Guru dan Pendidikan Karakter di Era Digital

oleh -3.282 views
guru dan pendidikan karakter di era digital
guru dan pendidikan karakter di era digital

Dalam hubungannya dengan pendidikan karakter, guru merupakan sosok teladan yang harus mampu membawa dirinya sebagai pola anutan peserta didik.

Guru dengan kemampuan menemukan ide-ide kreatif akan memberikan kemudahan dalam penanaman nilai-nilai tersebut.

Sekali lagi, guru merupakan pemeran utama dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik dan menjadi pihak terakhir yang akan memetik hasil dari perjuangan yang mulia ini.

Standar Pendidikan Nasional pasal 28 menjelaskan peran guru diantaranya sebagai fasilitator, motivator, pemacu, dan pemberi inspirasi bagi peserta didik.

Sebagai fasilitator tugas guru selain menyampaikan informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilannya juga harus menjadi fasilitator yang bertugas memberikan kemudahan kepada peserta didik agar mereka dapat belajar dalam suasana yang menyenangkan dan bermakna.

Sebagai motivator guru berperan sebagai pendorong dalam meningkatkan gairah belajar peserta didik agar mau dan mampu belajar dengan baik sehingga peserta didik menyadari untuk apa dia harus belajar yang pada akhirnya lebih mudah baginya untuk mencapai tujuan belajarnya.

Memberikan rasa aman, pujian dan penghargaan bahkan sns serta kesempatan mengaktualisasi diri menjadi bentuk-bentuk motivasi yang perlu dilakukan guru dalam upaya memotivasi peserta didik dalam menjalani proses pendidikannya.

Sebagai Pemacu guru wajib mengembangkan potensi yang di miliki oleh peserta didik dalam upaya mencapai cita-cita di amsa mendatang.

Guru memjadi salah satu faktor penting terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Itu berarti dalam mengembangkan potensinya secara optimal peserta didik memerlukan campur tangan seorang guru.

Mengingat pada hakikatnya manusia adalah makhluk yang lemah dan sangat memerlukan orang lain, maka wajar jika guru peserta didik membutuhkan peran seornag guru dalam perjalanannya mencapai tujuan hidupnya.

Sebagai pemberi inspirasi dalam belajar, sedapat mungkin seorang guru harus mampu berperan dan memberikan inspirasi bagi peserta didik serta membangkitkan ide, pemikiran dan gagasan, juga optimisme dan keharmonisan dalam belajar.

Menebarkan energi positif, penerimaan kepada peserta didik sebagai makhluk yang unik dan berbeda antar yang satu dengan yang lain, mencintai peserta didik tanpa membeda-bedakannya, menjadi tauladan baik dalam sikap, perkataan dan tindakan, selalu ramah dan murah senyum antara lain asalah hal-hal yang dapat menginspirasi peserta didik dalam proses belajarnya.

Uraian diatas memberikan gambaran bahwa betapapun canggihnya teknologi yang berkembang saat ini tidak akan pernah mampu menggantikan kedudukan guru sebagai fasilitator, motivator, pemacu, dan pemberi inspirasi bagi peserta didik.

Kaitannya dengan pendidikan karakter, guru memiliki tanggungjawab yang besar dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter baik peserta didik.

Bukanlah perkara mudah untuk ditangani dengan kondisi pendidikan di negeri ini, dimana kejujuran mulai hilang, kepercayaan mulai memudar, rasa nasionalime dan hormat kepada orang yang lebih tua termasuk kepada guru mulai berkurang tergerus perkembangan zaman, namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan.

Kondisi ini memerlukan sentuhan, pengabdian dan ketulusan seorang guru. Pada akhirnya guru menjadi ujung tombak tercapainya tujuan Pendidikan Nasional yaitu menciptakan manusia indonesia seutuhnya.

Cerdas intelektual, cerdas emosional, dan cerdas spritualnya berdasarkan nilai-nilai luhur dalam pancasila dalam arti manusia yang memiliki dan menghayati nilai yang terkandung dalam ke lima sila pada pancasila serta mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Rudce  Dwi Isten Wahyuni
Rudce Dwi Isten Wahyuni

Biodata penulis
Nama : Rudce Dwi Isten Wahyuni
Asal : Gorontalo
Profesi : Guru SMA N 1 Boliyohuto

Esai ini ditulis oleh Rudce Dwi Isten Wahyuni kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com