Mengenal Kekayaan Budaya Indonesia Dilihat dari Keindahan Geografisnya

oleh -29 views
mengenal kekayaan budaya indonesia dilihat dari geografisnya
mengenal kekayaan budaya indonesia dilihat dari geografisnya

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan memberikan edukasi dalam mengenal kekayaan budaya Indonesia dilihat dari keindahan geografisnya. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan di bawah ini.

Mengenal Kekayaan Budaya Indonesia Dilihat Dari Keindahan Geografisnya

Mengenal kekayaan budaya Indonesia dilihat dari geografisnya
Mengenal kekayaan budaya Indonesia dilihat dari geografisnya

Kekayaan budaya Indonesia sangat besar. Sehingga hal ini mampu menarik para wisatawan lokal dan mancanegara untuk menikmati kekayaan budaya di dalamnya. Karena dilihat dari manapun, mulai dari destinasi, budaya, fauna, dan floranya, Indonesia sudah populer di mata dunia.

Terlebih bila membicarakan tentang budayanya, Indonesia memiliki tradisi yang masih kukuh berasal dari nenek moyang di zaman dahulu kala. Sehingga tidak heran bila meski semuanya sudah serba modern, namun tetap saja setiap wilayahnya memiliki rumah adat yang berbeda-beda dan masih terjaga dengan baik.

Baca juga :

7 Contoh Kekayaan Budaya Indonesia

7 Contoh kekayaan budaya indonesia
7 Contoh kekayaan budaya indonesia

Di bawah ini adalah contoh beberapa kekayaan budaya yang terdapat di Indonesia, antara lain:

#1 Raja Ampat

Pulau Raja Ampat Papua
Pulau Raja Ampat Papua

Raja Ampat merupakan surganya dunia yang terletak di Papua Barat. Tempat ini sangat indah sehingga menjadi salah satu destinasi wisata yang patut dibanggakan.

Karena keindahan yang tidak ada duanya itulah membuat banyak wisatawan lokal dan mancanegara selalu meramaikan tempat tersebut di setiap tahun.

Tidak hanya itu saja, disini juga memiliki banyak sekali kekayaan budaya seperti seni ukir Papua, atraksi budaya suling tambur, dan juga ikan pari manta.

#2 Pulau Flores

Pulau Flores
Pulau Flores

Pulau ini terletak di Nusa Tenggara Timur. Didalamnya dilengkapi dengan kekayaan alam yang sangat menakjubkan, seperti Pulau Komodo, Pulau Flores, Danau Kelimutu, Kampung Wae Rebo, dll. Sementara untuk kekayaan budayanya meliputi tenun ikat Flores dan juga tari caci.

#3 Pulau Derawan

Pulau Derawan
Pulau Derawan

Pulau di Kalimantan Timur ini memiliki gaya rumah apung berbentuk cottage khas Maldives. Banyak orang tertarik dengan pulau ini karena memiliki banyak spot diving dan laut yang berwarna hijau kebiruan.

Tidak hanya berupa pulau saja, disini juga ada penangkaran penyu di pulau Sangalaki dan juga tari Dalling khas suku Bajau.

#4 Pulau Wakatobi

Pulau wakatobi
Pulau Wakatobi

Kepulauan ini terletak di Sulawesi Tenggara. Disini populer dengan keindahan alam bawah lautnya, salah satunya Pulau Tomia.

Tidak hanya itu saja, pulau Wakatobi juga memiliki suku Baju yang memiliki rumah apung unik, tari lariangi, dan juga kain tenun Homoru.

#5 Kepulauan Karimun Jawa

pulau karimun jawa
pulau karimun jawa

Kepulauan ini terletak di Jepara, Jawa Tengah. Destinasi ini sangat ramah di kantong dan lautnya masih jernih. Ada banyak cottage disana. Salah satu tradisi yang populer adalah Barikan Kubro atau sedekah bumi dan juga kerajinan kayu stigi.

#6 Pulau Nias

Kepulauan Nias
Kepulauan Nias

Atraksi lompat batu adalah salah satu icon yang tidak terlupakan dari uang pecahan seribu lama. Untuk menjangkau pulau ini, Anda harus melewati perjalanan laut. Disini terdapat kekayaan burung beo Nias dan fauna Ciong.

#7 Pulau Belitung

Kepulauan Belitung
Kepulauan Belitung

Pulau ini pernah digunakan untuk lokasi shooting dalam film Laskar Pelangi. Pulau ini disebut juga dengan kampung Ahok.

Kekayaan alam dan budayanya sangat menakjubkan, meliputi batu granit raksasa di sekitar bibir pantai, tari campak, Mercusuar Pulau Lengkuas, dan replika dari SD Muhammadiyah Laskar Pelangi.

Pentingnya Memperkenalkan Kekayaan Budaya pada Anak sejak Dini

pentingnya memperkenalkan kekayaan budaya pada anak sejak dini
pentingnya memperkenalkan kekayaan budaya pada anak sejak dini

Sudahkah Anda memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada anak-anak? Setiap anak seharusnya mulai diperkenalkan budaya bangsanya sendiri sejak dini. Karena dengan memperkenalkan budaya bangsanya sejak dini akan membuat kesadaran dalam diri anak-anak lebih tinggi.

Sehingga secara otomatis mereka akan lebih mencintai bangsanya. Selain itu, dengan memperkenalkan budaya pada anak-anak akan membuat mereka bisa lebih menghargai keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Itulah sebabnya banyak para ahli mengatakan bahwa anak sejak dini harus diperkenalkan dengan budayanya.

Tidak hanya budayanya sendiri, mereka juga harus tahu budaya milik bangsa lain. Saat anak mulai mengenal budaya bangsanya, mereka lebih mudah menghadapi segala permasalahan konflik sosial sejak dini. Sehingga anak tidak mudah terpengaruh oleh apapun yang dapat memisahkan bangsanya sendiri.

Dengan mengajarkan anak tentang kekayaan budaya Indonesia, hal ini juga akan membuat mereka tahu bagaimana cara menghargai segala perbedaan yang ada di lingkungannya. Anak akan merasa lebih simpati dan menghormati, sekaligus empati dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Cara untuk memperkenalkan kekayaan budaya itupun bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya lewat buku cerita, permainan tradisional, kuliner, dan mengajak anak-anak mengunjungi beberapa tempat bersejarah seperti candi, museum, dll. Dengan begitu anak akan tahu betapa besarnya kekayaan budaya Indonesia.

Artikel ditulis oleh @shinta dengan judul artikel mengenal kekayaan budaya Indonesia dilihat dari keindahan geografisnya  . Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *