Mengenal Program Pengolah Angka (Spreadsheet)

oleh -17 views
Mengenal program pengolah angka spreadsheet
Mengenal program pengolah angka spreadsheet

Web portal pendidikan – Selamat malam sobat keluhkesah.com, kali ini kita akan mengenal program pengolah angka (spreadsheet). Berikut ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini.

Mengenal Program Pengolah Angka (Spreadsheet)


Program pengolah angka (spreadsheet) adalah suatu program aplikasi yang digunakan untuk mengolah angka. Sejak diperkenalkan tahun 1978, program spreadsheet sangat membantu terutama bagi kalangan perusahaan.

Pengolah angka biasanya digunakan untuk menghitung rugi – laba. gaji karyawan, stok barang, dan pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan akuntansi. Selain itu juga dapat melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi).

Fungsi standar yang digunakan adalah penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi lainnya seperti pencarian nilai rata rata, maksimal, minimal, atau deviasi.

Macam Macam Program Pengolah Angka

Adapun macam macam program pengolah angka yaitu :

  • Lotus 1 – 2 – 3
  • OpenOffice Calc
  • Microsoft Excel

Adapun penjelasannya dapat saya sampaikan sebagai berikut:

A. Lotus 1-2-3

program pengolah angka lotus 123
program pengolah angka lotus 123

Lotus 1-2-3 merupakan program pengolah angka (spreadsheet) yang cukup bersejarah dan salah satu faktor awal dari keberhasilan IBM PC. Program ini menawarkan beberapa fasilitas selain kalkulasi, misalnya bagan otomatis yang dibuat berdasarkan angka angka dalam lembar kerja dan kemampuan database secara primitif.

Nama 1 – 2 – 3 konon menyatakan ide yakni dapat mengerjakan 3 hal lembar kerja, bagan, dan database.

Lotus 1-2-3 pertama kali dibuat oleh Mitchell Kapor, lulusan dari Yale University tahun 1971. Lotus telah mempunyai beberapa versi, antara lain lotus 1-2-3 ver 2.0, Lotus 1-2-3 release 2.4, dan Lotus 5 For Windows. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS.

Baca juga :

Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser Lotus 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang applikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal.

B. OpenOffice Calc

program pengolah angka openoffice calc
program pengolah angka openoffice calc

OpenOffice Calc adalah applikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap, sama seperti Microsoft Excel pada Microsoft Office.

OpenOffice Calc termasuk dalam bundle OpenOffice.org yang merupakan seperangkat lunak perkantoran yang didalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah angka (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan persentasi (presentation), pengolah data, web editor, database, dan formula editing.

OpenOffice.org dikembangkan oleh komunitas OpenOffice.org yang didirikan oleh Sun Mycrosystem. OpenOffice.org merupakan perangkat lunak yang gratis dan open source. Siapapun bisa mengakses kode sumber pembangunnya dan bisa mengubah kode sumbernya.

Dalam hal kemampuan, applikasi freeware OpenOffice Calc ini tidak kalah dibanding kompetitornya, Microsoft Excel. Saat ini versi terbaru dari OpenOffice adalah versi 3.0.1 yang dapat didownload dengan gratis di situsnya (OpenOffice.org). Ukuran file instalasinya memang cukup besara (sekitar 145 MB).

OpenOffice Calc menyediakan sejumlah fitur yang tidak ada di Excel, seperti sistem yang secara otomatis mendefinisikan deret untuk pembuatan grafik berdasarkan layout data pengguna.

Calc juga dapat secara langsung mencetak spreadsheet ke dalam format PDF. Beberapa fasilitas yang dimiliki OpenOffice Calc antara lain :

  • Teknologi baru DataPilot
  • Formula dengan bahasa natural
  • Intelligent Sum Button
  • Wizard
  • Styles and Formatting
  • Scenario Manager

C. Microsoft Excel

Program pengolah angka microsoft excel (spreadsheet)
Program pengolah angka microsoft excel (spreadsheet)

Salah satu program pengolah angka yang paling populer saat ini adalah Microsoft Excel dari Microsoft Office.

Banyaknya kemudahan yang dapat kita peroleh dengan bekerja menggunakan Microsoft Excel, seperti bekerja dengan daftar data, menghitung angka angka, memproyeksikan, menganalisa, dan mampu mempersentasikan data dalam bentuk tabel ke dalam diagram atau grafik yang disediakannya, mulai dari bentuk bar, pie, line dan banyak lagi.

Microsoft Excel versi terbaru (Excel 2010) merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya.

Tidak kalah penting juga bahwa Microsoft Excel juga mempunyai kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet.

Sejak dirilis pertama kali, Excel menggunakan format BIFF (Binary Interchange File Format) sebagai format berkas utamanya. Hal ini berubah pada saat Microsoft merilis Office system 2007 yang menggunakan Office open XML sebagai format berkas utamanya.

Office open XML merupakan berkas kontainer berbasis XML yang mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang diperkenalkan pada Excel 2002. Berkas versi XML tidak dapat menyimpan macro VBA.

Meskipun menggunakan format XML yang baru, Excel 2007 tetap mendukung format format lamanya yang masih berbasis BIFF. Selain itu, kebanyakan versi Microsoft Excel juga mendukung format CSV (Comma Separated Values), DBF (DBase File), SYLK (SYimbolic Link), DIF (Data Interchange Format), dan banyak format lainnya.

Beberapa format yang dapat dibuka, tapi tidak dapat disimpan di Excel 2007, namun bisa disimpan di Excel 2010

  • Excel 2.1 Worksheet
  • Excel 2.1 Macro
  • Excel 3.0 Worksheet
  • Excel 3.0 Macro
  • Excel 4.0 Macro
  • Excel 4.0 Worksheet
  • Excel 97 – Excel 2003 & 5.0/95 Workbook
  • Excel 4.0 Workbook
  • DBF 3 (dBASE III)
  • DBF 4 (dBASE IV)

Itulah penjelasan lengkap dalam mengenal program pengolah angka (spreadsheet). Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Kata kunci : Program pengolah angka (spreadsheet), Microsoft office, Lotus 1-2-3, OpenOffice Calc, Microsoft Excel

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *