Fungsi Tersembunyi Dari 20 Benda Yang Kita Lihat Setiap Hari

oleh -1.505 views
fungsi tersembunyi dari 20 benda yang kita lihat setiap hari
fungsi tersembunyi dari 20 benda yang kita lihat setiap hari

11.Lubang kecil di gembok

Lubang kecil pada gembok
Lubang kecil pada gembok

Lubang ini ternyata berguna untuk saluran keluar masuk air jika gembok tersebut kemasukan air atau dipakai di lingkungan luar, jika ada air di dalam gembok bagian di dalamnya menjadi berkarat dan rusak, selain itu lubang kecil ini juga berfungsi untuk meminyaki bagian dalam gembok sebagai pelumas agar selalu lancar dipakai.

12. Lubang sensor pada handphone

Lubang sensor pada handphone
Lubang sensor pada handphone

Lubang kecil tersebut adalah sensor proximity, yang merupakan sensor jarak yang berfungsi sebagai indikator untuk mematikan layar apabila wajah pengguna berada di dekat ponsel atau smartphone, misalnya saat ponsel dipakai untuk menelpon maka Layar pun akan otomatis mati.

13. Karet pada tutup botol soda

Karet pada tutup botol soda
Karet pada tutup botol soda

Karet yang menempel pada bagian dalam tutup botol soda berfungsi untuk menjaga tingkat karbonasi soda, agar tetap terjaga sebelum dikonsumsi selain itu juga untuk memperkuat tutup botol supaya tidak mudah selip atau tumpah.

14. Bagian tutup kemasan minuman dingin

Tutupan pada kemasan minuman dingin
Tutupan pada kemasan minuman dingin

Selain berguna untuk tutup minuman agar tidak tumpah, ternyata tutup kemasan minuman dingin ini bisa diletakkan di bawah kemasan sebagai penyerap es yang mencair agar tidak meleleh kemana-mana.

15. Klip kertas

klip kertas
Klip kertas

Klip kertas punya banyak kegunaan selain untuk menjepit kertas, klip juga bisa berguna sebagai penyimpan kabel charger handphone ataupun laptop, agar tetap tersusun rapi dan tidak terbelit-belit.

16. Tambahan lubang tali di belakang sepatu

Tambahan lubang tali di belakang sepatu
Tambahan lubang tali di belakang sepatu

Tambahan ini punya beberapa fungsi selain memperindah tampilan, lubang tali juga digunakan untuk menambah ikatan sepatu pada kaki dan juga menjemur sepatu dengan menggantungnya di gantungan.

17. Lubang di batang permen lolipop

Lubang di batang permen lolipop
Lubang di batang permen lolipop

Lubang tersebut berfungsi agar permen tidak mudah lepas ketika masih dalam bentuk karamel lolipop yang masih panas, saat panas itulah lollipop bisa masuk ke dalam lubang sehingga bisa melekat erat pada batang saat sudah dingin.

18. Plat lubang kecil di bagian bawah stepler

Plat lubang kecil di bagian bawah stepler
Plat lubang kecil di bagian bawah stepler

Meski populer banyak yang tidak memperhatikan satu bagian tersembunyi di stepler, pelat logam kecil pada stepler tersebut bisa diputar 180° dan berfungsi untuk melebarkan atau memperpanjang hasil dari stepler.

19. Dua lubang pada sepatu

Dua lubang samping pada sepatu kat
Dua lubang samping pada sepatu kat

Tahukah anda? Fungsi dua buah lubang pada sepatu bukanlah sebagai sebuah hiasan, dua lubang ini justru berfungsi sebagai aliran udara agar kaki tidak pengap.

20. Lubang kecil pada earphone iPhone

Lubang kecil pada earphone IPhone
Lubang kecil pada earphone IPhone

Lubang tersebut difungsikan untuk meningkatkan kualitas suara agar tidak keluar dari ruang lingkup telinga anda

Sekarang sudah tahu kan untuk apa fungsinya?.
Nah itulah tadi fungsi tersembunyi dari 20 benda yang sering kita lihat sehari-hari.

Artikel ini ditulis oleh Ilham Rafian Syah, kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com