7 Manfaat Senam Yoga untuk Kesehatan Tubuh Jasmani dan Rohani

oleh -161 views
7 manfaat senam yoga untuk kesehatan tubuh jasmani dan rohani
7 manfaat senam yoga untuk kesehatan tubuh jasmani dan rohani

Web portal pendidikan – Selamat malam sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan memberikan 7 manfaat senam yoga untuk kesehatan tubuh jasmani dan rohani. Apa saja manfaat tersebut ? berikut ulasannya kami sampaikan dibawah ini.

Manfaat Senam Yoga Untuk Kesehatan Tubuh Jasmani Dan Rohani

7 manfaat senam yoga untuk kesehatan tubuh jasmani dan rohani
7 manfaat senam yoga untuk kesehatan tubuh jasmani dan rohani

Yoga merupakan salah satu olahraga terpopuler saat ini. Selain bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, ternyata senam ini juga bisa mengontrol stres dan gelisah dengan baik. Tentu saja itu karena senam yoga merupakan salah satu 6 ajaran filsafat hindu yang mana fokus utamanya lebih kepada kekuatan pikiran.

Itulah sebabnya dalam praktiknya, senam yoga biasanya dilakukan dengan cara meditasi supaya bisa mengontrol panca indera, pikiran, dan tubuh secara menyeluruh. Ketika seseorang rutin melakukan senam yoga akan membuat fokus mentalnya lebih baik dan semua racun dalam tubuh akan keluar dengan sendirinya.

7 Manfaat Senam Yoga untuk Kesehatan Tubuh


Ada banyak manfaat yang diterima ketika seseorang rutin melakukan senam yoga demi menjaga tubuhnya, sekaligus meningkatkan fleksibilitas tubuh. Di bawah ini adalah beberapa 7 manfaat senam yoga untuk kesehatan tubuh, antara lain:

#1 Badan Lebih Bugar dan Bebas Stres

Meski hampir semua jenis olahraga bisa mengatasi dan mencegah masalah depresi, ternyata hal ini juga berlaku sama pada senam yoga. Dengan melakukan yoga akan membuat mood membaik, begitu juga dengan masalah stres, dan gelisah. Jadi cocok sekali dengan mereka yang mengalami masalah skizofrenia, insomnia, dan gangguan kecemasan.

Setidaknya dengan melakukannya secara rutin akan membuat tubuh lebih bugar, dan posturnya lebih baik. Sehingga tubuh juga semakin lentur dan memiliki kekuatan lebih. Menariknya lagi adalah ternyata ada juga beberapa pose yang bisa digunakan untuk membantu program diet.

#2 Berbagai Masalah Kesehatan Hilang Karena Senam Yoga

Bagi penderita dengan riwayat masalah penyakit kronis, seperti hipertensi dan penyakit jantung, maka senam yoga adalah solusi yang terbaik! Karena dengan melakukan senam ini akan membuat jantung lebih sehat dan kualitas hidup meningkat secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, yoga juga efektif meringankan masalah nyeri dan migrain.

Kemudian untuk mereka yang mengalami masalah sakit punggung juga bisa diatasi dengan melakukan senam yoga. Karena memang ada beberapa pose yang bisa dilakukan untuk meredakan masalah nyeri, seperti sakit punggung kronis.

#3 Meringankan Masalah Asma dan Efek Mabuk 

Siapa sangka bila ternyata yoga juga bisa meringankan masalah efek dari hangover atau pengar di pagi hari karena mabuk semalaman. Beberapa gerakan seperti shoulder stand dan plow bisa membuat sistem metabolisme meningkat dan keseimbangan tubuh meningkat. Tidak hanya itu saja, ternyata senam yoga juga efektif meringankan penyakit asma yang menyiksa. 

Itu karena ada beberapa gerakan senam yoga yang berkaitan dengan pernafasan sehingga efektif mengatasi masalah penyakit asma. Meski untuk manfaatnya sendiri masih belum dianggap signifikan secara klinis bila dibandingkan menggunakan pengobatan konvensional.

#4 Senam Yoga adalah Pelengkap Diet Terbaik

Siapa yang tidak ingin diet? Bagi mereka dengan masalah berat badan berlebihan, tentunya senam yoga ini baik sekali untuk membantu program diet. Itu karena yoga bisa membakar lemak dalam tubuh dengan melakukan jenis yoga seperti hot yoga, power yoga, ashtanga, dan juga digabungkan dengan berlari, berjalan kaki, dan aerobik.

Selain itu, senam ini juga bisa membuat postur tubuh membaik. Karena gerakannya bisa membuat kekuatan otot lebih aktif sehingga bila dilakukan secara rutin akan membuat tubuh terlihat lebih ideal dan rasa percaya diri semakin meningkat.

#5 Kualitas Tidur Membaik

Insomnia merupakan salah satu masalah yang bisa merusak kualitas tidur seseorang. Biasanya hal tersebut bila dibiarkan bisa menyebabkan ternyata hipertensi dan obesitas. Beruntungnya sekarang ini dengan melakukan senam yoga akan membuat kualitas tidur meningkat dan masalah susah tidur teratasi.

Itu karena senam yoga terbukti ampuh meningkatkan pelepasan hormon melatonin yang berfungsi untuk mengontrol siklus tidur dengan baik. Dengan begitu, senam ini juga bisa mengurangi masalah kecemasan, nyeri, depresi, dan stress penyebab terjadinya masalah tidur.

#6 Masalah Peradangan Berkurang

Yoga itu tidak hanya bisa membuat mood dan mental membaik, ternyata beberapa riset menyebutkan bila senam yoga bisa mengurangi masalah peradangan. Peradangan sendiri termasuk cara imun merespon ketika ada masalah pada tubuh secara normal. Namun bila dibiarkan, peradangan kronis bisa menyebabkan terjadinya masalah penyakit diabetes, jantung, dan kanker.

Baca juga : Cara menghitung denyut nadi yang normal

#7 Jantung Lebih Sehat!

Senam yoga membuktikan bisa membuat kesehatan jantung lebih baik. Bahkan dalam sebuah studi menyebutkan bila seseorang yang rutin melakukan senam yoga hingga 5 tahun memiliki denyut nadi lebih rendah dan tekanan darahnya juga demikian daripada mereka yang tidak pernah melakukan senam yoga.

Baca juga : 7 fakta tentang penyakit jantung, wajib diwaspadai

Nah, jadi setelah melihat banyaknya manfaat yang diberikan dari senam yoga untuk kesehatan fisik dan mental, maka saatnya untuk meluangkan waktu melakukannya secara rutin selama beberapa kali dalam sepekan. Karena dengan meluangkan waktu untuk beryoga akan membuat pikiran lebih tenang dan tubuh akan lebih sehat.

Itulah penjelasan dari artikel tentang 7 manfaat senam yoga untuk kesehatan tubuh jasmani dan rohani . Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Kata kunci : 7 manfaat senam yoga untuk kesehatan tubuh jasmani dan rohani