Lempar lembing atau lebih dikenal di luar Indonesia sebagai Javelin Throw adalah olahraga dimana pemain akan melempar lembing dengan tujuan mencapai area lemparan sejauh-jauhnya dengan panjang 2.5 m. Cara melakukan olahraga ini adalah dengan melakukan momentum lari di area awalan khusus kemudian melepas lembing ketika sampai di titik lemparan. Olahraga ini merupakan olahraga yang populer di Eropa dan banyak di mainkan oleh pria dan wanita dan manfaat lempar lembing juga sangat banyak.

Olahraga ini termasuk Ancient Olympic Games yang di mulai sebelum 708 SM. Sejarah dalam penilaian olahraga lempar lembing memiliki 2 macam, yaitu menilai dari jauhnya lemparan atau jarak dan yang kedua dengan menila kena atau tepat jatuhnya alat peraga ( Lembing ) ke target yang telah di atur sebelumnya. Pada tahun 1906, olahraga ini terus merambat ke bagian Negara lain sampai akhirnya di perkenalkan sebagai Intercalated Games untuk pria.

Sejak olahraga ini mendunia dan akhirnya sampai di Indonesia, lempar lembing telah memberikan banyak manfaat yang baik untuk para pemainnya. Salah satunya adalah bermanfaat dalam pembentukan kesehatan tubuh. Olahraga ini dikenal dapat memperkuat otot khususnya otot kaki dan tangan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah khasiat dan manfaat lempar lembing untuk kesehatan tubuh.

Memperkuat Rasa Pertimbangan

Semua atlet harus memiliki pikiran atau rasa pertimbangan serta kewaspadaan yang tinggi. Setiap olahraga berat seperti olahraga lempar lembing memiliki banyak resiko seperti cedera tubuh bahkan cedera mental. Untuk itu, Anda harus memiliki ras pertimbangan yang baik agar dapat terhindar dari hal-hal tak diinginkan seperti cedera akibat kurang pertimbangan. Dengan sering melakukan olahraga, rasa pertimbangan serta kewaspadaan Anda akan lebih meningkat.

Manfaat Lempar Lembing Memperkuat Otot

Manfaat olahraga lempar lembing selanjutnya adalah ampuh dalam membentuk dan memperkuat otot, khususnya otot bagian tubuh atas dan bawah. Saat Anda akan melempar lembing, pertama yang harus di lakukan adalah “Mempertimbangkan” kecepatan lari Anda dari titik yang sudah diatur sampai titik dimana Anda akan melempar lembing. Semua itu dapat membantu dalam membentuk otot lebih kuat, lentur dan berbentuk. Lempar lembing lebih memperkuat oto tangan dan kaki namun bagus juga untuk pembentukan perut dan paha.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Olahraga ini merupakan olahraga yang banyak memerlukan tenaga karena Anda di tuntut untuk melempar lembing sejauh mungkin, tentu semua itu memerlukan tenaga ekstra. Maka dari itu, melakukan olahraga lempar lembing dapat membantu Anda dalam membentuk otot dan mengencangkan otot.

Membuat Tubuh Lebih Lentur

Olahraga ini memerlukan gerakan tubuh yang lentur, semakin lentur tubuh yang dimiliki maka tak di pungkiri jangkauan lemparan Anda akan lebih maksimal. Untuk Anda yang sering melakukan lempar lembing dari sesi latihan, tentu akan membuat tubuh menjadi lebih lentur dari sebelumnya. Khusus pada otot kaki dan tangan, kaki dan tangan Anda akan menjadi lebih lentur serta dapat meningkatkan kekuatan otot.

Memperluas Jangkauan Gerakan

Karena olahraga ini membuat tubuh menjadi lebih kuat dan lentur, maka akan berpengaruh pada gerakan serta jangkauan lemparan yang di pertandingkan. Selain lemparan Anda, manfaat lempar lembing juga dapat memperluas jangkauan gerakan karena Anda akan terus di latih dalam melangkah, berlari, serta melakukan gerakan-gerakan yang akan membuat tubuh menjadi lentur dan otomatis akan membuat jangkauan gerakan lebih luas dari sebelumnya.

Manfaat Lempar Lembing
Manfaat Lempar Lembing

Membakar Lemak

Semua olahraga yang berat seperti salah satunya adalah lempar lembing dapat berkhasiat untuk membakar lemak. Khususnya Anda yang bemain lempar lembing, akan terasa jika lemak pada bagian tubuh perlahan terbakar khususnya pada bagian lengan, paha dan bagian badan seperti perut, dada dan bagian punggung.

Membuat Tubuh Menjadi Bugar

Manfaat lempar lembing berikutnya adalah membuat tubuh lebih bugar. Karena olahraga ini termasuk olahraga yang memerlukan banyak energy dan tentu akan membuat tubuh lebih berkeringat dan membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Selain itu, olahraga ini juga dapat membantu menyehatkan organ-organ dalam tubuh sehingga lebih sehat dan kuat.

Baca juga: Sejarah Bola Voli, Pengertian dan Aturannya

Permainana atau olahraga lempar lembing merupakan olahraga yang memerlukan latihan panjang karena termasuk dalam olahraga berat. Jika Anda menyukai olahraga ini, ada baiknya Anda memulai dari yang ringan sampai akhirnya berada di level atlet.