Langkah Memilih Reksadana Campuran Terbaik Untuk Anda

oleh -17 views
Langkah memilih reksadana campuran terbaik
Langkah memilih reksadana campuran terbaik

Web portal pendidikan – selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini kita akan memberikan ulasan dan langkah memilih reksadana campuran terbaik untuk anda, berikut ulasannya dibawah ini.

Langkah Memilih Reksadana Campuran Terbaik


Jika ditanya Reksadana apa yang menawarkan return optimal, maka salah satu jawabannya adalah Reksadana campuran. Reksadana jenis ini menawarkan berbagai keuntungan kepada para investor, apalagi bagi yang punya profil risiko moderat.

Reksadana campuran punya porsi saham yang naik turun, jadi bisa dibilang untuk tujuan investasi dari instrumen ini lebih terprogram di masa depan. Sangat tepat pula jika Anda memilih investasi dengan program jangka panjang.

Mengapa Reksadana Campuran ?

Reksadana campuran membantu untuk pengalokasian aset sesuai dengan profil risiko dan juga tujuan investasi. Sehingga Anda sebagai investor hanya perlu disiplin untuk penempatan investasi sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya. Lalu apa saja keuntungan yang didapatkan dengan memilih Reksadana jenis ini?

1. Relatif Aman

Jika Anda memilih Reksadana campuran, maka bisa dipastikan bahwa Reksadana jenis ini adalah yang cukup aman. Dikatakan aman jika dibandingkan dengan saham atau Reksadana saham. Reksadana campuran menginvestasikan dana ke 3 instrumen yaitu saham, pasar uang dan surat utang. 

Sehingga dana yang Anda setorkan akan dikelola oleh manajer investasi ke beberapa instrumen sekaligus, untuk mendapatkan return yang lebih optimal. Makanya Reksadana jenis ini memiliki risiko yang lebih rendah dibanding Reksadana saham.

2. Sudah Terdiversifikasi

Reksadana campuran juga sudah terdiversifikasi karena dana Anda diinvestasikan ke beberapa instrumen. Anda tidak perlu lagi pusing untuk mencari atau membentuk portofolio investasi.

Tinggal hanya melakukan penyetoran modal saja. Meski begitu, tetap perhatikan bagaimana risiko dan  cara meminimalisir risiko yang ada.

3. Potensi Return Lebih Besar Dari Reksadana Pendapatan Tetap

Sudah umum diketahui bahwa Reksadana jenis ini memiliki potensi return yang lebih besar jika dibandingkan dengan imbal hasil untuk instrumen Reksadana pendapatan tetap.

Anda bisa lihat dalam setahun, Reksadana campuran akan memberikan imbal hasil sampai 15% pertahun. Namun Anda memahami bahwa Reksadana jenis ini punya risiko yang relatif lebih tinggi pula.

4. Tepat Bagi Investor Moderat

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa Reksadana ini sangat tepat bagi investor dengan profil risiko moderat. Pemilik profil risiko moderat, biasanya menyukai keuntungan yang tinggi dan berani mengambil risiko lebih tinggi pula.

Penempatan investasi untuk instrumen ini memiliki risiko yang cenderung menengah sampai tinggi. Reksadana campuran tidak akan cocok bagi Anda yang memiliki profil risiko konservatif atau lebih menyukai cari aman. Perlu diketahui juga bahwa Reksadana jenis ini punya fluktuasi yang cenderung tinggi.

Anda harus punya nyali besar untuk menghadapi risikonya. Tapi tentu saja tetap sebanding dengan return yang diberikan. 

Jenis Reksadana Campuran

Untuk Anda sebagai investor, maka ada beberapa jenis Reksadana campuran yang bisa dipilih. Berikut akan dijelaskan satu persatu dengan kelebihan yang diberikan untuk setiap jenis Reksadana campuran. 

  1. Defensif

Yang pertama ada jenis defensif. Reksadana campuran defensif ini memiliki keuntungan yang lebih pasti. Dana Anda akan dialokasikan pada beberapa instrumen yaitu pasar uang, surat utang dan saham tentu saja pengalokasiannya maksimal 79%. Dengan risikonya yang rendah, maka sebanding dengan keuntungannya yang relatif tidak tinggi pula.

  1. Berimbang

Dana investasi akan dialokasikan pada jenis ini lebih seimbang. Misalnya dana  dialokasikan pada saham, obligasi dan pasar. Maka porsi untuk pengalokasiannya nanti akan sama rata. Anda yang mempunyai profil risiko di tengah-tengah atau antara menghindari dan berani untuk ambil risiko maka bisa memilih jenis ini.

  1. Dinamis

Reksadana satu ini berpotensi memberikan hasil yang maksimal. Tapi tetap saja Anda harus jeli dalam memilih perusahaan sekuritas. Karena nantinya untung atau tidaknya bisa bergantung pada perusahaan tersebut. 

  1. Agresif

Reksadana campuran agresif memberikan tingkat keuntungan dan risiko yang sebanding. Pada Reksadana jenis ini, dana Anda akan dialokasikan sebesar 70% ke instrumen saham. 

Jadi, sudahkah anda menentukan langkah memilih Reksadana campuran jenis mana yang paling tepat untuk Anda?

Investasi Reksadana Campuran Dengan DBS Treasures

Melakukan investasi Reksadana terbaik untuk instrumen campuran ini, maka Anda harus memilih mitra manajemen kekayaan yang tepat.

Salah satunya yaitu dengan memilih DBS Treasures yang merupakan priority banking. Apa saja keuntungan dengan investasi Reksadana melalui DBS Treasures? 

  • Pengelolaan Investasi Oleh Profesional

Pengelolaan investasi reksadana akan dilakukan oleh manajer investasi professional dan terkemuka yang bermitra dengan DBS Treasures. Alasannya tentu saja untuk mendapatkan keuntungan yang optimal dari kinerja produk yang maksimal.

Apalagi jika Anda memilih investasi ke Reksadana campuran, di mana dana Anda akan dialokasikan ke beberapa instrumen. 

Manajer investasi profesional tentu akan membantu untuk pengalokasian dana lebih baik dengan keuntungan tinggi dan risiko yang relatif rendah. 

  • Panduan Berinvestasi

Panduan berinvestasi untuk para investor tentu saja akan diberikan. Ini merupakan salah satu kelebihan dari DBS Treasures, di mana Anda bisa mendapat dukungan dari tim ahli finansial yang proaktif menganalisis dan mengkomunikasikan risiko, kinerja, serta potensi perkembangan peluang terkini yang telah dipersonalisasi untuk Anda.

Anda yang tidak punya banyak waktu untuk mencari tahu dan analisa pasar terkini, sangat tepat memilih DBS Treasures.

Baca juga : Pilihan investasi yang bisa dilakukan dengan dana satu juta rupiah

Karena Anda akan selalu mendapatkan update peluang pasar paling baru dan telah dianalisis secara mendalam, sehingga Anda dapat yakin dalam mengambil keputusan.

  • Adanya Diversifikasi

Saat melakukan investasi tentu Anda akan memilih jenis investasi yang sudah terdiversifikasi. Begitu pula jika memilih melakukan investasi di DBS Treasures. DBS Treasures melakukan diversifikasi penyebaran dana ke beberapa jenis aset investasi.

Hal ini  untuk menekan risiko yang terjadi di masa akan datang. Sangat cocok dengan pengertian dari Reksadana campuran, dimana pengalokasian dana dilakukan pada beberapa instrumen. 

Kini tentu Anda sudah punya gambaran mengapa Reksadana campuran dapat menjadi pilihan yang tepat. Karena memang bukan hanya karena memberikan imbal hasil yang tinggi, tapi relatif aman dengan diversifikasi atau pengalokasian dana ke beberapa instrumen.

Untuk Anda yang ingin melakukan investasi Reksadana jenis apapun, maka sangat tepat memilih mitra manajemen kekayaan DBS Treasures.


Itulah penjelasan dari artikel “Langkah memilih Reksadana Campuran Terbaik untuk anda. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Kata kunci : Reksadana Campuran, Langkah Memilih Reksadana Campuran

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *