Seperti Inilah Pengertian Seni, Contoh seni, dan Fungsinya

oleh -34 views
Seperti inilah pengertian seni, contoh seni dan fungsinya
Seperti inilah pengertian seni, contoh seni dan fungsinya

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai pengertian seni, contoh seni dan fungsinya. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini.

Pengertian Seni, Contoh Seni dan Fungsinya


Kata seni tentunya sudah bukan hal yang asing lagi dalam kehidupan sehari-hari karena berkaitan dengan kehidupan para masyarakat saat ini. Kesenian itu sendiri merupakan salah satu cara untuk menambah keindahan sehingga bisa memberikan manfaat bagi orang banyak.

Itulah kenapa kata seni telah menjadi bagian hidup orang selama ini. Maka dari itu, supaya bisa mengenalnya lebih jauh, maka berikut akan kami kupas tentang pengertian dari seni, contoh, dan fungsinya lebih jauh di bawah ini:

Pengertian Seni secara Umum


Secara umum, seni merupakan semua hal yang dibuat sendiri oleh manusia dan memiliki unsur keindahan. Sehingga siapa saja yang melihatnya pasti perasaannya langsung bangkit. Itulah kenapa melihat dari definisinya tersebut, seni merupakan salah satu produk keindahan yang dapat memberikan kesenangan kepada seseorang.

Dalam bahasa sansekerta sendiri,  kata seni disebut juga dengan “Sani” yang mana artinya adalah pemujaan atau persembahan. Sedangkan menurut masyarakat umum, seni tersebut berkaitan dengan upacara adat dan keagamaan (kesenian daerah) yang dilakukan oleh orang-orang.

Menurut Padma Pusphita, kata seni itu berasal dari, “Genie”. Ini adalah bahasa Belanda yang artinya genius (bahasa latin). Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa pada dasarnya seni itu merupakan kemampuan seseorang sejak lahir yang mengagumkan, sehingga disebut juga dengan bakat.


Pengertian Seni Menurut Ahlinya

Pengertian seni menurut ahlinya
Pengertian seni menurut ahlinya

Kata seni telah menjadi hal yang sangat melekat erat ke dalam seni kehidupan masyarakat saat ini. Karena arti kata seni tersebut mulai berkembang dari waktu ke waktu, sehingga hal ini membuat para ahli mulai menerjemahkannya ke dalam beberapa pengertian berikut ini:

  1. Menurut Aristoteles, seni adalah sebagai bentuk dan cara untuk mengungkapkan sesuatu yang berkaitan dengan fakta. Jadi bisa dibilang seni merupakan kegiatan untuk meniru alam.
  2. Menurut Alexander Baum Garton,, seni itu termasuk keindahan yang dibuat agar memberikan dampak positif supaya penikmatnya merasa bahagia ketika menikmati seni tersebut.
  3. Menurut Immanuel Kant, seni adalah impian seseorang karena tidak bisa mengikhriarkan fakta.
  4. Menurut Ki Hajar Dewantara, seni adalah hasil dari keindahan yang bisa menggerakkan perasaan penikmatnya. Sehingga dari kegiatan seni itu bisa memberikan rasa indah dan bahagia bagi penikmatnya.
  5. Menurut Sudarmaji, seni itu segala manifestasi pengalaman dan batin seseorang dalam memanfaatkan berbagai macam media seperti garis, warna, volume, tekstur, dan juga terang gelap.
  6. Menurut James Murko, seni adalah penjelasan dari keindahan yang berasal dari jiwa manusia. Jadi seni tersebut hadir karena adanya alat komunikasi yang bisa dirasakan oleh indra pendengar dan penglihatan. Itulah sebabnya pilihannya ada banyak, yaitu seni suara, seni lukis, seni drama, dan seni tari.
  7. Menurut Hilary Bel, seni itu merupakan semua karya yang bisa mengunggah hati seseorang menjadi penasaran penciptanya.
  8. Menurut Leo Tolstoy, seni itu ungkapan dari perasaan penciptanya supaya hasilnya bisa dirasakan oleh pembuatnya tersebut.
  9. Menuerut Ensiklopedia Indonesia, seni itu ciptaan yang memiliki keindahan tersendiri sehingga membuat semua orang merasa senang saat menikmatinya.
  10. Menurut Drs. Popo Iskandar, seni itu ungkapan emosi yang ingin disampaikan oleh penciptanya kepada orang lain.
  11. Menurut Eric Ariyanto, seni itu termasuk kegiatan rohani berbentuk karya sehingga bisa membangkitkan perasaan penikmatnya saat melihat atau mendengarkan hasil karya seni tersebut.

Baca juga : Pengertian kesenian menurut para ahli

Contoh Seni dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh seni dalam kehidupan sehari hari
Contoh seni dalam kehidupan sehari hari

Contoh seni itu ada banyak dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu berikut ini akan kami berikan beberapa contoh seni yang bisa diambil dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan jenis seninya di bawah ini:

  1. Menurut fungsinya, seni rupa itu terbagi menjadi 2 bagian yaitu bersifat murni dan terapan. Contoh dari seni rupa yang murni adalah seni pembuatan patung, luksan, grafika, dll. Sementara yang termasuk contoh seni rupa terapan itu  meliputi seni kerajinan tangan seperti seni lipat, renda, dan bordir. Kemudian ada lagi seni reklame (pembuatan poster, spanduk, iklan), dan juga seni dekorasi.
  2. Ada lagi contoh seni lainnya yaitu seni musik yang meliputi musik jazz, klasik, bosa, pop, rock, tradisional, dll. Selain beberapa contoh di atas, masih ada lagi contoh seni musik lainnya seperti karya sastra, puisi, dll.
  3. Contoh lainnya dari seni audio visual art yaitu film, drama teater, dan juga pertunjukan musik. Dimana nantinya bisa berfungsi memberikan perasaan senang, haru, sedih ketika melihat pertunjukan yang ada di film.
  4. Contoh seni sastra adalah puisi dan prosa. Yaitu sebuah seni yang terdiri atas bahasa lisan dan tulisan. Sehingga penikmatnya pasti akan merasa senang setelah menikmati hasil karya seni berupa lisan dan tulisan tersebut.

Baca juga : Belajar mengenal seni rupa dan contohnya

Fungsi Seni Berdasarkan Kategorinya

Fungsi seni berdasarkan kategorinya
Fungsi seni berdasarkan kategorinya

Seni itu mempunyai banyak fungsi yang bermanfaat bagi orang banyak. Di bawah ini adalah macam-macam fungsi dari seni menurut kategorinya, antara lain:

  1. Berdasarkan fungsinya sebagai individu, maka seni bisa dijadikan untuk pemenuhan kebutuhan pribadi meliputi kebutuhan fisik. Sehingga dari sinilah maka seni bisa dijadikan sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan emosional seseorang lewat karya seni dalam mengekspresikan sesuatu.
  2. Menurut fungsinya sebagai pemenuh kebutuhan sosial, maka fungsi seni tersebut bisa digunakan sebagai fungsi keagamaan, religi, rekreasi/ hiburan, pendidikan, kesehatan, artistic, fungsi guna, dan juga komunikasi antar sesama.
  3. Sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan emosional, maka seni tersebut digunakan untuk menunjukkan perasaan seseorang ketika sedang marah, sedih, senang, cinta, benci, haru, dll. Jadi dengan seni inilah seseorang bisa memperlihatkan perasaannya kepada orang lain secara estetika.
  4. Untuk media pendidikan, maka seni itu terbagi menjadi 3 macam. Yaitu pendidikan formal, non formal, dan juga informal. Dengan adanya seni inilah membuat seseorang bisa belajar tentang nilai-nilai serta ilmu pengetahuan menggunakan teknik yang menyenangkan. Karena bisa digunakan untuk mengekekspresikan diri.
  5. Seni juga bisa dijadikan sebagai media informasi. Caranya sangat mudah, karena bisa dilakukan dengan membuat poster dengan nilai seni tinggi. Dimana di dalamnya bisa berisi tentang bahaya narkoba, informasi seputar program pemerintah, dan menjelaskan tentang pentingnya melakukan imunisasi.
  6. Seni juga bisa digunakan untuk media hiburan yang isinya berupa seni untuk mengekspresikan diri secara pasif dan aktif. Dari sinilah nantinya para seniman bisa menikmati sekaligus mengekspresikan perasaannya, berupa marah, senang, terharu, dan juga karyanya disukai oleh orang lain.
  7. Orang yang merasakan seni akan merasa terhibur ketika mendengarkan atau menikmati karya seni. Entah itu berupa lukisan, bioskop, konser musik, dan masih banyak contoh karya seni yang lainnya.

Baca juga : Penjelasan macam macam seni

Jadi itu tadi adalah beberapa penjelasan tentang pengertian dari seni dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya seni itulah bisa membuat perasaan seseorang menjadi berubah karena bisa dinikmati secara langsung, mulai dari indra pendengar hingga indra penglihatan.

Nah itulah penjelasan dari artikel kita dengan judul “pengertian seni, contoh seni dan fungsinya. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Kata kunci : pengertian seni, contoh seni dan fungsi seni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *