Jurnaliscun.com – Untuk bahasan kali ini saya akan menjelaskan istilah istilah yang ada pada iklan atau pendapatan google adsense, istilah istilah itu bisa RPM (Revenue Per Thousand Impressions), PPS ( Pay Per Seribu ), CPC (Cost Per Click), CTR (Click Through Rate). Untuk itu saya akan menjelaskan 1 1 dari istilah istilah diatas.

Mengenal Istilah RPM PPS CPC CTR Adsense
Mengenal Istilah Istilah RPM, PPS, CPC, CTR, Estimated Earning Pada Google Adsense

Sebelum kita menjelaskan istilah diatas, alangkah baiknya anda harus ketahui dahulu istilah dasar dari iklan google adsense. Apa itu page view dalam google adsense. Agar dalam mengenal istilah diatas anda lebih paham.

#1. Page View

Page view atau bisa dikenal dengan page impression bisa diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia yaitu “Tampilan Halaman”, merupakan jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung kode adsense ( unit iklan ) ditampilkan oleh visitor/pengunjung situs. Nilainya tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang ada dan yang kita letakkan pada halaman tersebut. Jika kode iklan yang kita letakkan di blog ada 3 buah, dan kemudian blog tersebut ditampilkan sebanyak 10 kali, maka page view atau page impression nya tetap 10.

Istilah Impression bukan hanya bisa dilihat dalam google adsense, akan tetapi istilah ini dikenal juga di webmaster tools, jika di google adsense sendiri impression dikenal dengan jumlah halaman yang mengandung kode unit iklan, sedangkan di webmaster istilah impression berkaitan dengan jumlah halaman yang ditemukan oleh mesin pencari berdasarkan keyword/kata kunci yang sedang dicari oleh pengunjung. Semakin banyak impression yang dicari, maka itu menunjukan bahwa artikel didalam blog mudah ditemukan oleh mesin pencari.

#2. Click

Untuk mendefenisikan click yang berkaitan dengan unit iklan adsense adalah bahwa klik disini yang mengandung arti akumulasi dari jumlah klik yang diperoleh dari setiap unit iklan yang dipasang.

#2. CPC (Cost Per Click)

CPC merupakan istilah yang sering sekali kita dengar dalam iklan adsense. CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh pemasang iklan atau advertiser untuk setiap iklannya. Setiap kali iklan adsense di cklik pengunjung, maka dollar yang kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersbut. Semakin tinggi nilai CPC maka akan semakin tinggi pula peluang mendapatkan dollar dari iklan tersebut.

Banyak faktor yang mempengaruhi nilai CPC setiap iklan adsense diantaranya adalah jumlah iklan disetiap halaman blog, jenis iklan yang dipilih, sumber pengunjung, dan lainnya. Untuk mengetahui informasi mengenai CPC silahkan tulis di google dengan keywords “Tips memaksimalkan pendapatan google adsense”.

Baca: Mendaftarkan Iklan Adsense Dengan Mudah

Google tentunya sangat merahasiakan nilai CPC untuk setiap iklannya. Hanya advertiser dan pihak iklannya saja yang lebih tahu mengenai nilai CPC untuk setiap iklannya. Namun pada saat ini ada tools yang bisa digunakan untuk memprediksikan nilai CPC, nilai CPC untuk setiap unit iklan berbeda satu sama lain trgantung dari kata kunci tertentu. Salah satu tools yng rekomended untuk menemukan kata kunci yang memiliki nilai tinggi pada CPC atau lebih dikenal dengan nama paying keyword adalah SEMRush, Caranya anda tinggal cari di mesin pencari google dengan keyword ” Cara menemukan High Paying Keyword Pada Layanan Iklan Google Adsense”

#3. CTR (Click Through Rate)

CTR (Click Through Rate) merupakan perbandingan perbandingan dalam bentuk prsentase untuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah iklan adsense yang bersangkutan tampil. Jika iklan itu taimpil 1000x dan kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sebesar 10x maka nilai pada CTR nya dapat dihitung sebagai berikut (10/1000x 100%)=1%, jadi dalam 1000 kali tampil iklan mendapatkan klik pengunjung sebesar 10 kali, brarti nilai CTRnya untuk iklan tersebut adalah 1%.

Nilai CTR secara langsung dapat diinformasikan, perilaku normal klik terhadap satu buah unit iklan dan CTR menjadi referensi google maupun publisher untuk memantau perlaku normal klik iklan yang bersangkutan, nilai normal CTR adalah 0% sampai dengan 5% atau bisa lebih dari itu tergantung jumlah klik pada iklan tersebut, Namun jika nilai CTR lebih dari 100% maka itu sudah terindikasi adanya tindakan yang tidak normal, kasus itu terjadi karena adanya klik yang berlebihan atau bom klik. Kita harus memantau dan mewaspadai jika dalam akun google adsense kita mendapatkan informasi nilai CTR dengan nilai yang tinggi atau lebih dari 100%. Jika terindikasi adanya tindakan yang mencurigakan atau terjadinya kecurangan maka akun adsense bisa dibanned . Nilai CTR diatas 100% bsa terjadi jika jumlah klik melebihi jumlah iklan yang tampil.

#4. RPM (Revenue Per Thousand Impressions)

RPM merupakan hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impressi halaman per seribu yang didapatkan dari iklan. Sebagai contoh publisher yang menghasilkan 200$ dari 50.000 impresi akan memiliki nilai CPM sejumlah 4$ (nilai tersebut didapatkan dari perhitungan jumlah penghasilan/pendapatan /(impresi/1000)=(200/(50.000/1000)=200/50=4.)

#5. Estimated Earning

Estimated Earning merupakan perkiraan dari jumlah pendapatan yang diperoleh dari iklan adsense yang dipasang. Nilai estimated earning adalah hasil perkalian antara jumlah click dengan CPC dan semakin besar nilai pada CPC maka akan semakin besar estimated earning yang akan diperoleh. Kemudian semakin banyak jumlah klik iklan akan semakin besar pula pendapatan yang dapat kita peroleh.

Terima kasih sudah membaca artikel“Mengenal Istilah RPM, PPS, CPC, CTR, Estimated Earning Pada Adsense”

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com