Informasi Lengkap Daftar LPDP untuk Mahasiswa Indonesia

oleh -39 Dilihat
Informasi lengkap daftar LPDP untuk mahasiswa indonesia
Informasi lengkap daftar LPDP untuk mahasiswa indonesia

Keluhkesah.com – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini kami akan membahas sedikit banyaknya informasi mengenai daftar LPDP untuk mahasiswa Indonesia. Adapun ulasannya dapat kami sampaikan dibawah ini.

Informasi Lengkap Daftar LPDP Untuk Mahasiswa Indonesia


Melanjutkan kuliah di luar negeri menjadi salah satu hal yang paling banyak dicari bagi mereka yang sudah menempuh pendidikan tinggi di Indonesia. Hal tersebut terjadi, karena kualitas pendidikan di luar negeri jauh lebih baik, dan juga untuk mendapatkan pengalaman belajar baru yang belum ada atau tidak ditemukan di Indonesia.

Untuk mengakomodir hal tersebut, pemerintah Indonesia memiliki program Beasiswa LPDP yang dananya berasal dari Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). Dana ini dikelola oleh Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) yang tujuannya untuk membiayai pendidikan pada program magister atau program doktor di perguruan tinggi yang ada di dalam negeri dan juga di luar negeri.


Macam-Macam Beasiswa LPDP


Ada beberapa jenis beasiswa LPDP yang bisa diajukan bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di Indonesia. Beasiswa Afirmasi misalnya, merupakan beasiswa yang terdiri dari Beasiswa Berkebutuhan Khusus, kemudian Beasiswa Daerah, Beasiswa Prasejahtera, dan juga Beasiswa Santri. Kemudian ada juga Beasiswa Targeted yang ditujukan kepada PNS, TNI, Polri, dan juga Wiraswasta.

Kemudian ada juga jenis beasiswa reguler, kemudian beasiswa Perguruan TInggi Utama Dunia (PTUD), dan juga Beasiswa Co-funding. Untuk beasiswa ini ditujukan kepada mereka yang menempuh pendidikan magister dan juga doktor yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke luar negeri. Banyak peminat dari beasiswa ini yang kemudian sukses.


Syarat Mendaftar Beasiswa LPDP


Ada juga yang dinamakan dengan Beasiswa Kolaborasi, yang mana Beasiswa ini adalah beasiswa yang diberikan kepada mereka yang terkait dengan program dari Kemendikbud seperti misalnya guru dosen, tenaga pendidik, dan juga bagi siswa yang berprestasi. Semua masyarakat Indonesia berpeluang untuk bisa mendapatkan beasiswa yang disebutkan tadi dengan memenuhi syarat tertentu.

Berikut ini adalah syarat untuk mendapatkan Beasiswa LPDP:

  1. Mendaftarkan diri anda secara online sebagai syarat LPDP dengan mengunjungi laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  2. Melengkapi semua dokumen yang ada pada aplikasi pendaftaran
  3. Pastikan anda mendapatkan kode registrasi setelah melakukan pendaftaran
  4. Anda harus memastikan bahwa dokumen pendukung yang diunggah seperti misalnya Surat Rekomendasi, kemudian Surat Keterangan yang dibuat pada tahun 2022.

Selain syarat umum di atas, ada beberapa syarat khusus yang juga harus anda penuhi untuk bisa mendapatkan beasiswa LPDP. syarat tersebut adalah:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Lulus dari Program D4/S1 atau S2 dari Perguruan TInggi yang memiliki akreditasi
  3. Tidak sedang menempuh studi degree/non-degree baik S2 maupun S3
  4. Tidak sedang mendaftar, menerima, atau akan menerima beasiswa lain
  5. Program studi dan perguruan tinggi tujuan kamu sesuai dengan ketentuan LPDP
  6. Apabila kamu merupakan lulusan universitas luar negeri maka kamu harus melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK
  7. Melengkapi profil pendaftaran
  8. Menandatangani surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran
  9. Menuliskan komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi setelah menyelesaikan
  10. Pendaftar program S-3 maka kamu wajib menulis proposal penelitian
  11. Menulis tautan atau riwayat publikasi ilmiah (apabila ada)

Proses Seleksi dari pendaftaran beasiswa LPDP tersebut dilakukan secara daring, luring dan juga gabungan (hybrid). Pendaftar harus memilih kota yang menjadi tempat seleksi yang disediakan oleh LPDP.

  1. Jadwal Seleksi dari LPDP ini terdiri dari Tahap 1 dan juga Tahap 2
  2. Jadwal Seleksi Tahap 1:
  3. Pendaftaran Beasiswa: Februari – Maret 2023
  4. Seleksi Administrasi: Maret – April 2023
  5. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: April 2023
  6. Seleksi Bakat Skolastik: April 2023
  7. Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik: April 2023
  8. Seleksi Substansi: Juni – Juli 2023
  9. Pengumuman LPDP Hasil Seleksi Substansi: Juli 2023
  10. Jadwal Seleksi Tahap 2:
  11. Pendaftaran Beasiswa: Juli – Agustus 2023
  12. Seleksi Administrasi: Agustus 2023
  13. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: Agustus 2023
  14. Seleksi Bakat Skolastik: Agustus – September 2023
  15. Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik: September 2023
  16. Seleksi Substansi:September – November 2023
  17. Pengumuman LPDP Hasil Seleksi Substansi: November 2023

Dalam proses seleksi LPDP sebagai rangkaian daftar LPDP ini, anda akan melalui setidaknya 3 tahap tes yang ada. Tes pertama adalah pemeriksaan administrasi, kemudian tes bakat skolastik, dan juga seleksi substansi seperti misalnya tes wawancara.


Informasi seputar Daftar LPDP


Berikut ini adalah informasi seputar daftar LPTP yang harus anda ketahui sebelum mulai mendaftar:

  • Setiap peserta diberikan kesempatan untuk bisa kembali mendaftarkan diri jika sudah 2 kali gagal dalam seleksi beasiswa LPDP ini
  • Dalam tes wawancara, bahasa yang digunakan tergantung dari pihak pewawancara. Bisa menggunakan bahasa Inggris sepenuhnya, atau justru wawancara dilakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia
  • Peserta Beasiswa LPDP yang sudah berstatus awardee tidak diperkenankan untuk bekerja, kecuali jika memiliki profesi sebagai asisten dosen atau mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang studi yang diambil.
  • Untuk mendaftarkan diri sebagai peserta beasiswa LPDP, anda harus memiliki IPK setidaknya 3,00 dari skala 4,00.
  • Selama masa studi, Beasiswa LPDP akan menanggung biaya pendidikan dan juga biaya hidup
  • Untuk batasan usia, pendaftar Beasiswa LPDP maksimal berusia 35 tahun untuk program S2, sementara jika anda ingin mengambil studi Doktoral maka usia maksimal untuk bisa mengambil beasiswa ini adalah berusia maksimal 40 tahun.

Peluang untuk mendapatkan beasiswa LPDP ini masih terbuka sampai dengan tahun depan, jadi anda masih memiliki waktu untuk mempersiapkan diri dari sisi administrasi dani juga persiapan akademik untuk bisa mendapatkan beasiswa LPDP ini. Untuk perkuliahannya sendiri, akan dimulai pada bulan Januari 2023 nanti bagi mereka yang sudah lolos pada tahap 2 di tahun 2022 ini.


Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com


Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *