Web portal pendidikan – Selamat siang sob, kali ini kita akan bahas tentang lingkungan pendidikan sebagai tripusat pendidikan. Maksudnya gimana yah min ? Maksudnya adalah lingkungan menjadi salah satu pengaruh terhadap perilaku anak. Untuk lebih lengkapnya dapat kita simak dalam artikel berikut ini.

Lingkungan Pendidikan Sebagai Tripusat Pendidikan

Manusia selama hidupnya tidak akan pernah terlepas dari pengaruh keluarga, sekolah, dan masyarakat luas. Sebagai lingkungan pendidikan atau biasa disebut sebagai tripusat pendidikan, yang memiliki pengaruh bervariasi bagi setiap manusia.

Seperti lingkungan keluarga yang merupakan lingkungan pendidikan terpenting bagi seorang anak sejak ia dilahirkan sampai anak mulai masuk taman kanak-kanak ataupun sekolah. Oleh karena itu, tidak heran lagi jika keluarga sering disebut sebagai lingkungan pendidikan yang utama dan pertama bagi si anak.

Pengertian Lingkungan Pendidikan

Lingkungan merupakan salah satu dari Tripusat pendidikan
Lingkungan merupakan salah satu dari Tripusat pendidikan

Namun, sebelum penjabaran yang lebih luas tentang lingkungan pendidikan, terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian dari lingkungan pendidikan itu sendiri. Yang mana, pengertian itu ibarat sebuah pintu bagi ilmu pengetahuan.

Adapun pengertian lingkungan secara umum, sebagaimana yang dikemukakan oleh Muhammad Kosim dalam bukunya Pengantar Ilmu Pendidikan, yaitu segala sesuatu yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, baik berupa lingkungan alam, lingkungan hidup, lingkungan kebudayaan, lingkungan sosial, dan lingkungan lainnya.

Dan secara ringkasnya, lingkungan pendidikan itu adalah latar (tempat) berlangsungnya pendidikan, yang memiliki pengaruh bagi anak dan pertumbuhan si anak, maka peranan lingkungan selain keluarga akan semakin penting meskipun peranan lingkungan keluarga tetap berlanjut.

Dari penjabaran singkat di atas, kita bisa mengambil sebuah benang merahnya yaitu, pendidikan tidak hanya berlangsung di sekolah. Namun, pendidikan juga berlangsung dalam keluarga dan masyarakat.

Di dalam UU RI No. 2 Tahun 1989 tentang Sisdiknas, peranan ketiga tripusat pendidikan itu menjiwai berbagai ketentuan di dalamnya. Pasal 1 Ayat 3 menetapkan bahwa Sisdiknas adalah satu keseluruhan yang terpadu dari semua satuan dan kegiatan pendidikan yang berkaitan satu dengan yang lainnya untuk mengusahakan tercapainya tujuan pendidikan nasional.

[wpspoiler name=”Terkait pendidikan” open=”true” style=”wpui-sevin”]Masih pentingkah pendidikan itu ?
Pendidikan dan budaya
Pentingnya pendidikan karakter bagi anak[/wpspoiler]

Ketentuan mengenai tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat, dan pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan tertuang dalam UU No. 2 Tahun 1989. Dan pendidikan itu baik dalam perencanaannya maupun pelaksanaannya memerlukan pertimbangan yang tepat karena semua itu berpengaruh terhadap hasil pendidikan yang akan diperoleh.

Dan berdasarkan pada perbedaan ciri-ciri penyelenggaraan pendidikan pada lingkungan pendidikan, maka dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Informal, yaitu pendidikan yang terjadi dalam lingkungan keluarga, berlangsung alamiah dan wajar.
  2. Formal, yaitu pendidikan yang dilaksanakan di dalam lingkungan sekolah, dari sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi. Pendidikan tersebut secara sengaja dirancang dan dilaksanakan dengan aturan-aturan yang ketat.
  3. Nonformal, yaitu pendidikan yang dilaksanakan secara sengaja di luar sekolah atau biasa dikenal dengan lingkungan masyarakat (umpamanya kursus dan kelompok belajar), tidak berjenjang dan aturannya lebih longgar.

Nah itulah sedikit ulasan tentang lingkungan pendidikan sebagai bagian Tripusat pendidikan. Apakah kalian sudah paham lingkungan pendidikan bisa menjadi pengaruh bagi tumbuh kembang si anak ? Jika masih ada yang kurang paham silahkan tanyakan di kolom komentar dibawah ini.

Penulis : Nurul Qamaritah
Fb: Nurulqamaritah
email : [email protected]

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com