Web portal pendidikan – Esai kali ini berjudul Fakta Integritas Sebagai Penjamin Kejujuran, yang dikirimkan oleh salah satu peserta dalam ajang lomba esai nasional bersama belapendidikan.com. Untuk lebih lengkapnya dapat kita lihat sebagai berikut.

Fakta Integritas Sebagai Penjamin Kejujuran

Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia. Menyadari hal tersebut, pemerintah sangat serius menangani bidang pendidikan, sebab dengan sistem pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas, berkarakter, berkompetitif dan mampu menyesuaikan diri untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Namun, pada kenyataannya yang terjadi dilapangan tidak seperti yang diharapkan oleh pemerintah. Kualitas pendidikan di Indonesia dapat dibilang sangatlah rendah. Hal tersebut terjadi karena masih banyak terjadi bullying disekolah bahkan sampai memakan korban jiwa, banyaknya kasus kebocoran soal USBN dan UN, dan sikap siswa yang tidak terima dengan didikan guru di sekolahnya hingga pada akhirnya melaporkan ke polisi.

Telah banyak kejanggalan di bidang pendidikan yang selama ini terjadi di Indonesia. Salah satu kasus yang saat ini menjadi viral adalah kasus kebocoran USBN di kalangan siswa. Dalang dibalik semua itu hingga sat ini masih belum tertangkap. Hal tersebut sangatlah merugikan bagi siswa yang tetap mempertahankan kejujuran.

Ujian Nasional yang (UN) yang dijaga ketat hingga melibatkan aparat kepolisian saja masih terjadi kebocoran soal dan kunci jawaban, apalagi USBN yang tanpa pengamanan sama sekali. Padahal di tahun 2018 ini, Ujian Sekolah Berstandart Nasional (USBN) sudah berbasis komputer. Hal tersebut disetarakan dengan UN yang bertandart komputer. Tujuannya adalah guna mencegah terjadinya kebocoran soal dan kunci jawaban.

Dikarenakan USBN pada tahun ini menjadi penentu kelulusan siswa. Jadi siswa berupaya untuk memaksimalkan nilai mereka agar mereka dapat lulus sehingga cara kotor pun mereka tempuh. Sangat disayangkan jika lulusan SMA baik didalam nilai dalam ijazah, SKHUN, dan SKHUS namun buruk dalam kualitas pribadi mereka.

Hampir setiap tahun kasus kebocoran soal dan kunci jawaban terjadi. Padahal dari pemerintah sendiri sudah berusaha memperbaiki dari sistem pendidikan dan pendistribusian soal di Indonesia. Seharusnya yang diharapkan soal itu benar-benar dapat dijamin kerahasiaannya. Untuk itulah di perlukan perjanjian antara siswa dan guru agar bersikap jujur di dalam ruang ujian. Salah satunya adalah dengan penandatangan pakta integritas.

Fakta integritas merupakan pernyataanatau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme. Dalam hal ini, siswa harus berjanji agar tetap memegang tinggi kejujuran selama ujian berlangsung.

Jika seorang siswa melanggar, maka akan menerima dampak yang akan merugikan siswa itu sendiri. Dengan demikian, siswa tidak akan berani lagi melakuakan hal-hal yang curang.

Selain itu pakta integrias harus diberikan berikan dan dipatuhi oleh semua pembuat dan penanggung jawab USBN dan UN. Kalau perlu jika mereka terbukti yang melakukan pembocoran soal, harus di berhentikan dari pekerjaan mereka.

Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi lagi di tahun sesudahnya. Pakta Integritas merupakan salah satu solusi yang saat ini harus dilakukan oleh seluruh lembaga pendidikan dan dinas pendidikan di Indonesia. Sehingga hal tersebut dapat meminimalisir kebocoran soal yang terjadi di setiap tahunnya. Yang diharapkan akhirnya adalah lembaga pendidikan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Esai dengan judul fakta integritas sebagai penjamin kejujuran ditulis oleh Royan Adi Ikhsan kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com