Mendorong Penggunaan BBM Ramah Lingkungan Guna Mewujudkan Program Langit Biru

oleh -178 views

Web portal pendidikan – Selamat sore sobat keluhkesah.com, Sore hari ini saya akan menyampaikan keluhkesah serta mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan program langit biru nya, dan judul ini pun saya angkat atas dasar keinginan untuk merubah langit Indonesia menjadi langit biru yang cerah, sehat, dan bersih. Judul kali ini yaitu mendorong penggunaan BBM ramah lingkungan guna mewujudkan program langit biru. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini.

Mendorong Penggunaan BBM Ramah Lingkungan

mendorong penggunaan bbm ramah lingkungan
mendorong penggunaan bbm ramah lingkungan

Indonesia menjadi satu dari beberapa negara yang menggunakan BBM. Baik jenis premium, pertamax ataupun jenis lainnya. Diketahui bahwa penggunaan energi fosil tidak baik bagi polusi udara. Memang tidak langsung berdampak, tapi perlahan hal itu akan mengakibatkan kerusakan pada bagian pernapasan manusia.

Di Indonesia, penggunaan BBM merupakan penyumbang utama yang menyebabkan pencemaran udara, hal itu diungkapkan oleh Direktur Pengendalian Pencemaran Udara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dasrul Chaniago dalam webinar KBR dan YLKI dengan tema “diskusi publik penggunaan BBM ramah lingkungan”.

Dalam webinar tersebut Beliau berharap masyarakat tak lagi menggunakan BBM dengan tingkat emisi karbon yang tinggi, adapun BBM dengan tingkat emisi karbon yang tinggi adalah premium dan solar yang masih tinggi pemakainya.

Dasrul Chaniago juga mengatakan untuk melakukan edukasi ke masyarakat tentang program “langit biru” atau pentingnya penggunaan BBM ramah lingkungan yang pastinya hal ini tidak akan mudah untuk menjalankannya secara instan.

Banyak sekali kendaraan yang masih menggunakan jenis bahan bakar premium, tidak menutup kemungkinan merk mobil yang kelas atas sekalipun masih juga menggunakan bahan bakar premium.

Permasalahan yang ada bahwa pemerintah tidak bisa melakukan langkah untuk menghapus premium. Baru baru ini kita lihat contohnya saat harga minyak bumi turun pada tahun 2020. Harusnya hal ini bisa menjadi acuan bagi pemerintah untuk melakukan tindakan dalam penghapusan premium. Dan juga pada saat itu pun jenis pertamax harganya turun seharga premium.

Tindakan Yang Dilakukan Pertamina Untuk Merealisasikan Program Langit Birunya

tindakan pertamina untuk merealisasikan program langit biru
tindakan pertamina untuk merealisasikan program langit biru

Pihak pertamina telah melakukan beberapa kali evaluasi BBM dengan harga yang wajar untuk jenis ramah lingkungan seperti jenis pertalite dan pertamax. Evaluasi yang dilakukan ini bertujuan untuk menentukan harga yang sesuai bagi masyarakat agar dapat diterima.

Sementara itu, Ketua pengurus harian dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi mendorong pemerintah untuk segera meng”implementasikan” Program Langit Biru yang telah dicanangkan untuk mengurangi dan mereduksi zat karbon yang sebagaimana dijanjikan oleh Presiden Jokowi pada Protokol Paris 2015 silam.

Program langit biru sendiri sebenarnya sudah digulirkan sejak 25 tahun silam. Sayangnya program ini masih sulit untuk direalisasikan. Agar program ini dapat tercapai dibutuhkan visi dan misi yang sama secara konsisten untuk mewujudkan BBM yang ramah lingkungan.

Program Yang Digulirkan Pertamina Untuk Menciptakan BBM Yang Ramah Lingkungan

program yang digulirkan pertamina untuk menciptakan langit biru
program yang digulirkan pertamina untuk menciptakan langit biru

Adapun program yang dilakukan oleh pertamina dalam menciptakan polusi udara yang bersih dan sehat dengan melakukan kampanye untuk “menggunakan produk bahan bakar pertalite dan pertamax”. Kenapa ? Karna 2 jenis ini dinilai lebih ramah lingkungan.

Khususnya jenis pertamax sangat direkomendasikan kepada pengguna kendaraan bermotor, karena pertamax mengandung pelindung anti karat yang dapat melindungi tangki kendaraan, serta saluran bahan bakar dan ruang bakar mesin tetap terjaga kemurniannya.

BBM Jenis pertamax dinilai lebih ramah lingkungan karena memiliki kandungan sulfur sebesar 50 ppm (part per million) lebih rendah dibanding kandungan sulfur pertalite sebesar 180 ppm. Ketentuan ini sesuai dengan baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Tahun 2017 tentang “baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru kategori M,N dan O”.

Kesimpulan Yang Penulis Ambil Ketika Webinar Bersama KBR dan YLKI Tanggal 25 Maret 2021 Kemarin.


Adapun kesimpulan yang dapat penulis ambil terkait kampanye yang dilakukan pertamina untuk mendorong masyarakat menggunakan BBM Ramah lingkungan yaitu,

Menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, karna bagaimanapun juga penggunaan BBM dengan RON yang rendah dapat menimbulkan dampak yang serius bagi kesehatan.

Perlu diketahui oleh pembaca, TIngkatan RON pada penggunaan Bahan Bakar,

  • RON Pertamax Turbo 98
  • RON Pertamax Plus 95
  • RON Pertamax 92
  • RON Pertalinte 90
  • RON Premium 88

Sumber :

https://www.pertamina.com/id/news-room/energia-news/kenali-jenis-bbm-yang-sesuai-untuk-kendaraan-anda dan https://www.bphmigas.go.id/komoditas-bbm/

Menurut data sample yang saya ambil dari jurnal jurnal serta website seperti liputan6com, wartaekonomi, jawapos, kompas, tribunnews dan lain lainnya bahwa penyumbang terbesar pencemaran udara dihasilkan oleh asap kendaraan bermotor.

Maka dari itu, saya menyarankan untuk seluruh masyarakat agar beralih menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan. Selain menjaga udara tetap bersih, kesehatan pun tetap terjaga karna menghirup udara yang segar. Mari ikut mengkampanyekan program “langit biru” untuk mendorong masyarakat luas agar menggunakan BBM ramah lingkungan.

Kata kunci artikel : mendorong penggunaan BBM ramah lingkungan guna mewujudkan program langit biru

ahmad andrian fisabilillah
ahmad andrian fisabilillah

Penulis : Ahmad Andrian Fisabilillah
#ProgramLangit Biru Bersama KBR x YLKI
Pengelola situs keluhkesah.com


Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com