Web portal pendidikan – Halo sahabat intelektual, pada kesempatan yang bahagia ini portal pendidikan akan memberikan tips agar dapat beasiswa ke luar negeri dan perhatikan motivation letter ini. Berikut ulasannya dapat saya bagikan dibawah ini.

Ingin Dapat Beasiswa Ke Luar Negeri ?
Perhatikan Motivation Letter Ini

ingin dapat beasiswa ke luar negeri
ingin dapat beasiswa ke luar negeri

Biaya pendidikan semakin mahal dari waktu ke waktu, khususnya jika belajar ke perguruan tinggi swasta atau bahkan ke luar negeri. Maka untuk bisa lulus dibutuhkan uang sampai ratusan juta rupiah. Untuk itu solusinya adalah beasiswa.

Beasiswa sangat diharapkan bagi masyarakat yang ekonomi menengah ke bawah, dengan adanya program beasiswa, artinya masih ada harapan untuk anak anda belajar ke perguruan tinggi swasta / negri bahkan sampai ke luar negeri.

Dengan beasiswa anda mendapatkan keringanan biaya kuliah, bahkan terkadang bisa gratis juga karena dibiayain oleh lembaga atau Universitas secara penuh. Tentunya hal ini sangat menggiurkan sekali. Hanya saja untuk mendapatkan beasiswa itu tidak mudah ! Anda harus bersaing dengan jutaan orang yang pandai juga diluar sana.

Selain itu, biasanya beberapa lembaga memberikan persyaratan khusus yang wajib dipenuhi oleh peserta. Yaitu motivation letter (surat motivasi). Ini adalah surat pernyataan yang berisi tentang pribadi, minat, kondisi dan motivasi peserta kenapa ingin mendapatkan beasiswa.

Jadi, cara penulisannya tidak boleh ngasal. Maka dari itu supaya peluang keberhasilan meraih beasiswa ke luar negeri berhasil, sebaiknya simak triknya di bawah ini. Yaitu cara membuat motivation letter dengan benar, antara lain.

#1 Penuhi Persyaratannya

Ingat, ketika mengajukan beasiswa, nilai rata rata atau IPK itu bukanlah segalanya. Karena setiap pemberi beasiswa selalu mempunyai kriteria khusus yang wajib dipenuhi oleh peserta. Misalnya seperti kemampuan berbicara didepan khalayak umum, jiwa kepemmpinan, cara mereka memecahkan masalah, dan lain lain.

Bila anda ingin berhasil, tunjukan skill yang merekat erat dalam diri anda supaya pemberi beasiswa langsung tertarik dengan motivation letter tersebut. Sebisa mungkin perlihatkan kelayakan menerima beasiswa, namun jangan menyebutkan hal hal yang tidak penting. Misalnya biografi orangtua dan kondisi ekonomi keluarga.

Beberapa hal tersebut justru akan membuat rasa simpatik pemberi beasiswa langsung pudar. Yang pasti selalu perhatikan sisi originalitas suratnya. Jangan pernah menyalin motivation letter orang lain, karena itu akan membuat anda didiskualifikasi. Tulis surat berdasarkan ide yang muncul untuk memperlihatkan inner beauty anda lewat tulisan.

Jika anda merasa sangat kesulitan membuatnya, tidak ada salahnya meminta bantuan teman yang sebelumnya pernah mendapatkan beasiswa dari lembaga tersebut. Cara ini jauh lebih baik daripada anda menyalin (plagiat) surat orang lain dari internet. Karena itu pasti akan ditolak.

#2 Tulis Data Diri Yang Padat Singkat

Supaya lebih dikenal oleh pemberi beasiswa, tulis data diri dengan singkat dan padat. Sedangkan untuk penulisan minat (passion), harus tetap berkaitan dengan beasiswanya. Jadi cek pemilihan katanya dengan baik. Semuanya harus sesuai dengan EYD agar pemberi beasiswa lebih mudah memahami isi suratnya.

Untuk itu pastikan pemakaian struktur kalimatnya harus tepat dan jelas. Jangan pernah menggunakan kalimat yang berlebihan dan bertele tele. Justru contoh kalimat tersebut membuat pembacanya menjadi bingung. Jadi pakai paragraf kalimat dengan baik, mulai dari pengenalan hingga isi.

Baca juga : Tips untuk pejuang CPNS

Sehingga informasi yang disampaikan tidak rancu (beda paragraf, beda isi) dibagian paragraf isi, sebaiknya mengupas jenjang motivasi, pengalaman, visi, harapan dan misi bila berhasil mendapatkan beasiswa tersebut. Sedangkan dibagian penutup berisi dengan kesimpulan.

#3 Perhatikan Jenis Beasiswanya Dan Sebutkan Prestasi

Supaya peluang diterima semakin besar, tambahkan informasi seputar pengalaman dan prestasi yang pernah diraih pada paragraf isi. Misalnya riwayat kepanitiaan, organisasi, volunteer, dan kontribusi anda melakukan kegiatan sosial. Tulis dengan lengkap tapi harus jujur.

Kejujuran ini penting sekali untuk menghindari kesan berlebihan. Karena terlihat terlalu berlebihan justru akan membuat pemberi beasiswa merasa ragu dengan surat motivasinya. Namun dengan menuliskan pengalaman dan prestasi itu, bisa memberikan poin plus tersendiri supaya pemberi beasiswa yakin anda orang yang tepat.

Baca juga : Apakah harus “Skripsi” untuk mendapatkan gelar sarjana

Namun meskipun begitu, sebaiknya sesuaikan motivation letter dengan jenis beasiswanya. Umumnya pemberi beasiswa selalu mewajibkan kandidatnya mengikuti serangkaian event yang digelar. Misalnya saja untuk penerima beasiswa Djarum yang harus mengikuti seminar dan kegiatan outbound. Tujuannya adalah agar jiwa kepemimpinan dan solidaritas meningkat.

Apapun kegiatannya, anda harus menjalaninnya dengan baik. Karena bila anda sampai melanggar, biasanya akan ada konsekuensinya. Yaitu beasiswa langsung dicabut oleh mereka. Maka dari itu selalu perhatikan jenis beasiswanya sebelum mendaftar supaya tidak kaget dengan aturannya.

#4 Jelaskan Kelayakan Anda Mendapat Beasiswa

Buat motivation letter yang bisa meyakinkan pemberi beasiswa supaya mereka percaya bahwa anda memang layak untuk mendapatkannya.Maka dari itu jangan lupa tulis informasi tentang kelayakan diri di bagian paragraf isi. Sebutkan kontribusi apa saja yang akan anda lakukan bila diterima.

Tulis semua hal yang bersifat positif supaya kesempatan mendapatkan beasiswa semakin besar. Karena bila anda menuliskan hal hal negatif, ini bisa memperkecil peluang meraih beasiswa karena dianggap pesimis dalam mewujudkan mimpi. Bila motivation letter sudah dibuat, selanjutnya penuhi dokumennya.

Semua dokumen harus lengkap bila ingin mendapatkan beasiswa. Selain itu jangan lupa berdoa. Ingat anda tidak mungkin bisa sukses tanpa bantuan Tuhan. Maka dari itu imbangi ikhtiar dengan do’a bila ingin mimpi meraih beasiswa ke luar negeri terwujud.

Artikel ditulis oleh @author dengan judul artikel ingin dapat beasisiswa ke luar negeri ? perhatikan motivation letter ini. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com