal program pengolah kata, dan belajar mengidentifikasi bagian bagian yang ada didalam perangkat lunak seperti jendela, menu, dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata, serta mengidentifikasi elemen elemen jendela program pengolah kata.

Program Pengolah Kata

Kegunaan : Membuat dokumen teks, Contohnya: buku, laporan, surat, proposal, buletin, novel, brosur dan lain lain sebagainya.

Fasilitasnya sebagai berikut

  • Membuat teks
  • Penyuntingan teks
  • Pengaturan tipografi
  • Pengaturan paragraf
  • Pengaturan halaman
  • Tabel dan elemen grafis
  • pemilihan output

Contoh program pengolah kata

  • Membuat teks
  • Microsoft Word
  • WordPad
  • CorelWordPerfect
  • OpenOffice Writer
  • IBM Lotus Symphony
  • Sun StarOffice
  • AbiWord

Jenis Jenis Program Pengolah Kata

Program pengolah kata merupakan perangkat lunak komputer yang digunakan untuk membuat atau mengolah dokumen yang berbentuk teks. Contoh dokumen teks adalah surat, makalah, karya tulis, laporan kegiatan, laporan penelitian, buku, novel, majalah dan sebagainya.

Meskipun disebut dokumen teks di dalamnya bisa memuat gambar, tabel, grafik, foto dan sebagainya. Dokumen yang telah dibuat dan diolah bisa disimpan, dicetak atau diunggah ke internet.

Ciri khas program pengolah kata adalah memiliki kemampuan pengolahan mulai dari karakter ( huruf ), sekumpulan karakter membentuk suatu kata, sekumpulan kata membentuk suatu kalimat, sekumpulan kalimat membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk suatu halaman, sekumpulan halaman membentuk suatu naskah atau dokumen.

Naskah yang dimaksud disini merupakan data digital yang disebut sebagai berkas (file). Program pengolah kata dapat membuat dan menyunting teks, mengatur tipografi, menatur paragraf, mengatur halaman, menyisipkan tabel dan elemen grafis lainnya, menyimpan dokumen dan mencetak berkas (file).

Ada banyak program pengolah kata, Contohnya dapat anda lihat sebagai berikut :

  • Microsoft Word,
  • Microsoft WordPad,
  • Corel WordPerfect,
  • OpenOffice Writer,
  • Wordstar
  • dan sebagainya.

Setiap program biasanya mempunyai versi yang berbeda beda. Contohnya Microsoft Word ada versi 2003, 2007, 2010 dan seterusnya. Corel WordPerfect ada versi 12, x3, x4 dan seterusnya. Pada umumnya versi baru merupakan perbaikan dari versi versi sebelumnya.

Mana sih diantara program pengolah kata diatas yang berbayar ?

Microsoft Word dan Corel WordPerfect merupakan program berbayar. Artinya, kamu harus membeli licensi untuk bisa menginstalasi dan menggunakan secara sah. Penggunaan program bajakan adalah sebuah pelanggaran Hak Cipta dan Hak atas Kekayaan Intelektual.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa membeli di toko komputer atau toko yang khusus menyediakan perangkat lunak komputer. Program berbayar memiliki fasilitas dan kemampuan yang sangat bagus. Selain itu, setiap pengguna bisa mendapatkan bantuan teknis dan dukungan dari perusahaan pembuat program.

Ada pula program yang boleh diinstalasikan di komputer dan digunakan secara gratis (freeware). Contohnya adalah OpenOffice Writer (dapat diunduh di http://www.openoffice.org), AbiWord (http://www.abisource.com), KWord (satu paket dengan KOffice, http://www.koffice.org/kword), dan IBM Lotus Symphony Document (http://www.ibm.com/software/lotus/symphony). Meskipun gratis, program program ini mempunyai kemampuan yang cukup baik.

Program pengolah kata membutuhkan perangkat masukan (input) berupa papan ketik (keyboard) dan tetikus (mouse). Sedangkan perangkat keluaran (output) yang dibutuhkan adalah monitor dan pencetak (printer). Monitor digunakan untuk melihat tampilan dokumen yang sedang dikerjakan di dalam komputer. Pencetak atau printer digunakan untuk mencetak dokumen di atas kertas.

Berikut ini adalah beberapa kegunaan program pengolah kata.

  1. Untuk keperluan surat meyurat, membuat proposal, dan laporan.
  2. Membuat karya tulis, skripsi dan lain sebagainya.
  3. Membuat buku, novel, buletin, majalah dan sebagainya
  4. Membuat grafik dan tabel (dengan perhitungan atau tanpa perhitungan) yang disisipkan ke dalam dokumen teks.
  5. Membuat tulisan menarik dengan menggunakan gambar seperti poster dan brosur.

Itulah yang dapat saya sampaikan dalam mengenal program pengolah kata. Untuk artikel berikutnya kita akan bahas contoh dari program pengolah kata salah satunya Microsoft Word.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com