web portal pendidikan – Selamat sore sob, kali ini kita akan bahas manfaat menakjubkan dari kembang kol. Apa saja sih manfaat dari kembang kol yang belum kamu tau ? Yuk lihat selengkapnya di artikel kali ini.

Manfaat Menakjubkan Dari Kembang Kol

Kembang kol atau sering kita sebut dengan kol merupakan jenis sayur sayuran yang banyak khasiat dan manfaatnya. Selain harganya murah, kembang kol mempunyai banyak sekali manfaat jika kita mengkonsumsinya setiap hari.

Adapun manfaat dari jenis sayuran ini dapat kita sebutkan beberapa macam manfaatnya, yaitu sebagai berikut.

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Konsumsi kembang kol secara teratur memastikan sirkulasi darah sehat dan membantu dalam menjaga pembuluh darah, yang dapat dikaitkan dengan adanya glucoraphanin dan vitamin K.

Glucoraphanin diubah menjadi isothiocyanates yang mengaktifkan aktivitas anti-inflamasi dan mencegah akumulasi lipida. di dalam pembuluh darah. Ini membantu aliran darah yang tidak terhalang, yang mengurangi risiko kondisi seperti aterosklerosis dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Isothiocyanate, indole-3-carbinol, atau I3C adalah komponen anti-inflamasi yang berfungsi pada tingkat genetik dan menghambat aktivitas inflamasi pada tahap awal. Seperti didukung oleh berbagai penelitian, indoles terbukti efektif dalam sintesis lipid, kadar trigliserida, kolesterol, dan dalam menjaga kesehatan kardiovaskular.

Penelitian juga membuktikan bahwa fungsi antitrombotik dan antiplatelet Indole-3-carbinol berkontribusi secara signifikan terhadap kesehatan jantung. Omega-3 hadir dalam bentuk asam alfa-linolenat di dalamnya juga berkontribusi terhadap aktivitas bermanfaat ini.

Mengandung Masalah Pernapasan

Ini mengandung indole-3-carbinol, yang efektif dalam pengobatan papillomatosis respirasi rekuren yang disebabkan oleh human papillomavirus yang mempengaruhi pita suara di laring, trakea, paru-paru, dan bronkus. Studi telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi sayuran cruciferous, seperti kembang kol, membantu mengurangi keparahan papillomatosis pernafasan.

Mencegah Kanker

Kembang kol mengandung glukosinolat, yang memecah untuk menghasilkan senyawa sehat seperti sulforaphane dan isothiocyanates, yang disebut indole-3-carbinol. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa ini memiliki efek chemopreventive dan anti-estrogen yang membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Penelitian telah memberikan bukti pendukung untuk fakta bahwa konsumsi sayuran brassica seperti kembang kol membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker kandung kemih, kanker payudara, kanker prostat, kanker ovarium, dan kanker serviks.

Bagaimana menurut kamu manfaat yang diberikan oleh sayuran kembang kol ini ? Pastinya sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain bermanfaat kembang kol juga bisa didapatkan dengan mudah dan ekonomis.

Terima kasih sudah membaca artikel kita dengan judul Manfaat Menakjubkan Dari Kembang Kol. Untuk kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan yang sebesar besarnya dari pengunjung setia belapendidikan.com