Web portal pendidikan – Artikel kali ini akan kita bahas mengenai makna penting pendidikan kewarganegaraan bagi diri sendiri. Untuk penjelasan lebih lanjut dapat kita simak dalam artikel berikut.

Makna Penting Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Diri Sendiri

Pendidikan merupakan salah satu upaya negara dalam memajukan kualitas bangsanya dengan perkembangam yang ada sekarang ini. Pendidikan di indonesia di wajibkan hingga usia 12 tahun atau setara dengan tingkat smp (sekolah menengah pertama).

Pendidikan mempelajari banyak hal mulai dari aritmatika,sains, geografi, sejarah, bahasa dan yang paling penting adalah pendidikan kewarganegaraan.

Pendidikan kewarganegaraan pasti sudah di dapatkan atau diajarkan mulai dari tahap sekolah dasar sampai dengan bangku perkuliahan.

Makna penting dari pendidikan kewarganegaraan itu sebenarnya apa? Adakah dari diri kita yang yang memiliki perubahasan sifat karna hal itu? Apa yang dapat di amalkan dengan ilmu tersebut?.

Begitu banyak pertanyaan yang menjurus tentang makna pentingnya pendidikan kewarganegaraan di benak seluruh masyarakat. Para orang tua bertanya hal tersebut karena dirasa ilmu masa depan adalah ilmu sains, ekonomi dll. Para murid yang sudah terlalu bosan dengan pengajaran kewarganegaraan dari sekolah dasar.

Makna penting bagi diri sendiri merupakan ekspresi diri kita dalam mengamalkan setiap pengajaran kewarganegaraan di sekolah selama ini. Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu wujud bela negara bagi diri kita.

Selama kurang lebih 13 tahun kita selalu diberikan atau diajarkan materi kewarganegaraan, selama itu pula saya berpikir apa makna penting dari pelajaran ini untuk saya?

Setelah mencoba menggali hal tersebut dalam benak saya, saya menemukan jawabannya. Sederhana saja pendidikan kewarganegaraan penting untuk saya karna dengan adanya pendidikan tersebut saya dapat menghargai orang lain, menghargai sebuah perbedaan dan tetap cinta tanah air indonesia ini.

Wujud konkrit yang saya terapkan adalah saya lebih menyukai berbusana batik untuk pergi ke kampus di antara cemooh dan bid’ah berbagai pihak yang memiliki hukum islam tentang penggunaan pakaian bermotif mahkluk allah.

Saya menyadari bila ingin di hargai orang lain dengan menghargai orang lain. Dengan pendidikan kewarganegaraan ini saya merasa tidak terjerumusnya saya di arus derasnya kemajuan teknologi.

Saya merasa memiliki pegangan yang abadi yaitu agama, ahklak dan etika moral dari orang tua saya dan pendidikan karakter yang di dapat dari sekolah.

Saya masih teringat pelajaran kewarganegaraan mengajarkan saya adanya hak dan kewajiban. Kewajiban saya sebagai pelajar dengan terus belajar giat dan berjuang untuk sedikit mengharumkan bangsa ini, kewajiban tersebut merupakan konsekuensi kita setalah semua fasilitas pendidikan yang kita nikmati.

Saya selalu merasa jengkel dengan sikap anak muda seperti saya yang lebih memilih menggunakan media sosial dengan cara salah, meninggalakan kebudayaan nya demi kebudayaan bangsa lain.

Selain pendidikan kewarganegaraan memiliki maknaa penting dalam perubahan diri, dengan ilmu yang di dapat kan kita juga bisa mengetahui lebih dekat pemerintah yang ada di indonesia berserta fungsinya.

Mengetahui bagaimana konstitusi yang terdapat di negara ini sehingga kita lebih kritis tapi tetap beretika dan bermoral.

Dalam pendidikan kewarganegaraan saya banyak mendapat ilmu yang saya tidak menduga-duga tentang politik, hukum, dan kebudayaan di indonesia ini.

Menurut saya penting kah ilmu ini? Sangat penting karena kalau bukan mulai dari kecil menanamkan rasa memiliki, rasa tanggung jawab, dan rasa mencintai terhadap negara ini maka cepat atau lambat indonesia dan ibu pertiwi kita kehilangan jati diri bangsanya.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang makna penting pendidikan kewarganegaraan bagi diri sendiri. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan yang sebesar besanya dari pengunjung belapendidikan.com. Silahkan berkomentar dibawah ini.

Esai dengan judul makna penting pendidikan kewarganegaraan bagi diri sendiri ditulis oleh Siti Rahmaningsih kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com