Pernahkah sobat menggunakan komputer? pasti pernah kan? karena saya yakin saat sobat membaca postingan ini pasti sobat sedang menggunakan komputer -_- (maksutnya apa coba nih si admin, kalau nggak pake komputer ya nggak mungkin sampai ke blog ini lah) hohoho…

Komputer menurut wikipedia adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Kata komputer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Komputer sendiri agar dapat difungsikan terdiri dari dua bagian yaitu hardware dan software. Keduanya tersebut tidak dapat dipisahkan, karena jika salah satu dihilangkan maka tidak akan ada fungsinya.

Lalu apa itu hardware komputer? dan apa fungsinya?

Dan apa juga itu software? apa fungsinya?


Mari kita bahas satu-satu karena postingan ini dibuat memang untuk mengenal hardware dan software komputer.


Hardware


Hardware atau perangkat keras komputer adalah komponen-komponen fisik yang bersifat dapat dilihat, diraba, dan berbentuk nyata yang membentuk satu kesatuan sistem personal computer (PC).

Fungsi dari perangkat-perangkat ini sangat beragam, diantaranya sebagai alat input, alat output, pemroses data, dan juga sebagai alat tamabahan atau asesoris dengan beragam fungsi tambahan yang tidak selalu ada dalam sistem PC.

Apa saja hardaware atau perangkat keras komputer itu? 
perangkat keras komputer sendiri dibagi menjadi beberapa bagian yaitu, input device, process, output device, dan storage device. Berikut macam-macam perangkat keras beserta fungsinya.

Input Device / Masukan


input device adalah unit yang fungsinya sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Berikut adalah contoh perangkat input device.

Keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file dll…

Mouse berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor, serta menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan.

Touch Pad fungsinya sama dengan mouse namun memiliki bentuk yang berbeda, yaitu merupakan bantalan yang sensitif terhadap sentuhan, dan biasanya ada di laptop.

Joystick berfungsi untuk mengatur gerak suatu objek dalam komputer dengan menekan tombol-tombol yang ada dalam perangkat. Joystick biasanya digunakan untuk bermain game pada komputer.

Process Device
Fungsinya untuk mengolah data  yang sudah di masukkan melaui perangkat keras masukan. Apa saja perangkat itu? kita simak berikut ini

Motherboard atau Mainboard 

adalah komponen utama yang membangun sebuah komputer. berbentuk papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen lain. fungsinya untuk menghubungkan seluruh komponen pc.

Central Processing Unit sering disebut processor atau otak dari komputer. CPU ini berfungsi untuk memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat di operasikan. Karena panas yang dihasilkannya, CPU selalu dilengkapi dengan kipas dan juga heat sink untuk mengurangi suhunya.
cpu


Random Access Memory (RAM) berfungsi sebagai transit data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile yang berarti perangkat ini tidak menyimpan data secara permananen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja.

Video Graphic Array (VGA) Kartu grafis yang berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor.

Baca Selengkapnya Disini >> Mengenal Hardware dan Software Komputer Untuk Pemula

Artikel By : Widhi Prasono
Email : [email protected]

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com