Mengenal Polis Asuransi Jiwa

oleh -24 views
Mengenal polis asuransi jiwa
Mengenal polis asuransi jiwa

Web portal pendidikan – Selamat sore sobat keluhkesah.com, kali ini kita akan membahas dan mengenalkan tentang polis asuransi jiwa. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini.

Mengenal Polis Asuransi Jiwa


Banyak orang yang selalu beranggapan bahwa isi polis asuransi begitu rumit dan sulit dipahami sehingga mereka memilih untuk tidak membacanya secara detail saat membeli asuransi.

Ini tentu sebuah kesalahan sebab di dalam polis asuransi berbagai hal penting mengenai layanan tersebut akan tertera di sana. Lalu, jika Anda memilih untuk tidak membacanya dengan baik, bagaimana mungkin bisa memahami isinya dengan benar?

Ketidakpahaman terhadap polis asuransi yang Anda pilih bisa saja menimbulkan masalah nantinya. Dalam kasus seperti ini, bisa saja suatu hari Anda mengalami kerugian di dalam penggunaan produk tersebut.

Hal seperti ini bahkan telah sangat sering terjadi dan sepatutnya bisa dijadikan sebagai bahan pelajaran bagi Anda yang baru akan membeli produk asuransi.

Polis menjadi hal yang wajib untuk Anda baca dan pahami dengan baik. Sebab berbagai hak dan kewajiban akan dimuat di dalamnya. Jangan sampai Anda mengalami gagal klaim atau masalah lainnya atas asuransi yang Anda gunakan.

Kejadian tersebut tentu akan menimbulkan kerugian terhadap keuangan Anda. Di bawah ini beberapa poin yang harus Anda ketahui dari polis asuransi.

  1. Pelajari dan pahami isi polis asuransi jiwa
  2. Data mengenai pemegang polit dan tertanggung
  3. Manfaat perlindungan asuransi
  4. Ketentuan terkait premi 5. Ketentuan pemotongan biaya

Kamu Jangan Menyepelekan Sebab ini, Karena Bisa Berakibat Fatal

Kamu harus memahami  hal mengenai polis asuransi, karena jka kamu tidak paham maka akan menyebabkan suatu masalah dikemudian hari.

Polis asuransi merupakan hal yang sangat penting untuk Anda pahami dengan baik dan benar. Sebab ini akan sangat berpengaruh terhadap layanan yang Anda dapatkan di dalam produk asuransi tersebut. Menjelaskan Beberapa Premi Yang Harus Dibayarkan Untuk Suatu Asuransi Jiwa

Setiap orang yang mengasuransikan jiwanya pada perusahaan asuransi jiwa berarti sepakat terhadap kontrak tertulis antara dia dengan perusahaan. Kontrak tersebut dinamakan polis asuransi.

Dalam polis tersebut berisi besarnya premi yang harus dibayar kepada perusahaan asuransi dan jadwal pembayarannya serta besarnya santunan yang akan dibayarkan perusahaan asuransi jiwa jika anggotanya meninggal dunia.


Premi Asuransi Jiwa

premi asuransi jiwa
premi asuransi jiwa

Besar santunan asuransi jiwa tergantung besar premi yang dibayarkan oleh pemegang polis sedangkan besar premi dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu :

1. Tingkat kematian dan mortalitas

Mortalitas adalah peluang seseorang dengan umur tertentu meninggal dalam jangka waktu tertentu. Pada prinsipnya asuransi harus berdasarkan ramalan yang akurat tentang peluang meninggal, misalnya rata rata kematian yang terjadi setiap tahun dalam tiap kelompok kerja.

2. Tingkat Bunga

Pada saat pemegang polis membayar premi kepada perusahaan asuransi jiwa, dana pada perusahaan serta dana pemilik polis lainnya akan mendapatkan bunga. Pendapatan dari bunga ini akan membantu pembebanan premi asuransi jiwa.

3. Biaya

Perusahaan asuransi mempunyai aneka biaya operasional, seperti pegawai harus diadakan dan dibayar, tenaga pemasaran harus diadakan, dilatih dan digaji, alat tulis dan peralatan kantor harus dibeli, gedung harus dipelihara, bahkan juga pajak harus dibayar. Setiap premi harus dibebani secara proporsional untuk membiayai kegiatan operasional. Jadi faktor biaya dihitung dan dimasukan dalam tariff premi.


Manfaat Yang Didapat Jika Memilih Asuransi Jiwa

Manfaat yang didapat jika memilih asuransi jiwa
Manfaat yang didapat jika memilih asuransi jiwa

1. Sebagai Proteksi Dari Risiko Meninggal Dunia

Manfaat asuransi jiwa paling utama adalah dapat melindungi tertanggung dari berbagai bentuk risiko musibah yang mungkin terjadi di masa depan. Misalnya kepala keluarga meninggal dunia akibat kecelakaan atau sebab apapun yang menyebabkan kehilangan mata pencaharian.

2. Memastikan kelangsungan hidup keluarga atau ahli waris

Asuransi jiwa berperan penting untuk memastikan kelangsungan hidup anggota keluarga lainnya bila kepala keluarga tidak lagi memiliki mata pencaharian. Manfaat ini tentunya membantu memberikan kepastian dalam mempersiapkan masa depanmu dan keluarga, seperti pendidikan anak dan kehidupan keluarga secara finansial ke depannya yang lebih terlindungi.

Baca juga : Resiko jika salah memilih asuransi jiwa

3. Membantu mengelola keuangan dengan baik

Asuransi jiwa merupakan salah satu komponen penting dalam melakukan perencanaan keuangan keluarga yang sehat. Dengan memilikinya, manfaat asuransi jiwa bekerja sebagai pelindung kondisi finansial yang menjadi lebih stabil meski terjadi risiko-risiko tidak terduga di masa depan.

4. Mencegah terjadi kerugian besar

Jika dijabarkan sebagai turunan, manfaat asuransi jiwa lainnya terkait keuangan adalah sebagai pencegah terjadinya kerugian yang lebih besar lagi alias meminimalkan risiko. Asuransi akan berperan sebagai penanggung kerugian yang terjadi dengan besaran uang yang akan diberikan sesuai dengan polis yang telah disepakati.

5. Persiapan Pensiun Manfaat asuransi jiwa asuransi unit link dan dwiguna mampu membantu pemegang polis untuk mengakumulasi dana persiapan pensiun.

Itulah penjelasan dari polis asuransi jiwa, kalian harus memikirkan asuransi diri kalian mulai dari sekarang untuk masa depan yang lebih baik. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan yang sebesar besarnya dari pengunjung setia keluhkesah.com dengan mengisi komentar dikolom bawah yang sudah disediakan.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan kamu juga bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Kata kunci : Polis Asuransi Jiwa

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *