7 Fakta tentang Penyakit Jantung, Wajib Diwaspadai!

oleh -133 views
7 fakta tentang penyakit jantung
7 fakta tentang penyakit jantung yang wajib diwaspadai

Web portal pendidikan – Halo selamat malam sobat keluhkesah.com, kali ini saya ingin memberikan informasi berupa 7 fakta tentang penyakit jantung, ini wajib kamu waspadai. Berikut ulasannya saya sampaikan dibawah ini.

Fakta Tentang Penyakit Jantung, Wajib Diwaspadai

7 fakta tentang penyakit jantung
7 fakta tentang penyakit jantung yang wajib diwaspadai

The silent killer atau yang lebih dikenal dengan sebutan penyakit jantung ini sangat mematikan. Sayangnya banyak fakta menyebutkan bila hanya ada sedikit penderita yang menyadari bila dirinya mengalami serangan penyakit jantung. Padahal sampai sejauh ini penyakit ini sangat mengancam jiwa.

Berdasarkan data dari WHO di tahun 2012 yang lalu, sudah ada 17,5 juta jiwa telah meninggal dunia akibat dari penyakit jantung. Itu artinya penyakit ini termasuk 31% penyebab kematian dari total keseluruhan 56,5 juta kematian yang terjadi di dunia.

7 Fakta Tentang Penyakit Jantung 


Tingginya angka mortalitas dan morbiditas karena penyakit jantung, maka berikut akan kami sebutkan tentang 7 fakta tentang penyakit jantung yang wajib dipahami oleh semua orang. Berikut faktanya!

#1 Penyakit yang Bisa Menyerang Siapa Saja

waspada penyakit jantung bisa menyerang siapa saja
waspada penyakit jantung bisa menyerang siapa saja

Meski sebagian besar orang lebih mengenal bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang kelompok lansia di usia 65 tahun sampai dengan 74 tahun. Namun siapa sangka bila ternyata penyakit ini juga bisa menyerang mereka yang masih muda. Bahkan beberapa fakta menyebutkan bila penderita PJK umumnya dialami oleh kelompok usia yang lebih muda.

Yaitu dari rentang usia 35 tahun hingga 44 tahun. Disamping itu, umumnya seseorang yang memiliki masalah jantung bawaan lahir yang beresiko penyakit jantung biasanya dialami oleh orang yang usianya lebih muda dari rentang usia tersebut.

#2 PJK Penyakit Paling Umum

penyakit jantung koroner paling umum terjadi
penyakit jantung koroner paling umum terjadi

Meski variasi penyakit jantung ada banyak, namun ada salah satu jenis penyakit jantung yang paling sering dan umum ditemukan selama ini. Yaitu penyakit jantung koroner atau PJK. Bahkan berdasarkan data dari Riskesdas di tahun 2013 ditemukan bila prevalensi paling tinggi penyakit kardiovaskular di Indonesia adalah penyakit jantung koroner. 

Yaitu sebuah gangguan yang terjadi pada pembuluh darah yang menyempit pada jantung sehingga jaringan jantung tidak mendapat suplai gizi dan oksigen yang cukup. Akibatnya jantung tidak bisa memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh anggota tubuh.

#3 Gejala Penyakit Jantung Pria dan Wanita Berbeda


Ternyata gejala penyakit jantung pada pria dan wanita itu berbeda. Ini adalah fakta yang paling umum terjadi, dimana penderita pria biasanya akan mengalami nyeri dada ketika mendapatkan masalah pada organ jantungnya. Sedangkan wanita biasanya lebih sering mengalami nyeri dada, mual, sesak nafas, dan kelelahan ekstrim.

Baca juga : Bagaimana cara menghitung denyut nadi yang normal

#4 Gejala Umum Penyakit Jantung 


Umumnya gejala penyakit kardiovaskular itu bermacam-macam, tergantung jenisnya. Namun sebagian besar penderita biasanya mengalami gejala umum seperti detak jantung tidak teratur, nyeri dada, pusing, sesak nafas, lelah, badan lemas, mual, hilang kesadaran, dan juga keringat dingin.

Baca juga : 7 Jenis penyakit pada jantung dan gejalanya

#5 Jenis Pemeriksaan Penyakit Jantung

jenis pemeriksaan penyakit jantung
jenis pemeriksaan penyakit jantung

Selain harus menjalani pemeriksaan fisik dan wawancara medis, ada juga beberapa pemeriksaan pendukungnya yang dibutuhkan untuk melihat tingkat keparahan dari penyakit jantung. Biasanya ada beberapa pemeriksaan lebih dari satu untuk mendapat informasi yang akurat tentang penyakit ini. 

Itu karena masing-masing pasien biasanya mempunyai gejala yang tidak sama. Sehingga dibutuhkan pemeriksaan pendukungnya, seperti EKG, stress test, ekokardiografi, tilt table test, holter monitoring, CT scan jantung, kateterisasi jantung, dan MRI jantung.

#6 Fakta Serangan Jantung

fakta serangan jantung
fakta serangan jantung

Setiap penderita penyakit jantung bisa mengalami serangan jantung bila masalahnya tidak segera dideteksi dari awal. Serangan jantung yang seperti ini biasanya kerap disebut dengan infark miokard. Umumnya masalah ini terjadi karena aliran darah menuju jantung tiba-tiba tersumbat.

Biasanya kondisi ini terjadi karena ada gumpalan darah dan PJK. Sampai sejauh ini belum ada cara yang menunjukkan kapan serangan jantung akan terjadi. Namun meski begitu resikonya bisa diturunkan dengan melakukan pencegahan sejak dini.

#7 Penyakit Jantung Ternyata Bisa Dicegah sejak Dini

Pada dasarnya penyakit jantung itu bisa dicegah dengan cara menghindari resikonya sejak dini. Maka dari itu supaya terhindar dari masalah ini, sebaiknya jangan mengkonsumsi alkohol, rokok, batasi dan hindari makanan berlemak tinggi, gula, garam, dan makanan mengandung kolesterol tinggi. Disamping itu, sebaiknya jaga berat badan supaya tetap ideal, kontrol stres, dan jangan lupa rutin berolahraga.

Yang pasti Anda harus ingat bila penyakit jantung ini sangat mematikan dan sayangnya kerap menyerang siapa saja secara diam-diam. Maka dari itu bila Anda merasa ada yang tidak beres dengan kondisi jantung atau sebelumnya sudah menderita penyakit hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, dan punya kebiasaan merokok, ada baiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Karena supaya bisa berumur panjang, usahakan menjaga kesehatan jantung. Karena organ tubuh yang satu ini sangat penting sekali dan berperan penting untuk menjaga kelangsungan hidup setiap orang.

Ketika seseorang mengalami masalah pada organ ini, maka itu bisa berakibat fatal. Maka dari itu sebaiknya lakukan pencegahan sejak dini supaya bisa terhindar dari kematian yang mendadak karena penyakit jantung.

Itulah penjelasan dari artikel tentang 7 fakta tentang penyakit jantung yang wajib diwaspadai . Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Kata kunci : 7 fakta tentang penyakit jantung