Web portal pendidikan – Selamat siang sob, menurut kalian masih pentingkah pendidikan itu ? Apakah dijaman modern ini pendidikan masih di nomor satukan ? Kalo memang iya kenapa pendidikan di negeri ini seakan sudah tidak berarti lagi. Apa yang harus kita lakukan untuk membangkitkan pendidikan di negara ini ? Sabar gan, dalam artikel ini akan kita ulas sejelas jelasnya.

Masih Pentingkah Pendidikan ?

Sebelum saya membahas lebih luas mengenai pendidikan, terlebih dahulu akan saya paparkan pengertian pendidikan. Kenapa? karena, dengan kita mengetahui defini suatu istilah, maka kita akan mudah memahami lebih dalam dan lebih banyak yang berkaitan dengan hal tersebut.

Maka, tidak heran jika pengertian itu diibaratkan sebagai sebuah pintu, ya pintu bagi suatu bidang ilmu pengetahuan. Misalnya saja, dalam bidang pendidikan seperti yang akan saya bahas kali ini.

Pengertian (atau bisa disebut dengan definisi) dari istilah “pendidikan”, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Pendidikan itu berbeda dengan pembelajaran, tapi ada sebagian orang yang menganggapnya sama. Di manakah letak perbedaannya?. Pendidikan yang memiliki kata dasar didik lebih memfokuskan tujuannya kepada perubahan tingkah laku subyek pendidikan, yaitu peserta didik.

Sedangkan, pembelajaran bertujuan untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada obyek pembelajaran, yaitu pelajar. Jadi, sudah sangat jelas perbedaan keduanya, diantaranya yaitu terletak kepada tujuannya.

Dengan mengetahui perbedaan keduanya, tentunya kita tahu bahwa bukan hanya pembelajaran yang harus ditempuh oleh seorang anak, akan tetapi pendidikan juga harus ia tempuh demi terciptanya generasi berakhlakul karimah, terutamanya di tengah arus globalisasi yang berdampak terhadap merosotnya akhlak anak.

Pendidikan yang dilakukan oleh seorang pendidik atau guru, menurut Imam al-Ghazali sama dengan pekerjaan yang dilakukan oleh petani, yakni menyingkirkan tumbuhan berduri dan tanaman liar yang mengganggu, agar tanaman itu pertumbuhannya bagus dan hasilnya maksimal.

Pendidikan yang merupakan suatu usaha sadar yang dilakukan oleh manusia untuk memanusiakan manusia secara manusiawi, selalu mengarahkan subjek didiknya yaitu, manusia agar terjadi perbaikan-perbaikan dan juga perubahan-perubahan yang mengarah kepada realisasi idealitas manusia.

Dalam upaya pendidikan, tentunya tidak akan pernah terlepas dari yang namanya tempat (lingkungan) berlangsungnya pendidikan atau yang biasa disebut dengan tripusat pendidikan, yang terdiri dari keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Orang tua berkedudukan dalam menyiapkan anak generasi harapan dan orang tua harus mampu menjadi guru yang baik dan memiliki bekal kemampuan dalam hal tata cara mendidik.

Namun, Orang tua tidak dapat melaksanakan semua tugas mendidik di dalam keluarga, terutama dalam hal ilmu pengetahuan dan keterampilan. Oleh karena itu, sekolah hadir sebagai pelengkap dari keluarga dalam hal mendidik.

Dan melalui masyarakat, maka berkembanglah semacam kesadaran sosial, kecakapan- kecakapan di dalam pergaulan dengan sesama kawan, dan sikap yang tepat di dalm membina hubungan dengan sesama manusia.

Setelah membaca opini diatas, apakah kalian masih berpikir bahwa pendidikan itu penting ? Masih layakkah pendidikan itu sebagai pedoman dalam mendidik generasi ? Silahkan beri kritik dan masukan untuk pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Penulis : Nurul Qamariyah
Fb: Nurulqamaritah
email : [email protected]

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com