Web portal pendidikan – Kiriman opini kali ini sangat menarik dan bisa menambah pengetahuan kita loh. Opini yang dikirim kali ini adalah keterlihatanku di dalam Hizbul Wathan. Apakah Hizbul Wathan itu ? Mari kita simak ulasan dari teman kita ini.

Keterlihatanku di Dalam Hizbul Wathan ?

Sejauh yang saya ketahui di Indonesia terdapat 3 gerakan kepanduan yang pertama yaitu pramuka yang biasanya terdapat disekolah-sekolah umum, kedua Pandu keadilan (milik PKS) dan yang ketiga yaitu hizbul wathan yang biasanya terdapat di lembaga pendidikan Muhammadiyah.

Hizbul wathan (HW) yaitu organisasi otonom milik muhammadiyah yang berdiri di Yogyakarta pada tahun 1918 yang di prakarsai oleh K.H ahmad dahlan. Mengutip laman Wikipedia, Hizbul wathan di bentuk untuk menyiapkan remaja muhammadiyah agar memiliki mental, fisik, serta berakhlakul karimah.

Hizbul Wathan menurut pengetahuan saya bersifat nasional. Keanggotaan hizbul wathan terbuka untuk segala lapisan masyarakat. Namun untuk non muslim belum pernah saya ketahui apakah ada yang bergabung atau tidak.

Keterlibatanku dengan HW di mulai dari jenjang SMA pada saat aku menuntut ilmu di MA Muhammadiyah 2 malang. Awalnya saya hanya iseng mengikuti ekstrakulikuler HW yang di bina oleh ust. Zainul Ridwan. Tetapi setelah saya ikuti dengan giat saya rasa HW mempunyai banyak manfaat bagi saya. Saya menjadi orang yang lebih mandiri, disiplin dan punya mental lebih kuat.

Tak berselang lama mengikuti Hizbul Wathan saya di panggil oleh Pembina saya untuk didftarkan mengikuti diklat dewan sughli daerah kota malang. Hal ini merupakan pengalaman pertama saya di HW.

Disinilah saya di didik untuk menjadi pandu HW yang kuat fisik dan kuat iman. Pada mulanya saya merasa malas saat mengikuti kegiatan-kegiatan yang cukup melelahkan, tetapi setelah di pikir secara matang, ada banyak hal yang saya peroleh seperti relasi, ilmu, dan pengalaman.

Setelah saya masuk di dewan sugli daerah kota Malang tidak lama saya di beritahu oleh Pembina bahwa dalam waktu dekat ini ada jambore daerah kota malang. Dewan sughli di tuntut untuk menjadi panitia. Mulai dari situ saya dan teman-teman dewan sugli sering rapat untuk mendapatkan hasil maksimal dalam acara jambore daerah kota Malang. Di momen tersebut, saya mendapatkan ilmu yang sangat banyak dan mendapatkan pengalaman yang pertama kalinya dalam menjadi panitia.

Selain menjadi panitia jamda, saya juga pernah menjadi panitia atfal competition se-Indonesia yang di selengggarakan di UMM Malang. Di atfal competition bersama rekan rekan dewan sugli dan para Pembina kompak menjadi panitia untuk menyukseskan athfal competition.

Tugas saya tidak terlalu berat, saya hanya membuat pionering dan menjadi juri lomba pioneering. Tetapi saya sering membantu bagian-bagian lain yang membutuhkan bantuan dan saya menjadi petugas apel penutupan atfal competition  se-Indonesia.

Satu lagi, saya juga pernah menjadi panitia “kemah akbar” akhir tahun yang di adakan oleh MTs-MA Muhammadiyah 2 Malang pada awal tahun 2018 di Bedengan, Kecamatan Dau. Di kemah akbar saya ditugaskan seperti pada saat menjadi panitia jamboree daerah kota Malang yaitu  bagian sie acara. Saya bersama pengasuh/ustadz dan rekan-rekan  OSMA/OSIS ingin menjadikan acara kemah ini sukses.

Hanya saja, kenyataanya ada beberapa acara yang tidak sempurna atau amburadul. Setelah dievaluasi, kami menjadikan hal ini sebagai suatu pelajaran untuk menjadi lebih baik saat menggelar acara serupa tahun.

Dalam waktu dekat ini dewan sughli daerah kota Malang akan mengadakan latihan gabungan yang di adakan di beberapa sekolah muhammadiyah dan di akhiri dengan kemah.

kami berharap acara ini berjalan sesuai rencana dan sukses. Demikianlah kisah keterlibatanku dengan Hizbul Wathan.  Motto saya, “saya akan belajar terus untuk menjadi pandu yang lebih baik”.

Penulis : Bagas ilham Firmansyah
Email : [email protected]
Fb : https://www.facebook.com/bagas.ilham.568

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com