Mengenal Macam Macam Budaya di Indonesia dan Contohnya

oleh -35 views
mengenal macam macam budaya di indonesia
mengenal macam macam budaya di indonesia

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan memberikan edukasi mengenal macam macam budaya di Indonesia dan contohnya lebih jauh. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan di bawah ini.

Mengenal Macam Macam Budaya Di Indonesia Dan Contohnya

mengenal macam macam budaya di indonesia dan contohnya
Mengenal macam macam budaya di indonesia dan contohnya

Sebagai warga Negara yang baik kita perlu mengenal macam-macam budaya di Indonesia. Indonesia merupakan Negara yang terdiri dari lebih 27.000 pulau dengan adat kebudayaan beragam.

Terpisah oleh laut menyebabkan masing-masing pulau dan daerah memiliki kebiasaan yang secara turun-temurun terjaga tanpa pengaruh dari luar.

Macam-Macam Budaya di Indonesia

Indonesia dengan wilayah yang sangat luas adalah potensi yang perlu dibanggakan. Didalamnya terdapat 1.340 suku bangsa.

Dalam satu wilayah pulau bisa terdiri dari suku bangsa yang berbeda dengan kebiasaan masyarakatnya masing-masing. Berikut macam-macam budaya di Indonesia yang perlu dipelajari, antara lain:

Baca juga :

Bahasa Daerah

Macam macam budaya di Indonesia : Bahasa Daerah
Macam macam budaya di Indonesia : Bahasa Daerah

Bahasa daerah yang paling banyak digunakan adalah Bahasa Jawa, Sunda, Madura, Bugis, Minangkabau, Aceh dan rumpun Bahasa Batak. Namun secara nasional Bahasa Indonesia paling banyak digunakan.

Perbedaan Bahasa tampak pada pengucapan. Misalnya Bahasa Jawa yang diucapkan lemah lembut, Bahasa Batak dengan Intonasi cepat.

Upacara Adat

Macam macam budaya di Indonesia : Upacara Adat
Macam macam budaya di Indonesia : Upacara Adat

Macam-macam budaya di Indonesia yang unik lainnya adalah upacara adat. Upacara adat merupakan warisan dari nenek moyang masing-masing daerah yang dijaga turun-temurun.

Meskipun perkembangan zaman semakin maju tetapi upacara adat tidak ditinggalkan karena memiliki nilai filosofis bagi masyarakat setempat dan dianggap memiliki kekuatan tersendiri.

Contohnya upacara adat peusijuk di Aceh yang digunakan untuk menyambut kedatangan bayi baru lahir. Tedak siten, untuk anak yang belajar berjalan di Jawa Tengah.

Ngaben, pembakaran mayat di Pulau Bali yang artinya mengembalikan manusia ke asalnya yaitu debu. Masing-masing memiliki pesan dan maksud yang sakral.

Tarian Daerah

Macam macam budaya di Indonesia : Tarian Daerah
Macam macam budaya di Indonesia : Tarian Daerah

Tarian daerah merupakan kekayaan Indonesia yang populer dan banyak dipertunjukkan di event penting Internasional. Sebanyak 34 provinsi di Indonesia memiliki tarian khas masing-masing.

Satu daerah memiliki lebih dari 1 macam tarian. Sebut saja Bali dengan Tari kecak, Pendet, Barong yang menjadi daya tarik wisatawan.

Pakaian Daerah

Macam macam budaya di Indonesia : Pakaian Daerah
Macam macam budaya di Indonesia : Pakaian Daerah

Pakaian daerah atau pakaian adat hingga saat ini masih lestari dan digunakan untuk upacara tertentu. Contohnya kebaya khas Jawa yang sering digunakan dalam pesta pernikahan adat Jawa.

Digunakan juga untuk acara besar misalnya kirab pusaka. Perkembangan mode tidak melunturkan nilai historis namun lebih fleksibel penggunaannya.

Alat Musik Daerah

Macam macam budaya di Indonesia : Alat Musik Daerah
Macam macam budaya di Indonesia : Alat Musik Daerah

Indonesia menjadi salah satu peserta pergelaran musik daerah seperti SIEM (Solo International Ethnic Music) yang diselenggarakan di Solo Jawa Tengah. Keindahan suara yang dihasilkan alat musik daerah di Indonesia mampu bersaing dengan alat musik daerah Negara lain. 

Angklung dari Jawa Barat, Sasando dari Nusa Tenggara Timur, Gamelan dari Jawa Tengah dan masih banyak lagi bukan hanya dikenal di dalam negeri tetapi juga mancanegara.

Jaman dahulu digunakan sebagai alat untuk komunikasi dan berkembang untuk keperluan hiburan yang bisa dinikmati sampai sekarang.

Lagu Daerah

Lagu daerah melengkapi macam-macam budaya di Indonesia yang tidak boleh dilupakan. Lagu daerah yang berkembang menjadi bukti bahwa sejak jaman nenek moyang bangsa Indonesia memiliki jiwa seni tinggi.

Lagu daerah menjadi pembelajaran yang diberikan sejak sekolah dasar. Agar generasi muda mengenal ciri khas daerah masing-masing. 

Rumah Adat

Macam macam budaya di Indonesia : Rumah Adat
Macam macam budaya di Indonesia : Rumah Adat

Memiliki keragaman masyarakat, tidak heran masing-masing daerah terdapat bentuk rumah berbeda yang khas. Dari bentuk rumah adat bisa dikenali daerah asalnya sekaligus mencerminkan kebiasaan masyarakat setempat.

Contohnya rumah panggung kajang leko, Jambi. Dari namanya rumah ini dibuat seperti panggung dengan maksud menghindari masuknya binatang buas.

Macam-macam budaya di Indonesia dari segi arsitektur mendapat pengaruh juga dari budaya luar misalnya Melayu yang tampak pada bangunan rumah khas daerah Sumatera.

Banyak macam rumah adat di Indonesia seperti gapura candi bentar Bali, Joglo Jawa Tengah, Limas Jawa Barat, Lamin Kalimantan Timur dan sebagainya.

Senjata Daerah

Macam macam budaya di Indonesia : Senjata Daerah
Macam macam budaya di Indonesia : Senjata Daerah

Senjata daerah bukan hanya memiliki nilai historis tetapi magis. Banyak masyarakat modern yang masih menyimpan senjata daerah karena percaya akan kekuatan di dalamnya. senjata daerah masih banyak digunakan dalam upacara adat setempat.

Senjata daerah masih diabadikan dan bisa dilihat di museum-museum sebagai gambaran untuk para generasi muda terhadap macam-macam budaya di Indonesia supaya lebih mengenal budayanya sendiri.

Artikel ditulis oleh @shinta dengan judul artikel mengenal macam macam budaya di Indonesia dan contohnya . Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *