[wp-review-visitor-rating id=”7298″]Web portal pendidikan – Selamat siang teman teman semua. Di hari yang berbahagia ini kami ingin membagikan informasi lomba menulis, khususnya lomba menulis esai. Untuk informasi lebih lanjut dapat kita simak dalam artikel berikut ini.

Lomba Esai Bulan Oktober – November 2018 Bersama Belapendidikan.com

Kali ini kami membuka kompetisi lomba menulis di tingkat Nasional dalam rangka memeriahkan festival bahasa dan sastra Indonesia. Kompetisi yang kami buka adalah lomba menulis karya sastra. Adapun lomba menulis yang kami adakan adalah lomba esai.

Latar Belakang

Membaca dan menulis adalah bagian yang penting dalam pendidikan. Dari sinilah kebudayaan suatu kaum lahir, tatanan sosial memadai, dan kesadaran untuk memajukan iptek tergugah.

Membaca merupakan salah satu media yang paling efektif untuk melihat cakrawala dunia secara objektif, mandiri dan kreatif. Dengan membaca, kita akan banyak memperoleh ilmu pengetahuan dan pengalaman serta cakrawala berpikir.

Membaca bisa membuat orang yang tidak tahu menjadi tahu,  membuat orang menjadi pribadi yang kreatif, kritis dan bijak. Di negara kita minat membaca dan menulis siswa masih kurang bila dibandingkan dengan negara negara barat.

Oleh karena itu minat membaca dan menulis perlu ditanamkan sejak dini, lomba menulis esai yang kami adakan kali ini merupakan salah satu upaya untuk memotivasi generasi muda giat menulis. Tiada hari tanpa menulis perlu dijadikan sebagai kebiasaan baru yang menyenangkan.

Misalnya ketika harus menunggu berjam jam, waktu luang itu bisa digunakan untuk menulis. Dengan rajin membaca, kita akan dapat menambah pengetahuan dan dapat dituangkan ke dalam tulisan.

Lomba esai bersama belapendidikan merupakan kegiatan yang melibatkan seluruh masyarakat di nusantara. Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat pada tanggal 15 Oktober s/d 16 November 2018. Dalam kegiatan ini peserta lomba diminta untuk menulis esai dengan topik yang telah ditentukan.

Tujuan

Lomba menulis Esai bagi masyarakat umum bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat menulis sejak dini, memotivasi generasi muda untuk memiliki kebiasaan gemar menulis, dan meningkatkan mutu pendidikan.

Tema yang diperlombakan

Untuk spesifikasinya dapat kamu lihat sebagai berikut :

  • Tema “Peran pemuda dalam menyikapi bahasa sebagai alat penyebar hoaks”
  • Esai hasil tulisan tangan sendiri, tidak ada unsur plagiat
  • Esai tidak mengandung unsur SARA, provokasi ataupun pornografi
  • Panjang esai minimal 500 kata
  • Esai ditulis dalam bentuk file word
  • Esai harus ditulis dengan font Times new roman.
  • Sertakan biodata diri dan foto di halaman bawah esai

Sasaran

Sasaran kegiatan ini tidak dibatasi hingga akhir pendaftaran. Untuk umur minimal 15 tahun s/d 30 tahun terhitung mulai tanggal 15 oktober 2018.

Waktu Pelaksanaan

Lomba menulis Esai bagi masyarakat umum dilaksanakan mulai :

  • 15 oktober s/d 15 november 2018 (pendaftaran)
  • 15 oktober s/d 16 november 2018 (pengiriman naskah lomba)
  • 16 November (update naskah)
  • 18 November 2018 (Pengumuman Dapat Dilihat Disini)

Persyaratan Umum

Peserta harus mengikuti persyaratan umum yang telah ditentukan panitia penyelenggara, syaratnya dapat dilihat sebagai berikut :

Hadiah

Seluruh pemenang akan mendapatkan piagam penghargaan (soft file) dan juga mendapat hadiah berupa uang tunai dengan rincian sebagai berikut :

  • Juara 1                               : Rp. 1.500.000,00
  • Juara 2                               : Rp. 1.000.000,00
  • Juara 3                               : Rp.    700.000,00
  • Juara Harapan I               : Rp.   200.000,00
  • 10 Besar Esai Terbaik      : Piagam Penghargaan

Sanksi Tegas :

Berikut ini adalah sanksi atau pelanggaran yang dapat membuat peserta di diskualifikasi dalam lomba esai kali ini, yaitu sebagai berikut :

  • Esai tidak ada unsur plagiat, Ketahuan = Diberi pemberitahuan ke email dan diharap untuk mengganti esai.
  • Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah. Jika ada pergantian naskah, harap kontak kami.
  • Biodata harus jelas, foto harus jelas. Jika biodata atau foto tidak ada dalam file naskah, maka peserta tidak akan kami muat. (karena data tidak lengkap)
  • Peserta bukan seorang sastrawan (orang yang mahir dibidang sastra)
  • Peserta bukan seorang Pegawai di kantor bahasa, ataupun Dosen Sastra
  • Persyaratan umum harus dilakukan, jika dirasa ada salah 1 poin yang belum dilakukan = pengurangan nilai.

PENDAFTARAN

Pendaftaran peserta mulai tanggal 15 oktober 2018 dan berakhir pada tanggal 15 november 2018. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi panitia penyelenggara.

PT. WEB PORTAL PENDIDIKAN
Jalan Sentot Alibasa, Selincah JAMBI, 36148

Narahubung:
Email address : [email protected]
FP : https://facebook.com/webportalpendidikan/
WA : +6289682153110

Kontribusi Peserta :

Peserta tidak dipungut biaya apapun, serta mendapat hadiah bagi pemenang. Semua esai peserta akan kami publish di situs www.belapendidikan.com dengan kategori esai.

PENDAFTARAN DITUTUP

Note : Update list peserta yang sudah mengirimkan naskah lomba dapat anda lihat disini
Update : tanggal 15 Oktober – 17 November 2018 ( FULL UPDATE)

PENGUMUMAN DAPAT KAMU LIHAT DI LINK BERIKUT :
Pengumuman Juara Lomba Esai Oktober – November 2018


Kolom komentar akan selalu kami buka. Jika ada pertanyaan tentang lomba ini silahkan isi komentar kamu dikolom yang sudah tertera dibawah. Terima kasih atas partisipasinya teman teman. Wassalamualaikum Wr.Wb.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com