Web Portal Pendidikan – Selamat pagi sob, kali ini kita akan bahas dan mengenal program MS Word 2010. MS Word atau sering kita sebut Microsoft Word merupakan salah satu program pengolah kata yang sangat populer. Oleh sebab itu pada artikel kali ini kita akan bahas mengenai MS Word 2010.

Mengenal Program MS Word 2010

MS Word 2010 merupakan bagian dari program MS Office 2010. Jadi, MS Word tidak dapat dijual secara terpisah, melainkan di bundel bersama program lain dalam satu paket Microsoft Office.

Isi dari Microsoft Office antara lain MS Word, MS Excel, MS Powerpoint, MS Acces, dan MS Publisher. MS Word 2010 berjalan pada lingkungan Microsoft Windows XP SP3 atau yang lebih baru sehingga jika akan menginstalasi MS Word 2010, pastikan komputermu menggunakan sistem operasi MS Windows XP SP3, Windows 7, atau yang lebih baru.

Dasar dasar penggunaan sistem operasi telah kamu pelajari di kelas VII. Keunggulan MS Word, sehingga digunakan oleh lebih dari 500 juta orang di seluruh dunia, antara lain sebagai berikut.

  1. Pengoperasiannya mudah karena berbasis antarmuka grafis yang sederhana sehingga cepat dipahami.
  2. Mudah dalam pengaturan berkas dan memiliki fasilitas autorecovery. Fasilitas ini menjaga agar dokumen tidak hilang ketika komputer mati secara tiba tiba (misalnya karena listrik padam).
  3. Kemampuannya amat baik untuk membuat beragam jenis dokumen. Hal ini didukung juga dengan fasilitas pencetakan yang bagus.
  4. Mempunyai fitur WYSIWYG (what you see is what you get), artinya apa yang dilihat di monitor akan sama dengan hasil cetakan.
  5. Mampu menyisipkan gambar, grafik, tabel simbol, ataupun objek lainnya yang membuat dokumen terlihat lebih menarik.
  6. Dapat melakukan pengiriman surat elektronik (e-mail) dan faks secara langsung jika komputer terhubung dengan internet.
  7. Memiliki kemampuan menyimpan berkas dalam bentuk halaman web.
  8. Mempunyai integrasi yang baik dengan perangkat lunak yang lainnya.

Baca juga : Mengenal Program Pengolah Kata

Untuk mengetahui keunggulan MS Word 2010. Kamu dapat mengikuti langkah langkah menjalankan program MS Word 2010 seperti berikut ini.

Menjalankan Program MS Word 2010

Untuk memulai program MS Word 2010, dapat dilakukan melalui menu Start, melalui ikon MS Word di layar Dekstop, atau melalui jendela Windows Explorer.

  • Menggunakan menu Start, yaitu click pada tombol Start>All Programs>Microsoft Office> Microsoft Word 2010.
  • Menggunakan ikon program MS Word 2010 di Dekstop. Caranya klik ganda ikon program MS Word 2010 yang ada di layar dekstop.
  • Selain menggunakan kedua cara diatas, kamu dapat membuka program MS Word 2010 di jendela windows explrer. Caranya adalah klik ganda pada berkas yang berasosiasi dengan MS Word 2010 (misalnya berkas yang berextensi: .doc; .docx, .rtf). Dengan cara ini program MS Word 2010 akan terbuka sekaligus menampilkan isi dokumen tersebut.

Jendela Program MS Word 2010

Setelah melakukan langkah langkah diatas, akan terbuka jendela MS Word 2010 seperti berikut ini.

  • Baris Judul (Tittle Bar)
  • Baris Menu (Tab)
  • Ribbon
  • Mistal (Ruler)
  • Batang Penggulung Layar (Scroll Bar)

Baris status berisi informasi mengenai nomor halaman yang sedang ditampilkan di layar, jumlah kata, letak ordinat kursor, dan lain lain. Di ujung kanan baris status, terdapat ikon untuk mengatur besar kecilnya tampilan dokumen di layar monitor, yaitu zum (zoom).

Besar kecilnya tampilan dinyatakan dalam persen (%). Nilai perbesaran ini tidak akan mempengaruhi ukuran cetak dokumen, ikon Zum juga dilengkapi dengan tombol geser.

Menggeser tombol ke kanan atau menekan ikon plus (+) berarti memperbesar tampilan dokumen. Sebaliknya menggeser tombol ke kiri atau menekan ikon minus (-) berarti memperkecil tampilan dokumen di layar monitor.

Mengenal Kotak Dialog MS Word 2010

Dalam program MS Word 2010, beberapa pengaturan dokumen dilakukan melalui kota dialog. Contohnya adalah pengaturan huruf (font), paragraf, pemeriksaan ejaan, dan pengaturan halaman.

Kotak dialog menjadi sarana komunikasi antara program dengan pengguna. Kotak dialog juga akan muncul jika ada informasi atau pesan yang harus disampaikan program. Demikian juga jika program hendak meminta persetujuan pengguna, maka ditampilkan melalui kotak dialog. Setiap kotak dialog mempunyai beberapa elemen.

  • Nama kotak dialog, menampilkan nama kotak dialog sesuai dengan perintah yang dijalankan.
  • Tab, menampilkan pilihan pilihan kelompok perintah dalam kotak dialog.
  • Tombol close, untuk menutup kotak dialog.
  • Tombol help, untuk menampilkan keterangan dari elemen elemen dalam kotak dialog.
  • Kotak isian, digunakan untuk menuliskan angka atau pilihan lain sesuai keinginan.
  • Kotak daftar pilihan, menampilkan beberapa pilihan perintah yang ditampilkan dalam bentuk daftar. Bila isi daftar pilihan jumlahya banyak, gunakan baris penggulung untuk menampilkan daftar pilihan lainnya.
  • Tombol daftar pilihan (tombol drop down), digunakan untuk menampilkan daftar pilihan perintah dengan cara klik tanda panah.
  • Kotak cek, digunakan untuk memilih perintah yang tersedia pada kotak dialog.
  • Tombol perintah, digunakan untuk membuka perintah lain, menjalankan perintah, atau membatalkan operasi.

Selain elemen elemen diatas, masih ada elemen lain di dalam kotak dialog MS Word 2010, sesuai dengan kotak dialog yang sedang ditampilkan. Namun demikian dengan memahami hal diatas, kamu tidak akan mengalami kesulitan bila menemukan kotak dialog yang lain.

Mengakhiri Program MS Word 2010

Jika kamu telah selesai bekerja dengan MS Word 2010, akhirilah program dengan menggunakan langkah langkah sebagai berikut.

  1. Pastikan bahwa lembar kerja telah disimpan dengan perintah File Save.
  2. Pilih salah satu langkah untuk mengakhiri program MS Word 2010 berikut ini.
    Pilih dan klik menu File Exit.
    Klik tombol close yang berada di ujung kanan atas jendela program MS Word 2010.
    Atau bisa tekan tombol Alt + F4
  3. Tunggu sampai jendela MS Word 2010 ditutup.

Aplikasi microsoft merupakan sekelompok perangkat lunak yang digunakan untuk membantu pekerjaan perkantoran. Biasanya terdiri atas program penglah kata, lembar kerja seperti mirosoft word.

Itulah penjelasan dan pengenalan program MS Word 2010. Jika anda mempunyai kritik dan saran yang berhubungan dengan MS (microsoft) Word 2010, sekiranya dapat berkomentar dikolom yang sudah kami sediakan dibawah.

Kami ucapkan terima kasih kepada pengunjung setia belapendidikan.com dan selalu support kami dalam pengembangan artikel artikel berkualitas. Karena situs kami adalah situs portal pendidikan.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com