Jurnaliscun.com – Selamat malam para sahabat kang hafiz, pada setia kan mantengin jurnaliscun setiap harinya ? Kali ini saya akan membuat sebuah postingan, hmm bisa dibilang sebagai ajang coba coba saja dalam menentukan SEO ( Search Engine Optimasi ) dari masing masing blog yang mengikuti ajang tersebut. Nah dalam sebuah kontes itu di haruskan membuat sebuah postingan yang berjudul Mastah Pernah Newbie Ala Kang Hafiz.


Disini saya akan membuat sebuah postingan itu sesuai ala buatan tulisan tangan saya sendiri. Sebut saja saya kang hafiz. Sebuah penulis terbaik dari situs jurnaliscun.com yang ingin mentorehkan tinta emas dari laptop saya berupa sebuah tulisan yang bisa dikatakan pertanyaan pertanyaan dari setiap blogger blogger yang ada didunia.
Mungkin ada beberapa pemula dalam dunia blogger yang belum tau tentang istilah Mastah , newbie atau sejenis nya, misalnya seperti SEO (Search Engine Optimization) , Backlink, Meta tag dan lain sebagainya. Saya juga dahulu tidak tahu apa itu mastah dan apa itu newbie. Saya tahu kata kata tersebut dari teman saya di sosial media yang juga bergelut di dalam dunia blogger.

Sebut saja dia mawar, dia merupakan seorang karyawan dari PT gameloft yang bekerja sebagai grafik artist ( mungkin seperti itu ) kalo salah ya mohon dimaafkan, saya lupa.. kalo mau ditanyain langsung juga orang nya udah molor.. soalnya ini sudah setengah malam dan hampir mau masuk pagi.

Saya pernah melihat seseorang berkomentar seperti ini “Mastah bagi ilmu nya dong” , dan “Mastah Bagi Triknya dong buat newbie satu ini”. Seperti itulah kata kata yang pernah saya lihat di sosial media facebook dan forum forum seperti ads id ataupun forum kaskus.

Dan karena saya kepengen tahu apa itu mastah dan newbie saya bertanya kepada teman saya, “mbak, saya kok bingung ya, ada orang yang mengatakan mastah dan ada juga yang mengatakan newbie”. nah teman saya itu berkata, “ooh, itu merupakan sebuah panggilan, mastah itu diibaratkan suhu atau guru atau master dalam bidangnya. Misalnya dia sudah ahli dibidang blogger, iklan maupun koding. Nah orang itulah yang disebut mastah. Kalau untuk newbie itu kebalikan nya. Mereka yang belum tau apa apa, sama seperti kamu.. Nah dari situlah saya sendiri tau apa itu mastah dan apa itu newbie.

Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan versi saya sendiri apa itu mastah dan apa itu newbie. Mastah pernah newbie ? hmm memang benar adanya. Kalau tidak ada newbie pastinya juga tidak ada mastah. Bener ga ? Bener dong..

Sebutan mastah itu merupakan sebuah pujian bagi orang lain terhadap hasil karya yang kita buat. Dan sebaiknya seorang mastah yang baik harus membantu seorang newbie yang ingin belajar ilmu darinya, itu merupakan sebuah timbal balik. Jika ilmu yang kita ajarkan kepada newbie tersebut dipergunakan nya dengan baik, alhasil kita juga akan merasakan dampaknya. Dan pastinya pahala pasti terus ngalir dong, selagi ilmu itu tetap digunakan.

Newbie yang kita ajarkan tersebut nantinya juga akan berlaku sama terhadap apa yang kita lakukan kepadanya. Karena menjadi seorang mastah itu sebuah anugrah yang tuhan berikan kepada kita yang mempunyai kelebihan pengetahuan daripada orang lain.

Mastah Pernah Newbie ?? Seorang mastah dahulunya pasti seorang newbie yang tidak tau apa apa tentang dunia internet, dalam ruang lingkup blogger. Mastah Pernah newbie itu ibaratnya seorang yang sudah tua tentu nya pernah merasakan masa masa kecil. Nah dalam dunia blogger kedua kata itu sangat berarti dan bernilai tinggi.

Mastah Pernah Newbie Menurut Kang Hafiz
Mastah Pernah Newbie Menurut Kang Hafiz

Terkadang yang saya heran, Mastah mastah yang sudah teruji ilmunya, terkadang “pelit” membagikan ilmunya kepada orang lain, baik teman seperjuangan atau pemula yang baru memulai blogger. Terkadang mereka hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa memperdulikan orang lain.
Dan ironisnya ilmu tersebut juga bisa saja dijual dengan harga yang mahal dan pastinya menguntungkan. Itu perbuatan yang kurang baik, karena ilmu yang kita bagikan, jika berguna untuknya otomatis kita juga akan merasa bangga, bahwa ilmu yang kita berikan bermanfaat.

Anda Newbie yang baru memulai blog ? tenang saja, saya akan membantu anda untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang blog. baik dalam bloggernya sendiri, seo ataupun lainnya. Mungkin anda bisa membaca baca artikel di situs saya.

Kembali lagi ke topik diatas Mastah Pernah Newbie. Mungkin saya hanya bisa memberikan sebuah pengalaman saja. Bahwa tidak adanya mastah jika tidak adanya newbie. Hal itulah mungkin yang bisa membuktikan bahwa newbie akan menjadi mastah suatu saat nanti.

Terima kasih sudah membaca artikel saya yang berjudul Mastah Pernah Newbie Ala Kang Hafiz. Mungkin artikel ngawur saya diatas dapat memberikan sebuah masukan tentang mastah dan newbie di dunia blogger.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com