Mempelajari Pengertian, Sejarah, dan Manfaat Keberagaman Budaya Indonesia Lebih Jauh

oleh -56 views
Mempelajari Pengertian, Sejarah, dan manfaat Keberagaman Budaya Indonesia Lebih Jauh
Mempelajari Pengertian, Sejarah, dan manfaat Keberagaman Budaya Indonesia Lebih Jauh

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan memberikan ulasan materi edukasi dalam mempelajari pengertian, sejarah dan manfaat keberagaman budaya Indonesia lebih jauh. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan di bawah ini.


Mempelajari Pengertian, Sejarah Dan Manfaat Keberagaman Budaya Indonesia Lebih Jauh

Mempelajari Pengertian, Sejarah, dan manfaat Keberagaman Budaya Indonesia Lebih Jauh
Mempelajari Pengertian, Sejarah, dan manfaat Keberagaman Budaya Indonesia Lebih Jauh

Sebelum mempelajari tentang budaya Indonesia, sebaiknya pahami dulu arti dari kebudayaan itu sendiri. Dalam bahasa Indonesia, kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah.

Yaitu bentuk jamak yang berasal dari buddhi dan artinya akal atau budi. Jadi kebudayaan itu berkaitan dengan budi dan akal.

Baca juga :

Sedangkan budaya merupakan pola hidup menyeluruh sehingga sifatnya lebih kompleks, abstrak, serta luas. Jumlah budaya yang semakin beraneka ragam turut mempengaruhi perilaku komunikatif seseorang.

Itu artinya budaya bisa mengorganisasikan kegiatan seseorang dan membuat orang tahu cara meramal sikap orang lain.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Pengertian kebudayaan menurut para ahli
Pengertian kebudayaan menurut para ahli

Menurut pada ahli, pengertian dari budaya itu bermacam-macam. Berikut adalah pengertian kebudayaan menurut para ahli, antara lain:

  1. Menurut Herskovits, kebudayaan adalah sesuatu yang dilakukan secara turun-temurun dalam 1 generasi sehingga disebut superorganic.
  2. Andreas Eppink menyebutkan bahwa kebudayaan meliputi keseluruhan pengertian normal sosial, nilai sosial, ilmu pengetahuan, dan seluruh struktur religius, sosial, dan intelektual (artistik) dari ciri khas masyarakat umum.
  3. Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan itu sifatnya kompleks. Karena terdiri atas kesenian, kepercayaan, pengetahuan, hukum, moral, adat, dan kemampuan anggota masyarakatnya sendiri.
  4. Menurut Selo Soemardjan dan juga Soelaiman Soemardi, maka kebudayaan merupakan sarana rasa, hasil karya, dan juga cipta masyarakat.

Melihat dari pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya budaya Indonesia itu adalah sesuatu yang bisa mempengaruhi tingkat pengetahuan seseorang.

Karena didalamnya terdapat ide atau gagasan dari pikiran manusia. Itulah sebabnya budaya selalu bersifat abstrak. Sedangkan menurut wujudnya, kebudayaan bisa berwujud abstrak, benda/ fisik, dan konkret.

Sejarah Budaya Indonesia

sejarah budaya indonesia
sejarah budaya indonesia

Indonesia mempunyai banyak pulau sehingga sejarah perkembangan budayanya semakin banyak. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan jangka waktu di luar dari budaya lokal dan perbedaan intensitas budaya asing yang telah memasuki ke daerah tertentu.

Jadi dalam perkembangannya, terdapat beberapa unsur yang mendasari sejarah kebudayaan di Indonesia.

Salah satunya adalah unsur agama untuk memberikan pandangan hidup seseorang. Sejarah kebudayaan yang ada di Indonesia umumnya membahas seputar filsafat dan agama di Tanah Air. Agama selalu dihadirkan ke dalam bentuk dan budaya etnis di dunia, terutama etnis di Nusantara.

Saat peradaban mulai berkembang, maka agama mulai menyesuaikan bentuknya sesuai dengan pikiran setiap orang. Selanjutnya dipilih ketua kelompok sebagai pemimpin untuk mengatur layanan kepada semua anggotanya.

7 Unsur Pokok Kebudayaan

unsur pokok kebudayaan menurut Melville J. Herskovits
unsur pokok kebudayaan menurut Melville J. Herskovits

Di bawah ini adalah beberapa unsur pokok kebudayaan yang bersifat universal, antara lain:

  1. Mata pencaharian dan sistem perekonomian, seperti beternak, bertani, sistem distribusi, produksi, dll.
  2. Peralatan dan perlengkapan hidup masing-masing daerah yang berbeda-beda. Mulai dari alat rumah tangga, perumahan, pakaian, senjata, transportasi, alat produksi, dll.
  3. Bahasa lisan dan tertulis.
  4. Sistem kemasyarakatan, meliputi organisasi politik, sistem kekerabatan, sistem perkawinan, sistem hukum, dll.
  5. Kesenian, berupa seni suara, seni rupa, seni gerak, dll.
  6. Seni kepercayaan.
  7. Seni pengetahuan.

Itu tadi adalah 7 unsur yang menyebabkan terjadinya keberagaman suku bangsa dan budaya selama ini. Melihat beberapa unsur pokok di atas, maka Anda bisa lebih mengenal apa saja perbedaan budaya masing-masing daerah jika dilihat dari mata pencaharian, bahasa, seni, dll.

Manfaat Keberagaman Budaya di Indonesia

Manfaat keberagaman budaya di Indonesia
Manfaat keberagaman budaya di Indonesia – sumber gambar : penuliscilikcom

Kebudayaan itu fungsinya sangat besar. Dengan adanya akal manusia maka bisa tercipta sebuah budaya untuk sarana memenuhi kebutuhan dan menghadapi berbagai macam kekuatan alam dan lainnya. Untuk itu keberagaman budaya Indonesia ini sangat berguna sekali untuk beberapa hal berikut ini:

  1. Dapat membuat perbendaharaan istilah bahasa Indonesia semakin luas.
  2. Pemikiran sumber daya manusia di setiap daerah semakin banyak sehingga bisa digunakan sebagai acuan para masyarakat.
  3. Potensi keberagaman budaya bisa digunakan sebagai tujuan objek pariwisata.
  4. Bila difasilitasi dan dijaga dengan baik, keberagaman budaya bisa membuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa semakin meningkat.
  5. Dengan adanya banyak budaya membuat proses integrasi nasional semakin terdorong.

Jadi seperti itulah beberapa manfaat dari banyaknya budaya Indonesia dan pengertiannya lebih jauh. Dengan memahaminya, hal ini diharapkan bisa membuat Anda semakin menghormati dan menghargai budaya yang dimiliki oleh masing-masing daerah.

Artikel ditulis oleh @shinta dengan judul artikel mempelajari pengertian, sejarah dan manfaat keberagaman budaya Indonesia lebih jauh. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

7 thoughts on “Mempelajari Pengertian, Sejarah, dan Manfaat Keberagaman Budaya Indonesia Lebih Jauh

  1. Sebagai penikmat wisata heritage, belajar sejarah sangat penting buat aku
    Melihat masa lalu tentang kekayaan adiluhung bangsa kita, belajar dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa. Sejarah bukan untuk dilupakan, tapi untuk menjadikan kita lebih baik di masa kini dan masa depan

  2. Saya termasuk yang suka akan pelajaran sejarah. Terutama sejarah lokal. Pada traveling, saya akan suka traveling wisata sejarah.

  3. Makanya penting sekali dalam menjaga budaya warisan dari leluhur, karena tidak didapatkan begitu saja. Apalagi Indonesia memiliki budaya yang sangat banyak dan beragam, maka dari itu penting bagi kita untuk saling menjaga serta menghormati budaya orang lain

  4. Saat ini kebudayaan Indonesia sedang tergerus dengan kebudayaan pop seperti Kpop dan Jpop sehingga tak sadar anak muda kita malah mencintai kebudayaan luar daripada kebudayaan yang sendiri.

  5. Membaca ini jadi semakin bersyukur, Allah SWT telah mengaruniakan keragaman budaya untuk Indonesia. Agar semakin saling mengenal dan saling mempelajari budaya masing², dalam bingkai persatuan dan kesatuan

  6. Saya suka bagian endingnya nih.kirim tulisan ke keluhkesah.com. hehe… btw tema sejarah gak pernah basi ya. selalu keren untuk diulas lagi. apalagi bangsa kita banyak budaya dengan sejarahnya sendiri sendiri. mengingatkan kita bahwa sebenarnya kita tuh kaya budaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *