Mengenal Karang Gigi

oleh -38 views
mengenal karang gigi
mengenal karang gigi

Web portal pendidikan – Selamat malam sob, kali ini saya akan membagikan informasi dalam mengenal karang gigi dan cara penanganannya, serta tidak lepas dari cara membersihkan karang gigi. Berikut ulasannya dibawah ini.

Mengenal Karang Gigi Dan Cara Penanganannya

mengenal karang gigi
mengenal karang gigi

Menurut kamu apa sih karang gigi itu ? Yuk saya bantu dalam mengenal karang gigi lebih dekat. Beberapa orang masih belum punya pemahaman yang tepat mengenai karang gigi.

Setelah mengalami nyeri pada gusi atau timbul gangguan seperti bau mulut barulah datang ke dokter gigi. Bahkan banyak yang menganggap karang gigi itu justru memperkuat gigi, karna memang pada dasarnya struktur karang gigi yang keras dan letaknya yang berada di leher gigi.

Karang gigi atau dental calculus adalah deposit plak atau sisa sisa makanan yang mengandung mikroorganisme atau bakteri yang menempel pada gigi dalam jangka waktu yang lama dan mengalami pengerasan ataupun terkalsifikasi.

Mikroorganisme tersebut yang mengolah sisa makanan/plak yang menempel di permukaan gigi, dengan bantuan saliva atau air liur, mengubah konsistensi lapisan ‘lembut’ plak menjadi keras.

Macam Macam Karang GIgi

Berdasarkan lokasinya, macam macam karang gigi dapat dibagi menjadi 2 yaitu karang gigi supragingival dan karang gigi subgingival.

Karang gigi supragingival berada di atas gusi atau di permukaan gigi yang terlihat di rongga mulut, biasanya warnanya lebih terang, putih kekuning kuningan atau konsistensinya seperti kapur. Sedangkan karang gigi subgingival terletak di bawah gusi atau di permukaan akar gigi, biasanya warnanya terlihat lebih gelap, keras dan padat.

Karang gigi merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit periodontal (penyakit pada gusi dan jaringan penyangga gigi). Jika tidak kamu bersihkan, maka dapat menyebabkan peradangan atau inflamasi pada gusi, biasa disebut gingivitis.

Tanda-tanda yang tampak pada inflamasi awal adalah adanya warna kemerahan, mengkilat dan sedikit pembengkakan pada area gusi. Inflamasi akan semakin parah sehingga membuat gusi mudah berdarah pada saat menggosok gigi, bahkan bisa terjadi pendarahan secara spontan.

Jika gingivitis tidak ditanggulangi dengan baik maka peradangan akan berlanjut ke jaringan periodontal hingga tulang alveolar gigi, yang akan tampak dengan pemeriksaan radiologi gigi yang bersangkutan. Keadaan ini biasa disebut dengan periodontitis.

Jika peradangan sudah mengenai jaringan periodontal gigi hingga ke tulang alveolar gigi, maka gigi akan goyang dan bisa saja terlepas dari soketnya. Selain menyebabkan gangguan pada jaringan periodontal, karang gigi juga dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

Karang gigi tidak bisa dibersihkan hanya dengan menggosok gigi saja. Pembersihan karang gigi atau skaling memerlukan alat yang disebut “scaler”, baik itu manual maupun ultrasonik, dan dikerjakan oleh praktisi kesehatan gigi. Scaler ultrasonik (ultrasonic scaler/USS) lebih populer saat ini karena jauh lebih cepat, mudah dan meminimalisasi rasa nyeri saat pembersihan karang gigi.

Itulah macam macam karang gigi yang harus kamu ketahui, selanjutnya saya akan memberi tahu langkah yang harus dilakukan untuk menghindari karang gigi, yaitu:

cara membersihkan karang gigi
cara membersihkan karang gigi

Jika kita ingin terhindar dari karang gigi sebaiknya lakukan 7 hal berikut :

  1. Membersihkan gigi dengan menggunakan sikat gigi, tehnik dan frekuensi yang tepat
  2. Menggunakan benang gigi (dental floss) untuk pembersihan mekanis tambahan untuk gigi-gigi yang berjejal yang tidak dapat dijangkau dengan sikat gigi
  3. Menggunakan obat kumur sebagai antiseptik rongga mulut (jika diperlukan)
  4. Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C (misalnya kiwi, strawberry, jeruk dll) untuk menjaga kesehatan gusi
  5. Mengkonsumsi makanan berserat (misalnya sayuran hijau) untuk pembersihan gigi secara alami
  6. Hindari kebiasaan buruk sepeti merokok, dan mengurangi konsumsi air kopi atau teh
  7. Melakukan pemeriksaan kesehatan gigi ke dokter gigi secara rutin (3 atau 6 bulan sekali)

Adapun cara menghilangkan karang gigi menurut tim pepsodent dapat saya sebutkan sebagai berikut:

  • Gosok gigi secara teratur
  • Gunakan pasta gigi yang tepat
  • Gunakan benang pembersih gigi
  • Gunakan cairan obat kumur

Untuk selengkapnya dapat kamu kunjungi laman pepsodent, atau bisa mengunjungi artikel cara membersihkan karang gigi.

Artikel ditulis oleh @author dengan judul artikel mengenal karang gigi. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *