Web portal pendidikan – Selamat siang sobat belapendidikan, kali ini saya akan bahas seputar fenomena unik hari raya dan itu hanya ada di Indonesia. Ulasan selengkapnya dapat kalian simak dalam artikel kali ini.

Fenomena Unik Hari Raya Hanya Ada di Indonesia

Tradisi mudik dan menukarkan uang mungkin sudah kamu ketahui sebagai fenomena unik hari raya di Indonesia. Hal tersebut memang sudah wajar terjadi dan menjadi tradisi yang sangat dinantikan saat momen lebaran.

Namun, ternyata ada fenomena unik pada saat hari raya yang hanya terdapat di Indonesia. Fenomena apa sajakah itu? Simak ulasan dibawah ini.

Beberapa Macam Fenomena Unik Hari Raya Di Indonesia

  • Minta Maaf via Ponsel
Minta maaf via telepon genggam

Minta maaf via sms pada malam lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia pada beberapa tahun terakhir. Berbekal tulisan sms hasil copy paste dengan sedikit editan, banyak orang kemudian mengirimnya ke kerabat, tetangga, dan teman-temannya.

Hal yang menjadi fenomena unik hari raya ini adalah bahkan orang yang baru kenal atau sudah bertahun-tahun tidak ketemu bisa mengirim sms ala lebaran ini.

Berbekal tulisan sms hasil copy paste dengan sedikit editan, banyak orang kemudian mengirimnya ke kerabat, tetangga, dan teman-temannya.

Hal yang menjadi fenomena unik hari raya ini adalah bahkan orang yang baru kenal atau sudah bertahun-tahun tidak ketemu bisa mengirim sms ala lebaran ini.

  • Ramai-ramai Silaturahmi ke Tetangga dan Kerabat
Moment silaturahmi ke tetangga maupun ke kerabat dekat

Salah satu hal yang pasti dilakukan saat hari raya idul fitri adalah bersilaturahmi ke tetangga dan kerabat. Meminta maaf dengan berkeliling dan mengunjungi tetangga dan kerabat memang sudah menjadi tradisi saat Idul Fitri.

Uniknya silaturahmi ini biasa dilakukan bersama-sama baik dengan keluarga sendiri atau tetangga sehingga suasananya sangat meriah.

  • Rumah-Rumah Memiliki Menu yang Sama
Semua rumah memiliki menu masakan yang sama

Saat lebaran tiba hampir setiap rumah yang dikunjungi pasti mempunyai hidangan yang sama. Kamu akan dengan mudah menjumpai ketupat, opor ayam, dan rendang. Memang makanan-makanan tersebut sudah menjadi menu wajib saat lebaran.

Selain itu, variasi kue kering lebaran juga menjadi hidangan yang pasti ada di setiap rumah. Nastar, putri salju, astor, dan kastengel akan mudah kamu temui saat mengunjungi rumah tetangga atau kerabatmu. Bahkan mungkin rumahmu sendiri juga menghidangkan kue-kue itu.

  • Barang-Barang Baru

Fenomena unik hari raya yang pasti terjadi di Indonesia adalah banyak orang yang mempunyai barang-barang baru. Baju, celana, dan handphone adalah beberapa barang baru yang sering dipakai dan secara tidak langsung dipamerkan oleh pemiliknya saat lebaran tiba.

Memang seperti sudah menjadi tradisi, menjelang hari raya Idul Fitri masyarakat pasti melakukan belanja besar-besaran pada ketiga barang tersebut.

Apalagi jika yang memakainya adalah anak-anak, dijamin terjadi keseruan memperdebatkan punya siapa yang paling bagus.

  • Perabotan di Rumah Serba Baru

Selain celana, baju, dan handphone, perabotan yang dipakai untuk mengisi dan menghias rumah juga menjadi salah satu barang-barang baru yang wajib ada saat hari raya.

Memang untuk yang satu ini tidak semua orang melakukannya. Biasanya kalangan menengah ke atas yang melakukan fenomena unik hari raya tersebut.

Gorden, taplak meja, karpet, sampai tempat kue menjadi beberapa barang yang harus baru saat hari lebaran. Seolah pemilik rumah ingin mengatakan “silahkan masuk, rumah saya banyak barang baru loh”.

  • Tempat Wisata Ramai
Tempat wisata pada saat hari raya ramai dikunjungi pemudik

Tempat wisata ramai saat lebaran? Jangan heran, bagi mereka para perantau yang tidak mudik saat lebaran akan lebih menggunakan waktunya untuk mengunjungi tempat-tempat wisata.

Selain untuk mengusir rasa sedih tidak bisa mudik keramaian tempat wisata juga menjadi alternatif untuk melepas lelah bekerja selama bulan puasa.

  • Kapan Nikah?

Mungkin diantara kamu banyak yang berdoa semoga pertanyaan “Kapan nikah?” tidak muncul saat berkumpul dengan keluarga besar. Memang bagi orang yang masih single atau jomblo pertanyaan tersebut kadang bikin malu apalagi jika sudah mencapai umur matang untuk menikah.

Itu tadi beberapa fenomena unik hari raya yang hanya terjadi di Indonesia. Selain unik ternyata ada beberapa fenomena yang lucu. Mungkin ada diantara kamu yang pernah merasakan atau melakukannya?

Artikel ini dikirim oleh ChannelBunda.com, kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com