Web portal pendidikan – Selamat pagi sobat belapendidikan, artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yakni Istilah dalam kamus astronomi Pada bagian kedua dapat kalian baca dibawah ini.

Istilah Dalam Kamus Astronomi Bagian Kedua C – Z


Artikel sebelumnya kami tulis dari abjad urutan A hingga urutan B, dan pada kali ini saya akan melanjutkan kembali bagian C hingga Z, yaitu sebagai berikut.

Istilah Dalam Kamus Astronomi Bagian Kedua (HURUF C)


C

Centaurus: 

Rasi berbentuk setengah manusia dan setengah kuda yang berada di belahan langit Selatan. Rasi ini berada sangat dekat dengan rasi Crux. Dua kakinya, dua bintang paling terang di rasi ini yaitu bintang Alfa dan Beta Centauri, menunjuk rasi Crux di sebelah Baratnya.

Cepheid: 

Nama turunan dari rasi Cepheus. Nama rasi ini terkenal karena bintang variabel Cepheid yang menjadi salah satu andalan dalam menentukan jarak galaksi yang jauh. Bintang variabel ini memiliki keteraturan dan hubungan antara luminositas dengan periode variabilitasnya.

Ceres:

Nama sebuah planet kita yang terletak di sabuk Asteroid (antara Mars dan Jupiter). Awalnya, Ceres dikelompokkan sebagai asteroid. Namun berubah menjadi planet katai sejak Agustus 2006.

Crux: 

Rasi berbentuk salib/layang-layang yang berada di belahan langit selatan. Rasi ini menjadi salah satu penunjuk arah selatan yang cukup akurat. Rasi ini dapat diamati setelah Matahari terbenam pada bulan Maret hingga September.

Istilah Dalam Kamus Astronomi (HURUF D)


D

Daqo’iq Ta’dil Ayyam:

Pengkoreksian terhadap jumlah hari agar didapati suatu hari terjadinya ijtima’ yang sebenarnya.

Deklinasi: 

Salah satu besaran dalam Koordinat Ekuatorial yang mendefinisikan jarak antara Ekuator langit ke benda langit. Nilainya adalah dari  -90° hingga 90°.

Dair:

Busur sepanjang lingkaran Harian benda Langit yang dihitung dari Ufuk sampai benda Langit yang bersangkutan.

Daqaiqu At-Tamkiniyah:

Tenggang waktu yang diperlukan Matahari sejak piringan atasnya menyentuh Ufuk Hakiki hingga terlepas dari ufuk Mar’i.

Diagram garpu tala: 

Diagram yang menunjukkan pengelompokan galaksi berdasarkan bentuknya. Diagram ini dibuat oleh Edwin Hubble.

Diagram HR: 

Diagram Hertzsprung-Russel, yaitu diagram yang menunjukkan sebaran bintang berdasarkan luminositas dan temperaturnya.

Istilah Dalam Kamus Astronomi (HURUF E)


E

Efek Doppler: 

Perubahan panjang gelombang suatu sumber pemancar gelombang yang dideteksi apabila sumber tersebut bergerak relatif terhadap pengamat.

Pada pengamatan spektrum bintang/galaksi yang bergerak, kita akan melihat pergeseran panjang gelombang ke arah merah jika benda itu menjauhi kita dan pergeseran ke arah biru jika benda itu mendekati kita.

Ekuator langit: 

Garis imajiner yang membagi langit menjadi dua bagian sama besar, yaitu belahan langit utara dan selatan. Garis ini merupakan perluasan dari garis ekuator/khatulistiwa hingga memotong bola langit.

Ekliptika (منطقة البروج): 

Bidang orbit Bumi mengelilingi Matahari. Bidang ini membentuk sudut sebesar 23,5° (keterangan lain sebesar 66,5¤) dengan Ekuator langit. Dapat juga dikatakan sebagai lintasan semu Matahari selama Satu tahun di langit.

Elips: 

Suatu kurva tertutup yang memiliki dua buah titik pusat (disebut titik fokus). Kurva semacam ini dapat dihasilkan dari mengiris sebuah kerucut dengan sudut irisan antara 0 hingga sudut kemiringan sisi kerucut.

Kelonjongan sebuah elips dinyatakan dengan nilai eksentrisitas antara 0 dan 1. Eksentrisitas 0 akan memberikan lingkaran, 1 berarti parabola, dan lebih dari 1 berarti hiperbola.

Elongasi: 

Sudut yang dibentuk antara Matahari, Bumi, dan suatu objek langit (bintang, satelit, planet, atau lainnya).

Equinox: 

Berarti panjang siang yang sama dengan panjang malam. Terjadi 2 kali dalam setahun, yaitu di sekitar tanggal 21 Maret dan 23 September.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi belapendidikan.com