Investasi Dengan Dana Terbatas, Pilih Investasi Reksadana

oleh -15 Dilihat
Investasi dengan dana terbatas pilih investasi reksadana
Investasi dengan dana terbatas pilih investasi reksadana

Web portal pendidikan – Selamat pagi sobat keluhkesah.com, kali ini kita akan membahas cara investasi dengan dana terbatas, ya dimana lagi kalo bukan investasi Reksadana.

Investasi Dengan Dana Terbatas


Apakah anda memiliki dana yang terbatas tapi tetap ingin investasi dengan keuntungan yang besar? Tenang saja, semua hal itu dapat terwujud dengan melakukan investasi Reksadana. Reksadana merupakan sebuah alternatif bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan dana kecil dan merupakan pemula di dunia investasi. 

Pengertian Reksadana

Bagi para pemula tentu penasaran dengan investasi Reksadana. Reksadana merupakan sarana investasi yang memang dirancang dengan sistem kerja yaitu menghimpun dana dari masyarakat sebagai pemodal. Dimana masyarakat yang ingin berinvestasi ini rata-rata tidak punya banyak waktu untuk mengelola investasinya dan pengetahuannya cukup minim seputar investasi. 

Adapun Reksadana dikelola oleh manajer investasi profesional dalam portofolio efek. Manajer investasi ini yang akan membantu anda untuk mendapatkan keuntungan atau imbal hasil dari dana yang diinvestasikan. Semua dana yang dikelola oleh manajer investasi adalah dana bersama dari para pemodal. 

Baca juga : Langkah Memilih Reksadana Campuran

Jenis Investasi Reksadana


Investasi Reksadana dibagi menjadi empat instrumen investasi. Berikut ini akan dijelaskan keempatnya. 

  1. Reksadana Pasar Uang

Merupakan jenis investasi Reksadana, di mana dana yang diinvestasikan oleh anda sebagai investor akan disetorkan pada deposit Sertifikat Bank Indonesia dan juga obligasi. Reksadana pasar uang memiliki bunga yang bergantung pada kondisi pasar uang pula. 

Reksadana pasar uang ini dinilai cukup efektif karena lebih aman dan lebih stabil. Anda juga bisa memilih jangka waktu jatuh tempo yang cepat yaitu kurang dari 1 tahun. 

  1. Reksadana Pendapatan Tetap

Kemudian ada Reksadana pendapatan tetap, yang merupakan jenis Reksadana dengan menginvestasikan dana kurang dari 80% dari aktiva.

Dana anda akan diinvestasikan dalam bentuk efek utang atau obligasi. Reksadana pendapatan tetap memiliki return yang cukup stabil namun jika dibandingkan dengan reksadana pasar uang punya risiko yang lebih besar. 

  1. Reksadana Campuran

Seperti namanya, instrumen investasi Reksadana jenis ini memang mengalokasikan dana yang diinvestasikan oleh pemodal dalam portofolio yang bervariasi. Umumnya dana anda akan diinvestasikan dalam bentuk saham dan dikombinasikan dengan obligasi. 

Mengapa pengkombinasian beberapa jenis instrumen investasi ini dilakukan? Alasannya tentu saja karena reksadana campuran punya sifat yang moderat sehingga Anda bisa mendapatkan return yang relatif lebih tinggi. Bahkan jika dibandingkan dengan Reksadana pendapatan tetap, tingkat pengembaliannya jauh lebih tinggi Reksadana campuran ini. 

  1. Reksadana Saham

Investasi Reksadana untuk pasar saham akan menempatkan dana Anda minimal 80% dari aktiva, bentuknya adalah efek ekuitas.  Jadi bisa dibilang investasi jenis ini punya keuntungan yang paling  tinggi, dibanding ketika instrumen sebelumnya. 

Tapi perlu diingat bahwa ketika mendapatkan return yang tinggi maka risiko yang akan didapatkan lebih tinggi pula. Atau istilahnya high risk high return

Keuntungan Investasi Reksadana

Untuk Anda yang memiliki dana serba terbatas, investasi Reksadana merupakan jenis investasi yang paling cocok dipilih. Beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan.

  • Keuntungan tinggi, perlu diketahui jika memilih Reksadana maka anda akan mendapatkan keuntungan yang tinggi pula. Jumlahnya bisa sampai 20% pertahun secara rata-rata. Jika anda ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi maka bisa pilih reksadana jenis instrumen saham. 
  • Investasi terjangkau, melakukan investasi dengan Reksadana anda tidak membutuhkan dana yang besar. Bahkan bisa dibilang relatif sangat kecil. Anda bisa melakukan investasi secara online dengan dana minimal 100 ribu saja.
    • Diversifikasi risiko, investasi Reksadana menawarkan kelebihan yaitu diversifikasi risiko karena memang dana investor disebar pada berbagai instrumen. Jadi jika terjadi risiko, maka tidak semua investasi bisa turun anjlok secara bersamaan. Diversifikasi tidak akan bisa dilakukan jika anda merupakan investor individu karena keterbatasan dana yang diinvestasikan. 

Cara Investasi Reksadana Dengan digibank by DBS

cara investasi reksadana dengan digibank
cara investasi reksadana dengan digibank

Untuk melakukan investasi Reksadana, tentu saja bisa dilakukan secara online. Aplikasi yang sangat direkomendasikan adalah digibank by DBS. Dimana memberikan kemudahan ditengah keterbatasan dengan investasi memanfaatkan smartphone saja. 

Berikut cara investasi Reksadana digibank by DBS. 

  • Pertama sekali harus memiliki aplikasi digibank by DBS. 
  • Kemudian lakukan registrasi nomor SID, tunggu email konfirmasi maksimal 2 x 24 jam. 
  • Pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui profil risiko anda. 
  • Masuk ke menu “Reksadana”. Lalu Anda bisa melakukan pembelian Reksadana, jual, beli dan juga switching hanya lewat satu aplikasi digibank by DBS. 

Adapun keuntungan investasi Reksadana lewat digibank by DBS adalah sebagai berikut. 

  • Pembelian berkala

Pembelian Reksadana kapan saja dan dimana saja bisa dilakukan secara berkala. Tentu saja lebih fleksibel karena terjangkau dan seluruhnya dilakukan secara online.  

  • Mulai dari Rp 100 ribu

Di tengah keterbatasan anda tetap bisa melakukan investasi reksadana. Modal yang anda keluarkan minimal Rp100 ribu. 

Baca juga : Pilihan Investasi Yang Bisa Dilakukan Dengan Dana Satu Juta Rupiah

  • Daftar SID, jual, beli & switch semua di aplikasi, 

digibank by DBS merupakan cara investasi Reksadana paling mudah. Anda bisa melakukan daftar SID, jual beli Reksadana hingga switching hanya dengan aplikasi digibank by DBS. 

  • Pilihan lebih dari 50 produk reksadana

Ada lebih dari 50 kategori produk yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. 

  • Pilihan kategori untuk pemula

Untuk para pemula tentu masih bingung memilih instrumen Reksadana apa yang memberikan keuntungan paling tinggi. Anda bisa memilihnya berdasarkan tiga kategori yaitu kinerja terbaik, populer dan juga scoring terbaik. 

Itu tadi penjelasan seputar investasi Reksadana yang tentu saja sangat terjangkau dan cocok bagi anda pemilik modal minim serta investor pemula. Cara termudah untuk melakukan investasi dengan Reksadana yaitu melalui aplikasi digibank by DBS

digibank by DBS merupakan sajian lengkap investasi ala rumah makan Padang. Dapatkan informasi lengkap mengenai Reksadana dengan download digibank app atau follow digibank IG. 


Itulah penjelasan lengkap mengenai investasi dengan dana terbatas, dengan memilih investasi reksadana. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *