Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah, kali ini saya akan memberikan pemahaman edukasi tentang seberapa efektifkah pembelajaran bahasa arab selama daring. Adapun penjelasannya dapat kami sampaikan melalui uraian dibawah ini.

Efektifkah Pembelajaran Bahasa Arab Selama Daring

Efektifkah pembelajaran bahasa arab selama daring
Efektifkah pembelajaran bahasa arab selama daring

Pada masa sekarang kita sedang dan masih menghadapi wabah virus atau biasa disebut Corona (Covid-19), pandemi covid menyebabkan adanya aturan PSBB, hingga mengakibatkan tutupnya sekolah mulai dari jenjang terbawah hingga jenjang teratas.

Presiden telah berupaya untuk mencari solusi bagaimana semua berjalan normal disaat pandemi, dikarenakan banyaknya masalah yang negara alami mulai dari perekonomian,pendidikan,dll.

Dalam pendidikan tentunya sebagai pelajar dan pengajar merasakan dampak pandemi saat ini, oleh karena itu Kegiatan Belajar Mengajar di lakukan secara online. Menurut para pelajar dan mengajar bahwa pembelajaran online tidak efektif. Lalu bagaimanakah terkhususnya dengan pembelajaran Bahasa Arab?

Baca juga : Pembelajaran daring Bahasa Arab saat pandemi

Efektifkah Pembelajaran Bahasa Arab Saat ini ?

Pembelajaran Bahasa Arab selama online kurang efektif dari pembelajaran dikelas dikarenakan adanya kendala seperti internet, kurang maksimalnya pelajar memahami materi dan minimnya interaksi antara pelajar dan pengajar.

Para pelajar merasa kurang optimal dalam pembelajaran daring dan merasa bosan. Oleh sebab itu, meskipun pembelajaran daring tidak seefektif  luring (luar jaringan) pengajar harus menyususn strategi dan mengandalkan media yang ada, pelajar dan pengajar harus sama-sama bekerjasama mengatasi bagaimana supaya pembelajaran daring tidak membosankan.

Baca juga : Dinamika pembelajaran Bahasa Arab secara daring

Namun dari itu pembelajaran daring juga ada sisi plus nya seperti, tidak perlu repot-repot berangkat ke sekolah, waktu yang lebih fleksibel, lebih banyak dapat referensi dari media internet,dll.

Dengan keputusannya KEMENDIKBUD bahwa daerah yang ber zona merah tidak diperkenankan untuk mengikuti kegian pembelajaran tatap muka, sedangkan yang berada di daerah zona kuning dan hijau diperbolehkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

Maka dari itu untuk para pelajar diharapkan untuk bersabar menunggu sampai pembelajaran dapat dilakukan seperti sediakala.

Baca juga : Efektifkah belajar mandiri saat pandemi

Harapan untuk para pelajar supaya tetap semangat dalam belajar online terutama dalam pelajaran bahasa arab dikarenakan bahasa arab adalah bahasa al-quran dan sudah menjadi bahasa terbesar ke tiga di dunia. Dengan terjadinya wabah ini hendaknya kita tetap bersyukur dan dengan ini kita memiliki pengalaman pembelajaran online.

Artikel ditulis oleh : Khafiza Istarani
Prodi : Pendidikan Bahasa Arab
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani (STITMA)
Dosen Pengampu : Husna Nasihin, M. Pd. I
Judul artikel / opini : Efektifkah Pembelajaran Bahasa Arab Selama Daring

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com