web portal pendidikan – Ketemu lagi bersama mimin dalam update artikel terbaru. Sudah lama ya mimin ga update tentang isi web ini. Pasti pada kangen ya? tenang, mimin kali ini akan update artikel fresh, yaitu macam macam pendekatan dalam penelitian hukum. Nah, judul diatas bagus untuk mahasiswa hukum yang sedang melakukan penelitian. Ingin info lebih lanjut yuk baca.

Macam Macam Pendekatan Dalam Penelitian Hukum

Di dalam penelitian hukum terdapat beberapa pendekatan. Dengan pendekatan tersebut, peneliti akan mendapatkan informasi dari berbagai aspek mengenai isu yang sedang dicoba untuk dicari jawabannya. Pendekatan pendekatan yang digunakan didalam penelitian hukum adalah pendekatan undang undang (statute approach), pendekatan komparatif (comparative approach), pendekatan kasus (case approach), pendekatan historis (historical approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach).

Pendekatan undang undang (statute approach) dilakukan dengan menelaah semua undang undang dan regulasi yang bersangkut paut dengan isu hukum yang sedang ditangani. Bagi penelitian untuk kegiatan praktis, pendekatan undang undang ini akan membuka kesempatan bagi peneliti untuk mempelajari adalah konsistensi dan kesesuaian antara suatu undang undang dengan undang undang lainnya atau undang undang dasar dengan undang undang regulasi dan undang undang.

Hasil dari telaah tersebut merupakan suatu argumen untuk memecahkan isu yang dihadapi. Bagi penelitian untuk kegiatan akademis, peneliti perlu mencari ratio legis dan dasar omtologis lahirnya undang undang tersebut.

Dengan mempelajari ratio legis dan dasar ontologis  suatu undang undang, peneliti sebenarnya mampu menangkap kandungan filosofi yang ada di belakang undang undang itu. Memahami kandungan yang ada dibelakang undang undang itu, peneliti tersebut akan menyimpulkan mengenai ada tidaknya benturan filosofis antara undang undang dengan isu yang dihadapi.

Pendekatan kasus dilakukan dengan cara melakukan telaah terhadap kasus kasus yang berkaitan dengan isu yang dihadapi yang telah menjadi putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan yang tetap. Kasus dapat berupa sesuatu yang terjadi di Indonesia maupun di negara lain.

Yang menjadi kajian pokok di dalam pendekatan kasus adalah ratio decidendi atau reasoning yaitu pertimbangan pengadilan untuk sampai kepada suatu putusan. Baik untuk keperluan praktik maupun untuk kajian akademis.

Macam Macam Pendekatan dalam Penelitian Hukum

Perlu dikemukakan disini bahwa pendekatan kasus tidak sama dengan studi kasus (case study). Di dalam pendekatan kasus (case approach), beberapa kasus ditelaah untuk referensi bagi suatu isu hukum. Studi kasus (case study) merupakan suatu studi terhadap suatu kasus tertentu dari berbagai aspek hukum, misalnya kasus Akbar Tanjung yang telah diputusi oleh Mahkamah Agung pada 12 Februari 2004 dilibat dari sudut Hukum Pidana, Hukum Administrasi, Hukum Tata Negara.

Pendekatan historis dilakukan dengan menelaah latar belakang apa yang dipelajari dan perkembangan pengaturan mengenai isu yang dihadapi. Telaah demikian diperlukan oleh peneliti manakala peneliti memang ingin mengungkap filosofi dan pola pikir yang melahirkan sesuatu yang dipelajari. Pendekatan historis ini diperlukan kalau memang peneliti menganggap bahwa pengungkapan filosofis dan pola pikir ketika sesuatu yang dipelajari itu dilahirkan memang mempunyai relevansi dengan masa kini.

Selanjutnya adalah pendekatan komparatif. Pendekatan ini dilakukan dengan membandingkan undang undang suatu negara dengan undang undang dari satu atau lebih negara lain mengenai hal yang sama. Dapat juga diperbandingkan disamping undang undang juga putusan pengadilan dibeberapa negara untuk kasus yang sama.

Kegunaan pendekatan ini adalah untuk memperoleh persamaan dan perbedaan diantara undang undang tersebut. Hal ini untuk dijawab mengenai isu antara ketentuan dan undang undang filosofi yang melahirkan undang undang itu.

Dengan melakukan perbandingan tersebut, peneliti akan memperoleh gambaran mengenai konsistensi antara filosofi dan undang undang di antara negara negara tersebut. Hal yang sama juga dapat dilakukan dengan membandingkan putusan pengadilan antara suatu negara dengan negara lain untuk kasus serupa.

Sedangkan yang terakhir adalah konseptual. Pendekatan konseptual beranjak dari pandangan pandangan dan doktrin doktrin yang berkembang di dalam ilmu hukum. Dengan mempelajari pandangan pandangan dan doktrin doktrin didalam ilmu hukum, peneliti akan menemukan ide ide yang melahirkan pengertian pengertian hukum, konsep hukum dan asas relevan dengan isu yang dihadapi.

Macam Macam Pendekatan dalam Penelitian Hukum

Pemahaman akan pandangan pandangan dan doktrin doktrin tersebut merupakan sandaran bagi peneliti dalam membangun suatu argumentasi hukum dalam memecahkan isu yang dihadapi.

Nah, itulah penjelasan dasar dari artikel macam macam pendekatan dalam penelitian hukum. Artikel selanjutnya mimin akan membahas pendekatan perundang undangan (pendekatan undang undang).

Terima kasih untuk pengunjung yang bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel artikel belapendidikan. Untuk kritik dan saran yang membangun sangat kami apresiasikan. Komentarkan pendapat kalian dikolom bawah ini.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi belapendidikan.com