Web portal pendidikan – Hasil kiriman esai pada hari ini dengan judul ekspresivitas informasi dalam ruang lingkup publik, disampaikan dan dikirimkan langsung melalui email lombaesai@belapendidikan.com


Ekspresivitas Informasi Dalam Ruang Lingkup Publik

Bahasa (dari bahasa Sanskerta, bhasa ) adalah kemampuan yang dimiliki setiap manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerak. (dikutip dari Wikipedia).

Fungsi utama bahasa yakni sebagai alat pemersatu antar-individu dimana bahasa dapat dijadikan sebagai salah satu alat untuk berkomunikasi atau bersosialisasi antara salah seorang individu dengan individu lain.

Sebagai contoh, hal ini dapat dilihat di Indonesia terdiri dari beberapa pulau dimana setiap pulau memiliki beragam suku dan budaya, tidak menutup kemungkinan jika suatu daerah memiliki logat bahasa yang berbeda.

Akan tetapi, dengan keberagaman tersebut tidak menjadikan suatu permasalahan bagi bangsa Indonesia melainkan sebagai pemersatu antar ras maupun golongan dengan penghubung bahasa Indonesia.

Bahasa tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Bahasa dapat digunakan sebagai media pengantar informasi. Mengapa demikian? Kembali fungsi bahasa itu sendiri yakni sebagai alat pemersatu antar-individu.

Informasi pada era zaman revolusi 4.0 sangatlah mudah untuk diperoleh. Hal ini dapat ditunjukkan sebagai bukti real yakni setiap individu memiliki gadget sebagai alat komunikasi dan penyebar informasi.

Dengan mudahnya akses tersebut tidak menutup kemungkinan adanya informasi hoax (tidak sesuai kenyataan). Generasi milenial adalah sebutan untuk suatu generasi yang dalam kehidupannya dimudahkan untuk mengakses semua alat yang sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih.

Generasi milenial dituntut untuk dapat berkembang dan dapat menyesuaikan perkembangan zaman (up to date). Hal ini dapat dihubungkan dengan realita yang ada.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi belapendidikan.com