Web Portal Pendidikan – Ketemu lagi nih dengan mimin, kali ini mimin akan posting artikel tentang manfaat sosial media bagi pelajar. Apakah sosial media sangat bermanfaat bagi pelajar ? apa justru malah menjerumuskan nya dalam dunia gelap ? Simak penjelasannya di artikel ini.

Manfaat Sosial Media Bagi Pelajar

Jaringan sosial semacam Facebook, Twitter serta YouTube telah cepat menjadi bagian dari hidup Kamu sehari-hari. Salah satu pernyataan mengapa sosial media sangat terkenal itu disebabkan karena si pemakai menggunakannya untuk berinteraksi di jaringan internet.

Tidak sedikitnya teknologi baru serta perkembangan jaringan sosial saat ini, ada tidaknya sedikit kegunaaan serta pernyataan bagi semua orang, tergolong pelajar dan juga mahasiswa untuk memakai sosial media.

Suatu penelitian menemukan hasil bahwa kurang lebih 70% pelajar di Indonesia khususnya merasa bahwa teknologi yang mereka gunakan untuk belajar wajib disesuaikan dengan diri mereka sebagai pemakai sosial media.

Berikut ini sejumlah kegunaaan dari pemakaian media sosial untuk pendidikan :

1. Menciptakan Komunitas

Tidak sedikit pelajar ditantang untuk bisa menyesuaikan diri dengan konsep pembelajaran yang baru serta tugas-tugas khusus. Sosial Media menolong memusatkan pengetahuan yang kolektif di seluruh kelas untuk mengadakan kegiatan belajar serta berkomunikasi menjadi lebih efisien.

Contohnya :

  • Mengawali daftar kontak kelas untuk berkolaborasi serta saling memberikan trik-trik pelajaran tertentu
  • Mengundang guru yang memakai media sosial untuk bergabung dengan kelompok belajar jadi bisa memberi masukan

Manfaat Sosial Media Bagi Pelajar

Anda wajib ingat bahwa jutaan pelajar dimanapun berada sedang mendalami faktor yang sama saat ini. Jaringan kelompok belajar tidak wajib terbatas pada ruang lingkup sekolah yang sama. Dalam faktor ini, pelajar terdorong untuk menjadi ‘ahli’ dalam keterlibatan pada sudut pandang internet. Tidak hanya belajar untuk berinteraksi dengan sesama orang, namun pelajar juga belajar dalam pemakaian sosial media tersebut.

2. Melanjutkan Pembahasan Pelajaran

Mengawali jaringan kelompok belajar kolaboratif bisa menghemat waktu serta tenaga. Bagi pelajar yang tidak bisa menghadiri kelas tertentu, tidak akan khawatir ketinggalan pelajaran sebab sekarang sosial media semacam Periscope, Skype, SnapChat bisa menolong pelajar.

Para pelajar bisa memakai Google Hangout untuk memfasilitasi mereka ketika sedang belajar kelompok. Pelajar yang ingin mengajukan pertanyaan terhadap ahli, bisa menggunakan Twitter, Jelly yang dirancang untuk membangun koneksi melewati pertukaran pertanyaan dan jawaban antar pemakai.

3. Mengatur Sumber Pembelajaran

Sosial Media bisa menolong untuk menjaga semua informasi supaya terorganisir serta mudah diakses. Dengan sosial media, maka data yang pelajar miliki bakal aman, dengan syarat memakai tools semacam Pinterest danTumblr.

Apabila dokumen yang diperlukan tidak ada atau belum diposting ke sosial media, gunakan saja Google Drive, Box/Dropbox untuk mengumpulkan materi pembelajaran. Tidak hanya itu, pelajar juga bisa memakai layanan share konten semacam Google Docs untuk tugas kelompok. Fitur tersebut menolong pelajar dalam mengorganisir kelompok serta tugas menjadi lebih mudah.

Manfaat Sosial Media Bagi Pelajar

4. Mendukung Materi Pembelajaran

Media sosial bisa menolong mengidentifikasikan konten tambahan untuk memperkuat dan memberikan kebutuhan bagi para pelajar.

Umpama saja YouTube menyediakan video bagi pelajar dengan cara audio visual ketika diperlukan untuk memperjelas materi pembelajaran. Sosial media memungkinkan pelajar mengirimkan bermacam-macam dokumen semacam video, reminder, voice note, foto, data serta lainnya.

5. Bertambahnya Wawasan

Para pelajar yang memakai media sosial dengan cara langsung saling memberikan serta menerima beragam informasi. Mereka memberikan cara dan caraa, proyek DIY (Do It Yourself) serta informasi yang berguna untuk bahan bahan pelajaran. Performa mereka untuk mengakses, menganalisa, menahan serta share informasi kian meningkat seiring berlangsungnya zaman. Bahkan mereka tidak sadar telah mengembangkan performa mereka tersebut.

6. Performa Marketing Media Sosial

Berkembangnya media sosial menciptakan ‘dunia’ marketing yang baru, dimana dibutuhkan para profesional atau bisa disebut pakar untuk membangun lapangan kerja. Ketika para pemakai media sosial bergabung dalam lingkup tersebut, maka dengan cara langsung mereka memberikan kepandaian mereka itu.

Sosial media dengan cara tidak langsung mempersiapkan para pekerja muda untuk menjadi pelaku dari marketing yang hebat.

Bagaimana dengan artikel nya? apakah sudah tau apa manfaat dari sosial media itu sendiri kepada pelajar ? Apakah anda sebagai orang tua masih takut untuk membiarkan anak anaknya bermain sosial media  ? Sebagai orang tua harusnya kalian memberikan kebebasan terhadap anak untuk menggunakan sosial media tapi harus terus di awasi ya, jangan sampai anak kita terjerumus kedalam hal hal yang negatif.

Nah itulah penjelasan dari artikel “Manfaat Sosial Media Bagi Pelajar. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan dalam pengembangan artikel ini.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com