Keberagaman Budaya di Indonesia Begini Penjelasannya

oleh -46 views
Keberagaman Budaya di Indonesia Membawa Berkah Tersendiri, Seperti Inilah Penjelasannya
Keberagaman Budaya di Indonesia Membawa Berkah Tersendiri, Seperti Inilah Penjelasannya

Keberagaman budaya di Indonesia sangat banyak. Hal ini dikarenakan berdasarkan data yang didapatkan dari Badan Pusat Statistik di tahun 2010 menjelaskan bahwa Indonesia mempunyai 1.340 suku bangsa. Sementara itu, salah satu suku yang hampir tersebar di seluruh wilayah Indonesia adalah suku Jawa.

Keberagaman Budaya Di Indonesia, Begini Penjelasannya

Keberagaman Budaya di Indonesia Membawa Berkah Tersendiri, Seperti Inilah Penjelasannya
Keberagaman Budaya di Indonesia Membawa Berkah Tersendiri, Seperti Inilah Penjelasannya

Berdasarkan laporan dari Badan Pusat Statistik, setidaknya populasi suku Jawa mencapai 95,2 juta jiwa atau setara dengan 40% dari populasi keseluruhan warga Indonesia. Sedangkan suku lainnya, seperti Bantik, Una, Wamesa, Lepo Tau, dan juga Halmahera memiliki jumlah populasi tidak lebih dari 10 ribu jiwa.

Baca juga :

Mengingat jumlah suku bangsanya ada banyak, hal ini membuat hasil budaya yang dihasilkan juga semakin bervariasi. Mulai dari jenis tarian, adat istiadat, dan alat musik. Bahkan dalam setiap suku dengan wilayah kabupaten yang berbeda umumnya ada yang memiliki budaya dan kesenian tidak sama.

Penyebab Keberagaman Budaya di Indonesia secara Geografis

Keberagaman Budaya Di Indonesia Secara Geografis
Keberagaman Budaya Di Indonesia Secara Geografis

Dilihat dari segi geografis, banyaknya aneka budaya di Indonesia terjadi karena jumlah suku bangsanya sendiri sangat banyak dan telah tersebar dimana-mana. Masing-masing suku bangsa memiliki karakter tersendiri, mulai dari segi budaya dan sosial sehingga dengan banyaknya perbedaan membuat keanekaragaman budayanya semakin meningkat.

Selain itu, keberagaman lainnya adalah dari segi kepercayaan dan agama. Sejak dahulu kala, berbagai kepercayaan dan agama telah berkembang di Indonesia dan hidup berdampingan dengan damai tanpa konflik. Sehingga hal ini membuat keanekaragamannya semakin banyak, tidak hanya dari segi geografisnya saja, namun kepercayaannya juga banyak.

Singkatnya penyebab keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia bisa terjadi karena beberapa hal di bawah ini:

  1. Kondisinya berbentuk negara kepulauan. Sehingga hal ini membuat budayanya semakin banyak karena berbeda pulau, adatnya juga tidak sama.
  2. Letaknya strategis.
  3. Kondisi alam setiap tempat berbeda.
  4. Alat transportasi dan cara berkomunikasinya berbeda diantara satu suku dengan yang lain.
  5. Penerimaan masyarakat atas adanya perubahan juga sangat berbeda diantara setiap suku bangsa.

Cara Melestarikan Keberagaman Budaya di Indonesia

Melestarikan keberagaman budaya di indonesia
Melestarikan keberagaman budaya di indonesia

Indonesia memiliki adat dan budaya yang sangat kaya, mulai dari Sabang sampai Merauke. Maka dari itu seharusnya adat dan budayanya harus selalu dijaga kelestariannya karena merupakan aset bangsa negara. Untuk itu supaya keanekaragaman budayanya tetap lestari, sebaiknya perhatikan beberapa tips di bawah ini:

  1. Setiap warga harus mau mempelajari budaya yang ada, mulai dengan sekedar mengenalnya saja atau ikut mempraktikkan budaya tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Selalu mengikuti kegiatan pelestarian kebudayaan.
  3. Selalu membimbing dan mengajarkan budaya kepada generasi penerus agar adat budaya Indonesia tidak hilang begitu saja.
  4. Selalu mencintai adat budaya sendiri tanpa merendahkan atau mengabaikan budaya suku lain.
  5. Menghilangkan perasaan malu terhadap kebudayaan sendiri.
  6. Menghilangkan sikap etnosentrisme dan primordialisme.
  7. Mengajarkan adat dan budaya kepada orang lain yang berbeda budaya.
  8. Mempraktikkan pemakaian adat budaya tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan mempraktikkan budaya berbahasa. Misalnya untuk orang Jawa memiliki beberapa tingkatan bahasa yang digunakan untuk orang yang lebih dewasa (dihormati) dan orang yang lebih muda.

Manfaat Keberagaman Budaya di Indonesia 

Manfaat keberagaman budaya di indonesia
Manfaat keberagaman budaya di Indonesia

Keanekaragaman adat dan budaya Indonesia merupakan jati diri bangsa. Sehingga hal ini membuat bangsa Indonesia semakin terlihat unik karena bisa rukun dalam 1 negara meski budayanya berbeda-beda. Di bawah ini adalah manfaat keanekaragaman budaya yang terdapat di Indonesia, antara lain:

  1. Dengan banyaknya bahasa daerah membuat bangsa Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa seperti lambang Bhineka Tunggal Ika.
  2. Dengan membuat keberagaman budaya tetap lestari, hal tersebut efektif dijadikan sebagai magnet pariwisata hingga ke mancanegara. Maka dari itu menjaga peninggalan zaman dahulu seperti tarian, bangunan, bahasa, artefak, dan budaya di Indonesia bisa dijadikan sebagai objek wisata terbaik untuk menari para wisatawan domestik dan mancanegara.

Jadi, banyaknya keberagaman budaya di Indonesia membuat pendapatan negara semakin meningkat. Itu dikarenakan dengan banyaknya festival budaya yang digelar di berbagai daerah membuat para wisatawan asing semakin tertarik untuk mengenalnya. Sehingga hal ini membuat peluang untuk bisa dikenal di kancah internasional semakin terbuka lebar.

Artikel ditulis oleh @shinta dengan judul artikel keberagaman budaya di indonesia begini penjelasannya . Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *